Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Siapa komandan militer Iran yang tewas dalam serangan di Damaskus?

LONDON: Lahir pada 2 November 1960, di Isfahan, Iran tengah, Mohammad Reza Zahedi adalah teman dekat dan sezaman dengan Mayjen Qassem Soleimani, komandan Pasukan Quds berusia 62 tahun, yang dibunuh oleh a Serangan drone AS di Bagdad, Irak, pada 3 Januari 2020.

Soleimani telah mendaftar di Tentara Penjaga Revolusi Islam yang baru dibentuk, yang lebih dikenal sebagai IRGC, pada tahun 1979, pada usia 22 tahun. Zahedi bergabung dengan IRGC pada tahun berikutnya, ketika ia berusia 20 tahun, saat wabah terjadi. dari Perang Iran-Irak.

Kedua pria tersebut menjadi terkenal di jajaran operasi khusus Pasukan Quds selama delapan tahun konflik berikutnya.

Soleimani-lah yang menunjuk Zahedi sebagai komandan Korps Quds Force Lebanon pada tahun 1998, posisi yang dipegangnya hingga tahun 2002, dan diangkat kembali pada tahun 2008. Ia bertanggung jawab untuk mengorganisir dukungan bagi rezim Presiden Bashar Assad selama perang saudara di Suriah. , dan mengawasi pengiriman senjata Iran ke Hizbullah melalui Suriah.

Seperti Soleimani sebelumnya, pada Senin malam Zahedi menemui ajalnya dalam serangan rudal yang tiba-tiba dan menghancurkan, tanpa ada peringatan akan kematiannya. Dia berusia 63 tahun.

Menurut IRGC, tujuh personelnya, termasuk Zahedi dan tiga perwira senior lainnya, tewas bersama enam warga Suriah dalam serangan pada hari Senin, yang menargetkan gedung militer di sebelah kedutaan Iran di Damaskus.

Ketiga perwira tersebut bernama Saeed Izadi, kepala Divisi Pasukan Quds Palestina di Beirut, Abdolreza Shahlai, komandan operasi IRGC di Yaman, dan Abdolreza Mosjedzadeh, yang mengawasi milisi yang didukung Iran di Irak.

Israel menolak mengomentari serangan tersebut, bahkan untuk mengonfirmasi keterlibatannya. Kedutaan Besar Iran mengatakan pesawat F-35 menembakkan enam rudal ke gedung tersebut. Belakangan, The New York Times, mengutip pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya yang mengonfirmasi bahwa Israellah yang melakukan serangan tersebut, menggambarkan insiden tersebut sebagai “eskalasi besar dari perang yang telah lama berlangsung dan tidak diumumkan antara Israel dan Iran.”

Dalam foto-foto yang didistribusikan oleh kantor berita Reuters tak lama setelah serangan itu, kedutaan Iran – yang di pagarnya terlihat tergantung poster besar Soleimani – tampak relatif tidak rusak. Bangunan di sebelahnya telah menjadi tumpukan puing yang berasap.

Reaksi terhadap serangan itu sangat cepat. Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad, yang segera mengunjungi lokasi tersebut, mengatakan: “Kami mengutuk keras serangan teroris keji yang…menewaskan sejumlah orang tak berdosa.”

Misi Iran di PBB mengecam tindakan tersebut sebagai “pelanggaran mencolok terhadap Piagam PBB, hukum internasional, dan prinsip dasar yang tidak dapat diganggu gugat di gedung diplomatik dan konsuler,” dan mengatakan bahwa Teheran mempunyai hak “untuk mengambil tindakan tegas.”

Hossein Akbari, duta besar Iran untuk Suriah, tidak terluka dalam serangan itu. Dia mengatakan kepada TV pemerintah Iran bahwa sekitar tujuh orang, termasuk diplomat, telah terbunuh dan tanggapan Teheran akan “keras.”

Proksi Iran di Lebanon, Hizbullah, juga berjanji akan membalas, dengan mengatakan “kejahatan ini tidak akan terjadi tanpa musuh menerima hukuman dan balas dendam.”

Ada sejarah panjang kedutaan diserang oleh musuh, namun biasanya penyerangan tersebut melibatkan massa atau kelompok teroris. Pada tahun 1983, misalnya, 64 orang tewas dalam serangan bom bunuh diri di Kedutaan Besar AS di Beirut yang dilakukan oleh kelompok pro-Iran, dan pada tahun 1998, 223 orang tewas dalam serangan bom truk Al-Qaeda secara bersamaan di AS. kedutaan besar di Kenya dan Tanzania.

Namun, sangat tidak biasa jika suatu negara menyerang gedung atau personel diplomatik negara lain sehingga serangan tersebut, tidak mengherankan, dikutuk oleh negara-negara termasuk Arab Saudi, UEA, Yordania, Oman, Pakistan, Qatar, dan Rusia.

Amerika tidak langsung mengutuk serangan tersebut namun juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan Washington “prihatin terhadap segala sesuatu yang dapat meningkatkan eskalasi atau menyebabkan peningkatan konflik di kawasan.”

Mereka juga dengan cepat mengeluarkan pernyataan yang mengklaim bahwa “Amerika Serikat tidak terlibat dalam serangan tersebut dan kami tidak mengetahuinya sebelumnya,” dan juga menekankan bahwa AS “mengkomunikasikan hal ini langsung ke Iran.”

Namun rezim di Teheran tampaknya tidak yakin dengan hal ini. Pada hari Selasa, Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian mengatakan seorang diplomat Swiss yang mewakili kepentingan AS telah dipanggil oleh Teheran.

“Sebuah pesan penting dikirimkan kepada pemerintah Amerika, sebagai pendukung rezim Zionis,” kata Amir-Abdollahian dalam pesan yang diposting di platform media sosial X. “Amerika harus memberikan jawaban.”

Sehari setelah serangan itu, media berita Israel mengutip Hezi Simantov, seorang koresponden Israel yang mempunyai koneksi baik dan komentator urusan Arab, yang meramalkan bahwa Iran sekarang “meletakkan dasar untuk menyerang perwakilan diplomatik Israel di seluruh dunia, di dunia Arab, Eropa atau Amerika Serikat atau Amerika Selatan.”

Kematian Zahedi, tambahnya, “merupakan pukulan berat dan menyakitkan bagi rezim Iran, sebuah hal yang membuat Iran lebih cenderung membalas dendam terhadap Israel. Kami telah menyingkirkan beberapa pejabat senior mereka sejak 7 Oktober di wilayah Suriah. Ini adalah periode ketika Iran ingin menunjukkan bahwa mereka memimpin Poros Perlawanan.”

Pada hari Selasa, TV pemerintah Iran melaporkan bahwa Dewan Keamanan Nasional Tertinggi negara tersebut, yang diketuai oleh presiden, Ebrahim Raisi, telah memutuskan tanggapan yang “wajib” terhadap serangan Israel. Tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan.

Zahedi adalah pemimpin senior IRGC ketiga yang terbunuh sejak pecahnya perang di Gaza. Kematiannya merupakan kerugian paling signifikan yang diderita Pasukan Quds sejak pembunuhan Soleimani empat tahun lalu dan, sebelum itu, kematian Hossein Hamedani pada Oktober 2015.

Pada saat kematiannya, dalam serangan Daesh di Aleppo, Hamedani adalah perwira Iran paling senior yang terbunuh di luar negeri sejak Revolusi Islam pada tahun 1979.

Pada bulan Desember, Sayyed Razi Mousavi, kepala logistik IRGC di Suriah, yang bertanggung jawab untuk mengoordinasikan aliansi militer antara Suriah dan Iran, tewas dalam serangan rudal Israel di pinggiran Damaskus.

Pada bulan Januari, Hujatollah Amidvar, seorang agen intelijen untuk IRGC di Suriah, terbunuh oleh serangan udara di sebuah kompleks di sebelah barat Damaskus.

Menurut Kantor Berita Iran Mehr, Zahedi memegang serangkaian peran penting dalam IRGC. Selama Perang Iran-Irak, dari tahun 1983 hingga 1988 ia memimpin Brigade Qamar Bani Hashim ke-44, sebelum memimpin Divisi Imam Hussein ke-14 antara tahun 1988 dan 1991.

Pada tahun 2005, ia menjadi kepala pasukan darat IRGC, jabatan yang dipegangnya hingga tahun 2008, dan dari tahun 2007 hingga 2015 ia menjadi komandan Pasukan Quds cabang Suriah dan Lebanon, yang beroperasi di Lebanon dengan nama samaran termasuk Hassan Mahdavi dan Reza Mahdavi. .

Zahedi menjadi target sanksi AS pada tahun 2010, ketika Departemen Keuangan memasukkannya ke dalam daftar empat anggota senior IRGC dan Pasukan Quds yang terkena sanksi “karena peran mereka dalam dukungan IRGC-QF terhadap terorisme.”

Dijelaskan dalam pernyataan Departemen Keuangan pada tanggal 3 Agustus 2010, sebagai “komandan IRGC-QF di Lebanon,” Zahedi dituduh memainkan “peran penting dalam dukungan Iran kepada Hizbullah.” Dia “juga bertindak sebagai penghubung Hizbullah dan badan intelijen Suriah dan dilaporkan dituduh menjamin pengiriman senjata ke Hizbullah.”

Pasukan Quds telah aktif di Suriah sejak tahun 2011, ketika para perwira dikerahkan sebagai penasihat untuk mendukung rezim Assad, sekutu Iran, setelah terjadinya protes dan pemberontakan Arab Spring di wilayah tersebut.

Namun, seperti yang kemudian dilaporkan oleh Dewan Hubungan Luar Negeri, “ketika ketidakpuasan berubah menjadi perang saudara, Pasukan Quds tidak hanya bertugas sebagai penasihat militer tetapi juga di garis depan, berperang bersama pasukan rezim Suriah, militan Hizbullah Lebanon, dan pengungsi Afghanistan yang bertugas di Suriah. di milisi proksi IRGC.”

Masih belum dapat dipastikan apakah Iran atau Pasukan Quds terlibat dalam serangan 7 Oktober terhadap Israel yang dipimpin oleh Hamas tahun lalu. Para pejabat IRGC “mungkin secara langsung mengizinkan serangan Hamas dan membantu merencanakannya, meskipun Hamas dan IRGC bersikeras bahwa kelompok Palestina bertindak secara independen,” kata Dewan Hubungan Luar Negeri.

Ia menambahkan bahwa setidaknya, Teheran “kemungkinan besar menyadari serangan yang akan terjadi yang difasilitasi oleh Iran melalui dukungannya selama puluhan tahun kepada para pejuang Palestina.”

Apa pun yang terjadi, tambahnya, “dalam konflik Israel-Hamas yang terjadi kemudian, IRGC telah menyediakan senjata dan bantuan lainnya untuk membantu mitra-mitranya di Irak, Lebanon, Suriah dan Yaman untuk menyerang sasaran-sasaran Israel sebagai bentuk solidaritas dengan Hamas.” [ARN]

Petugas darurat dan keamanan memeriksa puing-puing di lokasi serangan yang menghantam sebuah gedung di sebelah kedutaan Iran di ibu kota Suriah, Damaskus. (AFP)

Warga Iran menghadiri protes anti-Israel di alun-alun Palestina di Teheran. (AFP)
Seorang komandan pasukan Rusia mengunjungi gubernur Damaskus pada hari Senin. Dua gambar ekspresif. (X)

Pejuang Hizbullah membawa peti mati komandan Ahmed Shehimi, yang terbunuh dalam serangan Israel di Suriah pada awal 29 Maret, selama prosesi pemakamannya di Beirut selatan. (AFP)
Personel darurat dan keamanan membersihkan mobil-mobil yang rusak dan puing-puing di lokasi serangan yang menghantam sebuah gedung yang merupakan bagian dari kedutaan Iran di ibu kota Suriah, Damaskus. (AFP)

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved