Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak Menjalani Sisa Masa Hukumannya Sebagai Tahanan Rumah

 KUALA LUMPUR: Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak yang dipenjara berusaha menjalani sisa masa hukumannya sebagai tahanan rumah, dua bulan setelah hukumannya dalam kasus korupsi dikurangi setengahnya.

Permohonan mengejutkannya yang diajukan pada hari Rabu mengatakan bahwa dia memiliki “informasi yang jelas” bahwa raja saat itu Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah mengeluarkan perintah pada rapat dewan pengampunan pada 29 Januari, yang memotong setengah hukuman penjara 12 tahun dan mengurangi denda secara tajam, sehingga memungkinkan dia untuk menyelesaikan hukumannya sebagai tahanan rumah.

Najib meminta pengadilan agar pemerintah memverifikasi dan melaksanakan perintah tersebut. Permohonannya sedianya akan disidangkan pada hari Kamis namun ditunda hingga 17 April.

Sultan Abdullah berasal dari kampung halaman Najib di Pahang. Dia mengakhiri pemerintahan lima tahunnya pada 30 Januari di bawah sistem monarki bergilir yang unik di Malaysia. Raja baru mulai menjabat pada 31 Januari.

Najib, 70, baru menjalani hukuman kurang dari dua tahun, yang seharusnya berakhir pada 23 Agustus 2028, setelah hukumannya diringankan. Dia didakwa dan dinyatakan bersalah dalam kasus korupsi terkait dengan penjarahan dana negara 1MDB senilai miliaran dolar.

Dalam permohonannya, ia menuduh dewan pengampunan, menteri dalam negeri, dan jaksa agung di antara tujuh entitas menyembunyikan perintah sultan “dengan itikad buruk.”

Menteri Dalam Negeri Saifuddin Nasution Ismail mengatakan kepada wartawan pada Kamis malam bahwa dia “tidak mengetahui” mengenai perintah tersebut, dan menambahkan bahwa dia bukan anggota dewan pengampunan.

Orang lain yang disebutkan dalam aplikasi tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar.

Najib menyiapkan dana pengembangan 1MDB tak lama setelah ia mulai menjabat pada tahun 2009. Para penyelidik menduga setidaknya $4,5 miliar telah dicuri dari dana tersebut dan dicuci oleh rekan-rekan Najib melalui beberapa rekening bank di AS dan negara-negara lain serta membiayai film-film Hollywood dan pembelian-pembelian mewah yang termasuk hotel, kapal pesiar mewah, seni dan perhiasan. Lebih dari $700 juta masuk ke rekening bank Najib.

Kemarahan nasional atas skandal tersebut menyebabkan kekalahan mengejutkan pada pemilu 2018 dari partai yang telah memerintah Malaysia sejak kemerdekaan. Najib dijatuhi hukuman pada tahun 2020 dan dua tahun kemudian, ia kalah dalam banding terakhirnya di pengadilan, dan menjadi mantan perdana menteri pertama negara itu yang dipenjara.

Terlepas dari keyakinannya, Najib masih memiliki pengaruh di partainya, Organisasi Nasional Melayu Bersatu, yang merupakan bagian dari pemerintahan persatuan Perdana Menteri Anwar Ibrahim yang mengambil alih kekuasaan setelah pemilu tahun 2022.

Najib bersikukuh tidak bersalah dan menuduh pemodal Malaysia Low Taek Jho menipunya. Low, yang dianggap sebagai dalang skandal tersebut, masih buron.

Sidang terpisah terhadap mantan perdana menteri terkait skandal 1MDB sedang berlangsung. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved