Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Apa sebenarnya yang terjadi di Rumah Sakit Al-Shifa Kota Gaza selama pengepungan militer Israel? Sebelumnya

LONDON: Pasukan Israel menarik diri dari kompleks rumah sakit terbesar di Gaza minggu ini setelah operasi militer intensif selama 14 hari, yang konon melawan Hamas, meninggalkan reruntuhan bangunan dan mayat-mayat di kompleks yang luas itu. Namun, laporan mengenai apa yang terjadi berbeda-beda.

Tentara Israel melakukan apa yang disebutnya “aktivitas operasional yang tepat” selama dua minggu di Rumah Sakit Al-Shifa di Kota Gaza, sebelum menyatakan pasukannya telah ditarik pada hari Senin. Namun, mereka yang selamat dari pengepungan tersebut membantah klaim bahwa operasi tersebut “tepat”.

“Pada pukul 02.30, setelah tengah malam, mereka menyerbu ruang tunggu, membunuh orang dan melakukan pengeboman tanpa pandang bulu,” kata seorang pasien, yang terjebak di Rumah Sakit Al-Shifa ketika militer Israel melakukan serangan pada tanggal 18 Maret, kepada wartawan lokal.

“Tentara menggunakan metode pembunuhan yang paling mengerikan. Dan tentu saja mereka mempermalukan dan menghina kami. Mereka melemparkan bom ke sini. Mereka sengaja menembaki tembok.”

Pertempuran sengit selama dua minggu di dalam dan sekitar Al-Shifa yang dipimpin oleh Shayetet 13, pasukan Israel yang setara dengan US Navy SEAL, dimulai dengan serangan mendadak di kompleks tersebut pada tanggal 18 Maret. Militer Israel mengatakan tidak ada pasien atau warga sipil yang terluka akibat serangan tersebut. operasi.

Alasan dilakukannya operasi tersebut, klaim Israel, adalah bahwa anggota Hamas dan kelompok militan Palestina lainnya dibarikade di dalam kompleks tersebut. Sekitar sebulan yang lalu, para pejabat militer Israel mengatakan mereka telah menyadap komunikasi dan mendapatkan informasi intelijen lainnya yang menunjukkan bahwa militan berkumpul kembali di kompleks rumah sakit.

Hamas berulang kali membantah menggunakan fasilitas medis untuk tujuan militer.

Namun, pada bulan November, ketika militer Israel pertama kali menyerang Al-Shifa, para pejabat mengklaim mereka telah menemukan sebuah terowongan di bawah rumah sakit yang mengarah ke tempat penyimpanan senjata di dalam gedung medis.

Pada tanggal 31 Maret, seorang perwira senior Israel mengatakan kepada wartawan asing yang dibawa ke Al-Shifa bahwa setelah pasukan meninggalkan rumah sakit pada bulan November, pejuang Hamas kembali untuk mencari perlindungan di antara warga sipil.

Mengonfirmasi penarikan mereka pada hari Senin, Pasukan Pertahanan Israel mengatakan pasukannya telah “menghilangkan” “pangkalan teroris” di Al-Shifa, membunuh sedikitnya 200 Hamas dan militan lainnya, dan telah menyita senjata dan intelijen.

Mereka juga mengatakan telah menangkap 900 orang yang dicurigai sebagai militan.

Bertentangan dengan penjelasan Israel mengenai kejadian tersebut, Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan setidaknya 400 warga Palestina tewas dalam operasi tersebut, dan jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat karena petugas medis Al-Shifa dan relawan lokal terus mengambil jenazah dari dalam dan sekitar fasilitas tersebut.

Seorang koresponden AFP melaporkan melihat “satu jenazah yang sudah membusuk dan terdapat bekas ban, meskipun tidak diketahui kapan jenazah tersebut terguling,” sementara beberapa dokter dan warga sipil mengatakan kepada kantor berita tersebut bahwa mereka telah menemukan setidaknya 20 jenazah yang “tampaknya terguling.” dengan kendaraan militer.”

Sebuah laporan yang dirilis pada tanggal 1 April oleh Euro-Med Monitor, sebuah LSM independen yang berkantor pusat di Jenewa, mengatakan bahwa meskipun jumlah pasti korban masih belum diketahui, “laporan awal menunjukkan bahwa lebih dari 1.500 warga Palestina telah terbunuh, terluka, atau dilaporkan hilang” di dan sekitar Al-Shifa sebagai akibat dari serangan Israel selama 14 hari.

LSM tersebut mengkonfirmasi dari penyelidikan awal dan kesaksiannya bahwa “ratusan mayat, termasuk beberapa yang terbakar dan lainnya dengan kepala dan anggota badan terpenggal, telah ditemukan di dalam Kompleks Medis Al-Shifa dan di sekitar rumah sakit.”

DALAM ANGKA

  • 200 pejuang Hamas dan militan lainnya tewas dalam serangan itu, menurut pejabat Israel.
  • 900 Orang yang dicurigai sebagai militan ditangkap dalam penggerebekan tersebut, menurut pejabat Israel.
  • 400 warga Palestina tewas dalam operasi tersebut, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Laporan lain oleh Euro-Med menyatakan bahwa 13 anak telah ditembak mati di Al-Shifa dan sekitarnya.

Laporan tersebut, yang diterbitkan pada tanggal 27 Maret, mengatakan bahwa penggerebekan tersebut merupakan “kejahatan perang” dan “pelanggaran mencolok terhadap hukum internasional,” dan menambahkan bahwa tim lapangannya telah “menerima kesaksian serupa tentang pembunuhan dan eksekusi anak-anak Palestina berusia antara 20 tahun.” empat dan 16.”

Sementara itu, 21 pasien rumah sakit dilaporkan tewas dalam penggerebekan tersebut, sementara 107 lainnya, termasuk empat anak-anak dan 28 orang dalam kondisi kritis, masih terjebak di dalam kompleks hingga pasukan Israel mundur, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

Salah satu dokter Al-Shifa, Amira Al-Safady, mengatakan kepada radio BBC Gaza Lifeline bahwa 16 pasien dari unit perawatan intensif meninggal karena tidak ada lagi peralatan untuk merawat mereka.

Dokter spesialis bedah, Amer Jedbeh, mengatakan kepada BBC bahwa tidak ada listrik atau air selama pengepungan, sehingga mustahil untuk mengoperasi mereka yang terluka setelah sebuah peluru menghantam gedung departemennya. Dia mengatakan dua pasien yang menggunakan alat bantu hidup telah meninggal setelah pasokan listrik terputus menjelang penggerebekan.

Euro-Med mengatakan bahwa setidaknya 22 pasien Al-Shifa, yang kekurangan makanan, perawatan medis dan air, meninggal di ranjang rumah sakit selama pengepungan.

Militer Israel juga “melakukan kejahatan yang mengerikan terhadap keluarga lokal,” kata Euro-Med. Tentara diduga memaksa lebih dari 25.000 warga Palestina untuk mengungsi dari rumah mereka di dekat Al-Shifa sebelum menghancurkan dan membakar setidaknya 1.200 unit rumah.

Wartawan dari Washington Post, yang diundang oleh IDF ke Al-Shifa pada hari Minggu, mengatakan bahwa kompleks tersebut berbau “seperti kematian” dan “tubuh” dan “busuk.”

Meskipun mereka diberitahu bahwa beberapa anggota Hamas “mungkin masih bergerak di sekitar rumah sakit,” mereka “hanya melihat tentara Israel.”

Tidak hanya itu, mereka juga “tidak melihat satupun warga Palestina” selama kunjungan mereka, meskipun ada 140 anggota staf dan pasien yang menurut IDF “berlindung” di gedung terdekat.

Wartawan The Post mencatat bahwa gedung-gedung Al-Shifa “tidak dipenuhi bom besar, namun menjadi sasaran serangan angkatan udara Israel, tembakan artileri, dan senjata ringan.” Mereka menggambarkan operasi IDF sebagai “perang kota habis-habisan.”

Al-Shifa, salah satu dari 36 rumah sakit di Gaza, tidak dapat digunakan lagi tanpa batas waktu, kata Marwan Abu Saada, direktur kompleks dan salah satu dokternya, dalam konferensi pers yang diadakan pada hari Selasa di luar fasilitas medis.

Dia mengatakan bangunan Kompleks Medis Al-Shifa “telah hancur total” dan tidak dapat lagi menampung pasien, melakukan operasi, atau melakukan tes laboratorium. “Bahkan kantor manajemen telah dihancurkan.”

“Bangunan-bangunan ini sekarang di ambang kehancuran,” katanya. “Tidak hanya fasadnya yang hancur, namun kerusakan di dalam bangunan jauh lebih parah. Bom ditanam di dalam departemen bedah khusus. Dua lantai bawah sudah hancur.”

Rumah sakit lapangan baru sangat dibutuhkan, katanya, di tengah meningkatnya kebutuhan medis di Kota Gaza dan wilayah utara.

Rekaman dan foto terbaru yang muncul sejak penggerebekan tersebut menunjukkan kehancuran berskala besar seperti yang digambarkan Abu Saada.

Bangunan-bangunan utama telah hancur menjadi sekam hangus dan batang-batang logam yang keriput, dan halaman yang tahun lalu menjadi tempat tenda-tenda darurat yang menampung sekitar 50.000 pengungsi Palestina kini dipenuhi puing-puing.

Kekerasan tersebut bahkan tidak terkecuali di klinik terdekat milik Medecins Sans Frontieres, yang mengatakan dalam siaran pers pada hari Selasa bahwa pertempuran sengit telah “merusak kantor, klinik, semua mobil, dan generator.”

MSF terpaksa mengevakuasi kompleks medis tersebut pada bulan November di tengah kampanye serangan udara di sekitar Al-Shifa.

Sebelum konflik, Al-Shifa terdiri dari tiga rumah sakit khusus, untuk bedah, penyakit dalam, serta kebidanan dan ginekologi.

Dibangun di atas lahan seluas 42.000 meter persegi, kompleks medis ini memiliki kapasitas klinis sebanyak 800 tempat tidur dan memenuhi kebutuhan rawat inap di Jalur Gaza secara keseluruhan.

Meskipun pernah mengalami pengepungan sebelumnya pada bulan November, Al-Shifa terus beroperasi sebagian, dengan tim medis kecilnya merawat lebih dari 200 pasien pada bulan Maret, menurut MSF.

Kota Gaza dan Jalur Gaza bagian utara kini tidak memiliki satu pun rumah sakit umum yang beroperasi sebesar Al-Shifa, kata direktur kompleks tersebut, Abu Saada, sambil menuduh Israel secara sistematis memusnahkan sistem layanan kesehatan di Gaza.

Sejak IDF melancarkan serangannya ke Jalur Gaza sebagai pembalasan atas serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober, 26 dari 36 rumah sakit di wilayah kantong tersebut tidak berfungsi, sementara 12 rumah sakit hanya berfungsi sebagian pada bulan Maret. [ARN]

Seorang wanita Palestina bereaksi saat dia duduk di tengah reruntuhan rumah sakit Al-Shifa di Gaza setelah militer Israel mundur dari kompleks perumahan rumah sakit tersebut pada 1 April 2024. (AFP)

Dalam foto yang diambil pada 22 November 2023 ini, pasukan Israel mengepung pintu masuk terowongan yang diduga digali oleh militan Hamas di dalam kompleks rumah sakit Al-Shifa di Kota Gaza. (AFP)

Dalam pandangan udara ini, makam dangkal orang-orang yang tewas dalam pemboman Israel berjajar di dalam pemakaman darurat di sekitar Kompleks Medis Al-Shifa (kiri) di Kota Gaza pada 10 Januari 2024. (AFP)

Warga Palestina memeriksa kerusakan di rumah sakit Al-Shifa di Gaza setelah militer Israel mundur dari kompleks perumahan rumah sakit tersebut pada 1 April 2024, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Hamas. (AFP)

Reaksi wanita Palestina saat mereka memeriksa kerusakan di area sekitar rumah sakit Al-Shifa di Gaza pada 1 April 2024. (AFP)
Seorang pria mendorong sepedanya sambil berjalan di tengah puing-puing bangunan di daerah yang hancur di sekitar rumah sakit Al-Shifa di Gaza pada 3 April 2024. (AFP)
Seorang warga Palestina memeriksa kerusakan di rumah sakit Al-Shifa di Gaza setelah militer Israel mundur dari kompleks perumahan rumah sakit tersebut pada 1 April 2024, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Hamas. (Foto oleh AFP)
Pengungsi Palestina yang melarikan diri dari daerah sekitar rumah sakit al-Shifa Kota Gaza tiba melalui jalan raya pesisir di kamp pengungsi Nuseirat di Jalur Gaza tengah pada 18 Maret 2024. (AFP)

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved