Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Presiden Termuda Senegal Diomaye Faye Mengumumkan Pemerintahannya

DAKAR: Presiden Senegal Bassirou Diomaye Faye mengumumkan pemerintahan yang “memisahkan diri” pada hari Jumat, menunjuk sejumlah wajah baru untuk menduduki jabatan penting menyusul kemenangan telaknya dalam pemilu bulan lalu.

Pria berusia 44 tahun, yang belum pernah memegang jabatan terpilih, meraih kemenangan pada putaran pertama dengan janji reformasi radikal, dan menjadi presiden termuda di negara tersebut.

Faye tampaknya akan berbagi tanggung jawab dengan perdana menteri yang ditunjuknya dan mantan mentornya Ousmane Sonko, yang membantu mendorong pendatang baru dalam politik tersebut naik ke tampuk kekuasaan.

Sonko pada hari Jumat meluncurkan kabinet yang terdiri dari 25 menteri, dan memujinya sebagai terobosan dari masa lalu.

“Pemerintahan yang dibentuk di sini pada tanggal 5 April adalah pemerintahan yang memisahkan diri… yang mewujudkan proyek tersebut, sebuah transformasi sistemik yang dipilih oleh rakyat Senegal,” kata Sonko.

Sonko, 49, mempelopori gerakan anti kemapanan di Senegal tetapi mendukung Faye dalam pemilihan presiden setelah dia dilarang mencalonkan diri karena tuduhan pencemaran nama baik.

Birame Souleye Diop ditunjuk sebagai menteri energi, sebuah posisi strategis di negara yang akan mulai memproduksi minyak dan gas pada tahun 2024.

Ousmane Diagne, mantan jaksa penuntut umum di Pengadilan Tinggi Dakar, menjadi menteri kehakiman.

Pemerintah mencakup empat perempuan, yang diberi tugas di bidang luar negeri, perikanan, keluarga, pemuda, dan kebudayaan.

Senegal menghadapi sejumlah tantangan besar, termasuk tingkat pengangguran resmi sebesar 20 persen.

Sonko mengatakan pada hari Jumat bahwa prioritas pemerintah akan mencakup lapangan kerja bagi kaum muda, menurunkan biaya hidup dan melindungi hak asasi manusia. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved