Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Presiden Peru diinterogasi oleh jaksa selama berjam-jam di tengah perluasan penyelidikan 'Rolexgate'

LIMA, Peru: Presiden Peru Dina Boluarte diinterogasi oleh jaksa selama lima jam pada hari Jumat ketika pihak berwenang menyelidiki apakah dia secara ilegal menerima uang tunai ratusan ribu dolar, jam tangan mewah, dan perhiasan.

Jaksa telah menyelidiki pemimpin yang sangat tidak populer itu atas tuduhan pengayaan ilegal dan kegagalan untuk menyatakan aset. Setelah dia memberikan kesaksian, Boluarte keluar dari kantor dengan mobil berjendela gelap, dikelilingi oleh polisi dan petugas keamanan.

Dalam pidato yang disiarkan televisi setelah pertemuan tersebut, Boluarte menanggapi tuduhan tersebut dengan mengatakan “semua yang mereka katakan adalah salah.” Dia memamerkan salah satu jam tangan Rolex-nya dan sejumlah gelang serta kalung emas lainnya yang memicu kontroversi, mengangkatnya ke kamera dan mencela para kritikus.

“Sehubungan dengan jam tangan tersebut, saya harus mengakui bahwa merupakan suatu kesalahan jika saya meminjamkannya (jam tangan tersebut),” katanya. “Karena jam tangan ini bukan milik saya, saya tidak berkewajiban untuk menyatakannya.”

Meskipun dia mengatakan beberapa perhiasan itu miliknya, dia menerima jam tangan tersebut sebagai pinjaman dari Wilfredo Oscorima, gubernur wilayah pedesaan selatan Ayacucho.

Pernyataan Boluarte pada hari Jumat tampaknya secara langsung bertentangan dengan komentar-komentar sebelumnya yang ia sampaikan yang mengatakan bahwa jam tangan Rolex adalah “hasil kerja saya,” yang telah dikerjakan sejak ia berusia 18 tahun.

Skandal yang terungkap ini merupakan gejolak terbaru yang telah menghancurkan sistem politik Peru dalam beberapa tahun terakhir.

Penyelidikan dimulai pada pertengahan Maret setelah program berita digital La Encerrona menyoroti Boluarte yang mengenakan jam tangan Rolex senilai hingga $14.000 di Peru. Acara TV lain kemudian melaporkan bahwa pemimpin tersebut terlihat mengenakan setidaknya dua Rolex lainnya serta gelang Cartier emas dan berlian yang diperkirakan berharga lebih dari $54.000.

Kontroversi tersebut dengan cepat dijuluki “Rolexgate” di media sosial.

Undang-undang Peru mengharuskan pejabat untuk melaporkan perhiasan yang harganya melebihi $2.791, dan masih belum jelas dari mana jam tangan tersebut dan transfer bank senilai ratusan ribu dolar itu berasal.

Kontroversi ini hanya akan menambah hambatan bagi Boluarte, yang tidak populer di kalangan 86 persen masyarakat Peru, menurut survei Institute of Peruvian Studies pada bulan Maret.

“Dia tidak memiliki pemerintahan yang baik, dia ditolak oleh mayoritas, permasalahannya dengan masyarakat sangat serius,” kata Alonso Cárdenas, profesor ilmu politik di Universitas Antonio Ruiz de Montoya di Peru.

Sebelumnya pada hari Jumat, bentrokan terjadi ketika pengunjuk rasa berkumpul di dekat gedung, menunggu Boluarte pergi.

Sementara sejumlah pengunjuk rasa datang untuk membela presiden sambil membawa tanda bertuliskan “Dina menolak,” yang lain beberapa blok jauhnya dari istana presiden mencerca pemimpin yang diperangi tersebut, sambil membawa sapu dan berteriak “keluarkan mereka semua!” Mereka dihadang oleh polisi antihuru-hara yang mengusir mereka dengan gas air mata.

Pekan lalu, petugas polisi bersenjata mendobrak pintu depan rumah Boluarte dengan pendobrak dan memasuki properti untuk mencari jam tangan tersebut. Mereka tidak menemukannya, dan pindah ke istana presiden, di mana mereka juga tidak berada.

Jaksa penuntut Juan Villena mengatakan kantornya memperluas cakupan penyelidikan, mengingat para penyelidik yakin Boluarte memiliki lebih banyak aset yang tidak diumumkan daripada yang mereka duga sebelumnya.

Kantor memperkirakan bahwa perhiasannya, termasuk gelang dan jam tangan Cartier, mungkin bernilai $500.000, dan mengatakan dia menerima lebih dari $400.000 dalam bentuk “simpanan yang tidak diketahui asalnya” ke rekening banknya.

Boluarte, seorang pengacara berusia 61 tahun, adalah seorang pejabat distrik sederhana sebelum menjabat di pemerintahan Presiden Pedro Castillo saat itu sebagai wakil presiden dan menteri inklusi sosial dengan total gaji bulanan sebesar $8.136 pada Juli 2021. Ia menjadi presiden pada Desember 2022 — setelah Parlemen memecat Castillo — dengan gaji $4.200 per bulan. Tak lama setelah itu, dia mulai memakai jam tangan itu di depan umum.

Bangsa Andean tidak asing dengan gejolak politik. Peru telah memiliki enam presiden dalam enam tahun, menyusul gelombang kontroversi politik. Itu tidak berarti Boluarte akan segera didepak dari kursi kepresidenan. Para analis mengatakan kepada The Associated Press bahwa dia kemungkinan tidak akan menghadapi konsekuensi nyata apa pun – setidaknya dalam jangka pendek. Presiden yang menjabat di Peru tidak dapat dituduh melakukan kejahatan saat masih menjabat, dan Kongres akan enggan untuk melanjutkan proses pemakzulan.

Aliansi Boluarte dengan koalisi para pemimpin kongres berarti ia kemungkinan akan tetap menjabat hingga tahun 2026, kata Will Freeman, peneliti Amerika Latin di Dewan Hubungan Luar Negeri. Freeman mengatakan Boluarte adalah “boneka” yang memungkinkan para anggota parlemen untuk meloloskan reformasi yang secara perlahan “membongkar demokrasi” sehingga mereka dapat tetap berkuasa.

Kongres Peru pada hari Kamis menolak dua permintaan sejumlah anggota parlemen untuk memecat Boluarte dari jabatannya. Boluarte menyebut mosi tersebut “tidak masuk akal” pada hari Jumat dan berterima kasih kepada kongres karena telah menolaknya. [ARN]

Presiden Peru Dina Boluarte menunjukkan sebuah perhiasan saat konferensi pers di istana pemerintah di Lima usai memberikan pernyataan di sidang kantor kejaksaan pada 5 April 2024. (REUTERS)
Polisi antihuru-hara menghadapi pendukung Presiden Dina Boluarte yang melakukan protes di depan gedung Kantor Kejaksaan Peru di Lima pada 5 April 2024, saat dia memberikan kesaksian di tengah skandal atas koleksi Rolex dan perhiasannya yang mewah. (AFP) 

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved