Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Hakim Inggris dan pakar intelijen menyerukan penghentian penjualan senjata Israel

 LONDON: Tiga mantan hakim Mahkamah Agung telah bergabung dengan lebih dari 600 anggota profesi hukum Inggris dalam menyerukan pemerintah menghentikan penjualan senjata ke Israel, dengan mengatakan hal itu dapat membuat Inggris terlibat dalam genosida di Gaza.

Seruan mereka juga didukung oleh dua pakar intelijen terkemuka di negara itu, yang berpendapat bahwa Inggris perlu menggunakan segala cara untuk membujuk Israel, dan pendukung terbesarnya, Amerika Serikat, untuk mengubah arah konflik.

Pemerintah Inggris telah menjadi sekutu setia Israel sejak pecahnya permusuhan pada 7 Oktober, namun Menteri Luar Negeri David Cameron telah memperkeras pernyataannya dalam beberapa bulan terakhir mengenai situasi kemanusiaan di Gaza.

Cameron mengatakan pada tanggal 8 Maret bahwa Israel harus mematuhi hukum kemanusiaan internasional agar Inggris dapat memberikan izin ekspor yang memungkinkan penjualan senjata ke Israel, dan keputusan mengenai hal tersebut sedang dilakukan dan akan dilakukan dalam “hari-hari mendatang.”

Kementerian Luar Negeri mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka menyimpan saran mengenai kepatuhan Israel terhadap undang-undang yang sedang ditinjau tetapi isi dari saran pemerintah bersifat rahasia.

Anggota senior profesi hukum Inggris mengatakan pemerintah perlu menghentikan penjualan sekarang juga untuk menghindari “membantu dan membantu tindakan internasional yang salah.”

“Penyediaan bantuan dan material militer kepada Israel dapat membuat Inggris terlibat dalam genosida serta pelanggaran serius terhadap Hukum Humaniter Internasional,” kata para hakim, pengacara, dan akademisi hukum dalam surat setebal 17 halaman kepada Perdana Menteri Rishi Sunak.

Salah satu mantan hakim, Jonathan Sumption, mengatakan kepada Radio BBC bahwa dia khawatir pemerintah Inggris telah melupakan kewajibannya berdasarkan hukum internasional.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyebut setiap dugaan genosida sebagai sesuatu yang “keterlaluan” dan mengatakan Israel memiliki “komitmen yang teguh terhadap hukum internasional.”

MENOLAK TEKANAN

Sunak menolak seruan untuk segera menghentikan penjualan senjata ke Israel, dengan mengatakan bahwa pemerintah mematuhi “rezim perizinan yang sangat hati-hati.”

Namun terbunuhnya tujuh pekerja bantuan, termasuk tiga warga negara Inggris, dalam serangan udara Israel minggu ini telah meningkatkan tekanan. Israel mengatakan mereka dibunuh secara tidak sengaja.

Inggris melisensikan penjualan alat peledak, senapan serbu, dan komponen pesawat militer buatan Inggris ke Israel, namun negara ini merupakan pemasok yang relatif kecil, dengan ekspor Israel mencapai sekitar 0,4 persen dari total penjualan pertahanan global Inggris pada tahun 2022, setahun penuh terakhir. data tersedia.

Dua tokoh senior di komunitas intelijen Inggris – mantan penasihat keamanan nasional Peter Ricketts dan Alex Younger, mantan kepala dinas mata-mata asing MI6 – mengatakan penjualan tersebut harus digunakan sebagai pengaruh.

Ricketts mengatakan “sekarang terdapat banyak bukti” bahwa Israel tidak mematuhi hukum kemanusiaan internasional dan bahwa larangan tersebut akan mengirimkan pesan yang dapat memicu perdebatan di Washington.

Younger mengatakan kepada BBC bahwa Inggris perlu “mencapai pengaruh, dan menciptakan insentif agar lebih fokus pada masalah yang secara teknis disebut kerusakan tambahan (collateral damage) tapi yang kita sebut sebagai pembunuhan warga sipil yang tidak bersalah.”

Awal pekan ini, Alicia Kearns, ketua komite urusan luar negeri parlemen dari Partai Konservatif, mengatakan para menteri telah diberitahu oleh pengacara mereka bahwa Israel telah melanggar hukum internasional dalam perangnya di Gaza.

Pemerintah di masa lalu telah memblokir penjualan senjata ke Israel, seperti pada tahun 2009 ketika mereka mencabut beberapa izin dan pada tahun 1982 ketika ada pembatasan resmi terhadap penjualan senjata setelah invasi ke Lebanon. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved