Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

[BREAKING NEWS] 9 Meninggal, 821 Terluka saat Gempa Melanda Taiwan

 Gempa bumi berkekuatan 7,7, 6,6, dan 6,3 tercatat di sekitar Taiwan pada Rabu pagi, dan getarannya terasa di pulau Okinawa dan Miyako di Jepang selatan, mendorong pihak berwenang mengeluarkan peringatan tsunami untuk pulau-pulau tersebut, menurut data Badan Meteorologi Jepang.

Gempa berkekuatan 7,7 tercatat pada pukul 08:58 waktu setempat pada hari Rabu (23:58 GMT pada hari Selasa) di dekat pantai timur Taiwan pada “kedalaman yang sangat dangkal,” kata badan tersebut tanpa memberikan rincian lebih lanjut. Gempa kedua tercatat kurang dari 15 menit - pukul 09.11 waktu setempat.

Gempa berkekuatan 6,3 SR tercatat di wilayah yang sama pada pukul 09.35 waktu setempat di kedalaman 20 kilometer (12,4 mil) di bawah air.


Administrasi Gempa Bumi Tiongkok menyatakan bahwa gempa berkekuatan 7,3 skala Richter terjadi di lepas pantai Kabupaten Hualien di Taiwan timur dan diikuti oleh lebih dari 11 gempa bumi dengan kekuatan lebih dari 4 skala Richter.

Berdasarkan laporan terkini, jumlah korban tewas akibat gempa bertambah menjadi 9 orang dan 821 orang luka-luka.

Pengguna media sosial memposting video di X yang menunjukkan beberapa bangunan di Taiwan miring dan sebagian hancur.


Foto yang diambil oleh Kantor Berita Pusat Taiwan (CNA) pada 3 April 2024 ini menunjukkan sebuah bangunan yang rusak di Hualien, pasca gempa besar melanda bagian timur Taiwan. (CNA/AFP)
Pemandangan apartemen yang rusak akibat gempa di lepas pantai, di New Taipei City, Taiwan pada 3 April 2024. (REUTERS)
Dalam foto yang dirilis Badan Pemadam Kebakaran Nasional ini, anggota tim SAR bersiap di luar gedung miring pasca gempa bumi di Hualien, Taiwan timur pada 3 April 2024. (Badan Pemadam Kebakaran Nasional via AP)

Guncangan juga dirasakan di prefektur Okinawa, Jepang selatan. Setelah gempa bumi, peringatan tsunami dikeluarkan untuk pulau Okinawa, Miyako, dan Yaeyama di Jepang selatan. Badan tersebut mengatakan gelombang tsunami bisa mencapai ketinggian tiga meter (10 kaki).

Baik Badan Meteorologi Jepang dan Kementerian Sumber Daya Alam Tiongkok mencabut peringatan tsunami yang dikeluarkan setelah serangkaian gempa bumi dahsyat melanda pantai timur Taiwan.

Sebelumnya, Kementerian Tiongkok mengeluarkan peringatan tsunami tingkat 1, atau peringatan merah – yang merupakan tingkat tertinggi dari empat tingkat di Tiongkok – menyusul gempa bumi di lepas pantai Taiwan.

Penyiar Jepang NHK melaporkan gelombang tsunami setinggi 0,3 meter mencapai pulau Yonaguni pada pukul 09:18 waktu setempat. Gelombang kecil juga mencapai pelabuhan Ishigaki pada pukul 09.32 waktu setempat. [SP-TK]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved