Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Mengapa Tawaran NATO untuk Menguasai Kelompok Pertahanan Ukraina Tampaknya Tidak Layak

 Kelompok ini dibentuk pada awal tahun 2022 untuk menopang Ukraina secara militer tetapi sudah menunjukkan tanda-tanda kehancuran. Apakah pertemuan terakhir pada akhir Januari berakhir tanpa persetujuan pendanaan AS untuk Ukraina.

NATO berupaya untuk mengambil alih kendali Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina (UDCG) yang dipimpin AS yang mengoordinasikan pengiriman senjata ke rezim Kiev, Politico melaporkan dengan mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya.

Masalah ini dilaporkan akan dibahas dalam pertemuan tingkat menteri luar negeri NATO di Brussels pada hari Rabu dan Kamis, dan diperkirakan akan diselesaikan pada pertemuan puncak para pemimpin NATO di Washington pada bulan Juli.

Pengalihan UDCG ke NATO dapat menimbulkan tantangan karena berbagai faktor, termasuk perbedaan pendapat dan kemampuan antara AS dan sekutu mengenai pasokan keuangan dan militer ke Ukraina, serta krisis internal yang pasti mempengaruhi kebijakan luar negeri.

Penghentian Pendanaan AS untuk Ukraina

Pada bulan Desember, Departemen Pertahanan AS memberi isyarat bahwa mereka tidak akan dapat mengirim senjata tambahan apa pun dari persediaannya ke Kiev sampai Kongres mengalokasikan dana tambahan. Meskipun Senat meloloskan paket tambahan senilai $95 miliar , termasuk dana tambahan untuk Ukraina, undang-undang tersebut telah terhenti di DPR selama berbulan-bulan.

Kedua, dengan anjloknya peringkat dukungan terhadap Joe Biden , ada skenario kemungkinan terpilihnya kembali mantan Presiden Donald Trump pada awal November, yang telah berulang kali mencaci-maki anggota NATO karena gagal memenuhi kewajiban keuangan mereka kepada aliansi tersebut.

Menurut New York Times, terdapat “ketidakpastian dan kecemasan yang sangat besar” di seluruh Eropa dan di antara “pendukung Amerika terhadap peran kebijakan luar negeri tradisional” bahwa, jika terpilih kembali, Trump mungkin akan menarik Amerika dari NATO.

Perbedaan pendapat dalam NATO

Faktor lain yang mungkin mempersulit kendali NATO atas badan tersebut adalah situasi saat ini di mana beberapa anggota NATO, seperti Hongaria, menentang penyediaan senjata kepada Ukraina.

Selain itu, dilaporkan ada pihak-pihak Barat yang mewaspadai langkah apa pun yang dapat menyiratkan peran langsung NATO dalam konflik Ukraina . Moskow telah berulang kali memperingatkan bahwa bantuan militer AS dan sekutu NATO-nya ke Kiev membuat aliansi tersebut terlibat dalam konflik.

Pemilu Berdampak pada Kebijakan UE

Yang terakhir, pemilihan Parlemen Eropa tahun 2024 mendatang mungkin akan menyaksikan “pergeseran besar ke arah partai populis sayap kanan di banyak negara,” menurut Dewan Hubungan Luar Negeri Eropa.

Skenario seperti ini “kemungkinan mempunyai konsekuensi yang signifikan terhadap kebijakan tingkat Eropa” dan “akan mempengaruhi pilihan kebijakan luar negeri yang dapat diambil UE,” tidak terkecuali yang berkaitan dengan Ukraina , kata dewan tersebut. [SP-TK]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved