Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Upaya Saudi di Gaza 'sejalan' dengan kebijakan Jepang

 DUBAI: Upaya Saudi untuk meredakan konflik Gaza “sejalan” dengan kebijakan Jepang, kata UEMURA Tsukasa, utusan khusus Jepang untuk perdamaian Timur Tengah, pada hari Selasa.

“Selain memberikan bantuan kemanusiaan ke Gaza, Arab Saudi juga melakukan pekerjaan yang cukup baik secara politik, sejalan dengan kebijakan (Jepang). Dalam hal bantuan kemanusiaan, Arab Saudi melakukan upaya paling besar,” kata mantan duta besar untuk Kerajaan Arab Saudi, yang mengunjungi wilayah tersebut untuk membahas perang tersebut, kepada Arab News Japan.

Sejak 27 Maret, Uemura telah mengunjungi Yordania, Arab Saudi, Qatar, dan UEA dalam upaya meredakan konflik melalui komunikasi erat dengan negara-negara dan organisasi internasional terkait.

Di Arab Saudi, ia bertemu dengan Dr. Saud bin Mohammed Al-Sati, wakil menteri urusan politik, dan Ahmed bin Ali Al-Baiz, asisten pengawas jenderal untuk operasi dan program di lembaga bantuan KSrelief.

Uemura menjelaskan bahwa Jepang menjadi ketua ketika Dewan Keamanan PBB akhirnya mengeluarkan resolusi 2728, yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza selama bulan Ramadhan, dan pembebasan segera dan tanpa syarat semua sandera yang ditahan oleh Hamas.

Resolusi tersebut “merupakan salah satu pencapaian besar dalam perang Israel-Gaza. Tentu saja resolusinya ada, namun kenyataannya tidak. Sejauh ini hanya ada sedikit perubahan,” katanya.

Sejak serangan Hamas pada 7 Oktober, Jepang telah mendukung hak Israel untuk membela diri. Meskipun demikian, “kebijakan Jepang sangat tulus mengenai solusi dua negara dan perjuangan Palestina untuk menentukan nasib sendiri,” tambah Uemura.

“Tidak akan ada perdamaian jika terdapat kesenjangan besar dalam situasi sosial, ekonomi, atau bahkan politik di kedua belah pihak. Jepang melihat hal itu dan telah bekerja keras untuk Taman Agro-Industri Jericho.”

JAIP bertujuan untuk mengembangkan pusat inovasi yang berfungsi penuh dan beroperasi di kota Jericho, Palestina, untuk meningkatkan daya saing bisnis yang beroperasi di sana.

Uemura mengatakan pemerintahnya dan LSM juga menawarkan banyak kesempatan bagi pemuda Israel dan Palestina untuk menghabiskan dua minggu di Jepang untuk saling mengenal dan mengatasi perbedaan mereka.

“Masalah intinya adalah kurangnya kepercayaan antara kedua belah pihak. Sayangnya, dalam kurun waktu enam bulan terakhir kepercayaan tersebut hilang,” imbuhnya. “Tugas kami sekarang adalah menuntut gencatan senjata yang mendesak, yang akan menghasilkan gencatan senjata yang langgeng.”

Namun, untuk menghidupkan kembali perundingan perdamaian, Uemura mengatakan hal itu akan memakan waktu yang sangat lama karena kita mulai dari nol, atau bahkan di bawah nol lagi.

Tuntutan Mahkamah Internasional agar Israel mematuhi hukum internasional “harus dipatuhi dengan tulus,” tambahnya. “Inilah sikap Jepang; kami membuatnya sangat jelas.”

Pada bulan Januari, Menteri Luar Negeri Jepang KAMIKAWA Yoko mengatakan negaranya mendukung keputusan ICJ dan mengatakan Israel harus mengambil tindakan untuk memungkinkan penyediaan layanan dasar dan bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan di Gaza.

“Jepang akan terus-menerus dan aktif melanjutkan upaya diplomatiknya untuk segera membebaskan para sandera, memperbaiki situasi kemanusiaan, dan menenangkan situasi sesegera mungkin,” tambahnya.

Uemura mengatakan fokus utama Jepang adalah mengakhiri kekerasan dan mengurangi ketegangan di Gaza dan Israel, guna melanjutkan langkah-langkah perdamaian dan membangun kepercayaan.

Menurut Kementerian Kesehatan Gaza, setidaknya 32.845 warga Palestina telah tewas dan 75.392 orang terluka dalam serangan Israel di wilayah kantong tersebut sejak 7 Oktober. Jumlah korban tewas di Israel mencapai 1.139 orang, dengan beberapa sandera masih disandera di Gaza. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved