Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Marcos Akan Mengunjungi Riyadh Saat Negara-negara Merayakan Peringatan 55 Tahun Hubungan Diplomatik

 Manila: Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. kemungkinan akan mengunjungi Arab Saudi saat kedua negara merayakan peringatan 55 tahun hubungan diplomatik tahun ini, Menteri Luar Negeri Enrique Manalo mengatakan kepada Arab News. 

Hubungan perburuhan telah menjadi pilar utama hubungan Saudi-Filipina, karena Kerajaan Saudi adalah tujuan utama pekerja Filipina di luar negeri dengan lebih dari 450.000 orang Filipina bekerja di Kerajaan tersebut antara bulan April dan September 2022, menurut data pemerintah terbaru. 

Kedua negara menjalin hubungan diplomatik pada 24 Oktober 1969 dan baru-baru ini berusaha memperdalam hubungan perdagangan. Tahun lalu, para pemimpin bisnis mereka menandatangani perjanjian investasi kolektif senilai lebih dari $4,26 miliar selama kunjungan Marcos ke Riyadh untuk menghadiri pertemuan puncak perdana Dewan Kerja Sama Teluk dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. 

“Presiden telah melakukan kunjungan yang bermanfaat ke Arab Saudi selama Kerajaan menjadi tuan rumah KTT ASEAN-GCC perdana pada bulan Oktober lalu. Kunjungan kenegaraan presiden ke Arab Saudi dalam waktu dekat adalah sebuah kemungkinan,” kata Manalo kepada Arab News pada akhir pekan. 

“Kami yakin bahwa pertemuan ini akan menjadi kesempatan bagi para pemimpin kami untuk mendiskusikan cara-cara meningkatkan kerja sama politik dan ekonomi, terutama karena kami akan merayakan ulang tahun ke-55 penggalangan hubungan diplomatik antar negara kami pada tahun ini.” 

Filipina dan Arab Saudi telah menikmati “hubungan bilateral yang hangat dan dinamis” selama lebih dari lima dekade, kata Manalo, seraya menambahkan bahwa negara Asia Tenggara tersebut berharap dapat menarik lebih banyak investor Saudi menyusul reformasi yang telah menyederhanakan persyaratan dan proses investasi. 

“Meskipun hubungan perburuhan tetap menjadi pilar penting dalam hubungan kami, kami ingin memperluas kemitraan kami ke bidang lain, seperti energi terbarukan, pariwisata, dan pengembangan industri halal Filipina.”

Pada bulan Januari, Filipina yang mayoritas penduduknya beragama Katolik meluncurkan rencana strategis untuk mengembangkan industri halal, yang bertujuan untuk menciptakan 120.000 lapangan kerja baru dan menarik investasi sebesar $4 miliar pada tahun 2028, seiring dengan upaya negara tersebut untuk memasuki pasar halal global, yang diperkirakan bernilai tinggi. lebih dari $7 triliun. 

“Filipina berharap dapat memperdalam kolaborasi kami dengan Arab Saudi yang baru, yang mencakup sektor tradisional dan negara berkembang,” katanya. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved