Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Sekretaris Jenderal PBB 'sangat terganggu' dengan situasi di Rafah

RAFAH: Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengunjungi perbatasan Mesir dengan kota Rafah di Gaza pada hari Sabtu untuk menegaskan kembali permohonan gencatan senjata segera di Jalur Gaza.

Kunjungannya terjadi setelah Dewan Keamanan PBB gagal mengeluarkan resolusi untuk menghentikan serangan Israel di Gaza, yang kini memasuki bulan keenam dengan jumlah korban tewas mendekati 32.000 orang.

Berbicara di perbatasan, ia mendesak dunia untuk mengingatkan warga Gaza bahwa mereka tidak sendirian.

“Saya sangat sedih mengetahui selama bulan suci Ramadhan ini ada orang-orang yang tidak bisa berbuka puasa dengan layak,” kata Guterres.

Dia menambahkan bahwa ini adalah “kekecewaan moral” ketika ribuan truk bantuan diparkir di sisi perbatasan Mesir menunggu akses, sementara orang-orang di Gaza menghadapi kelaparan.

“Meskipun tidak ada yang bisa membenarkan tindakan 7 Oktober, tidak ada yang bisa membenarkan hukuman kolektif terhadap rakyat Palestina,” kata Guterres. “Ada banyak kesulitan, rumah-rumah hancur, seluruh keluarga dan generasi tersapu bersih, sementara kelaparan menghantui penduduk.”

Ia mendesak masyarakat untuk “berdiri di sisi kanan sejarah,” dan menambahkan, “Ini adalah waktu untuk membungkam senjata. Kami membutuhkan gencatan senjata. Saya tidak akan menyerah. Kita tidak boleh menyerah, demi kemanusiaan.”

Guterres juga menyerukan pendanaan dan dukungan kepada Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat.

Sebelum konferensi persnya di penyeberangan, Sekretaris Jenderal diterima oleh Gubernur Sinai Mohamad Shusha di bandara El-Arish.

Shusha mengatakan bahwa sekitar 7.000 truk saat ini menunggu di Sinai Utara untuk mengirimkan bantuan ke Gaza, namun prosedur pemeriksaan yang diminta oleh Israel telah menghambat aliran bantuan.

Guterres juga mengunjungi pengungsi Palestina dari Gaza yang menerima perawatan di Rumah Sakit Umum Arish di Sinai dan mengatakan dia “tergerak” oleh semangat mereka. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved