Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra Siap Kalau Dituntut atas Tuduhan Menghina Kerajaan Thailand

 Mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra pada Sabtu, 8 Juni 2024, memastikan pihaknya siap menghadapi dakwaan menghina Kerajaan Thailand yang bisa menjadi kemunduran politik baginya. Tuntutan pada Thanksin dilayangkan militer Thailand yang pernah menggulingkan pemerintahan adinya Yingluck Shinawatra.

Pemerintah berkuasa Thailand saat ini adalah sekutu dekat militer Thailand. Thaksin adalah salah satu taipan yang masih berpengaruh di Negeri Gajah Putih. Selain menghina Kerajaan Thailand, dia juga bisa terkena dakwaan melanggar undang-undang kejahatan komputer.

Thaksin mengatakan dia akan memenuhi panggilan Jaksa penuntut pada 18 Juni 2024 mendatang. Hanya saja, dia tidak tahu dakwaan apa yang dikenakan padanya. Walau begitu, dia siap melawannya.

“Ini pepesan kosong. Kasus ini tak ada dasarnya,” kata Thanksin kepada wartawan.

Thaksin, 74 tahun, menyangkal telah melakukan kesalahan dan sudah berulang kali berjanji kalau dia setia pada Putra Mahkota. Mengkritik Kerajaan Thailand dilarang di Thailand di bawah undang-undang lese-majeste yang kontroversial. Kerajaan Thailand adalah salah satu yang paling ketat di dunia.

Thaksin telah menjadi tokoh papan atas yang ada dalam daftar 270 orang yang menjalani proses peradilan dalam beberapa tahun terakhir karena melanggar undang-undang lese-majeste. Dalam undang-undang ini, mereka yang terbukti bersalah bisa menghadapi hukuman penjara hingga 15 tahun untuk setiap hinaan yang dilayangkan pada keluarga Kerajaan Thailand.

Thaksin adalah pendiri Partai Pheu Thai. Partai-partai keluarga Shinawatra memenangkan hampir seluruh pemilu Thailand. Tiga pemerintahan Shinawatra digulingkan lewat kudeta militer atau putusan pengadilan.

Miliarder itu, pulang ke Thailand pada 2023 setelah 15 tahun berlindung ke luar negeri. Dia masih menjadi tokoh sentral selama pergolakan politik di Thailand yang berulang-ulang.

Sumber Berita / Artikel Asli : tempo

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved