Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Tujuh orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka dalam gempa bumi paling dahsyat di Taiwan dalam 25 tahun terakhir

TAIPEI: Sedikitnya tujuh orang tewas dan lebih dari 700 orang terluka pada Rabu akibat gempa bumi dahsyat di Taiwan yang merusak puluhan bangunan dan memicu peringatan tsunami yang meluas ke Jepang dan Filipina sebelum dicabut.

Para pejabat mengatakan gempa tersebut adalah yang terkuat yang mengguncang pulau itu dalam beberapa dekade terakhir, dan memperingatkan akan terjadinya gempa susulan lagi di masa mendatang.

“Gempanya dekat dengan daratan dan dangkal. Hal ini dirasakan di seluruh Taiwan dan pulau-pulau lepas pantai,” kata Wu Chien-fu, direktur Pusat Seismologi Administrasi Cuaca Pusat Taipei.

Peraturan bangunan yang ketat dan kesadaran masyarakat yang luas terhadap bencana tampaknya telah mencegah terjadinya bencana besar di pulau rawan gempa ini, yang terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik.

Wu mengatakan gempa tersebut adalah yang terkuat sejak gempa berkekuatan 7,6 skala Richter terjadi pada September 1999, menewaskan sekitar 2.400 orang dalam bencana alam paling mematikan dalam sejarah pulau tersebut.

Gempa berkekuatan 7,4 skala richter yang terjadi pada hari Rabu terjadi tepat sebelum pukul 08:00 waktu setempat (0000 GMT), dan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) memperkirakan pusat gempa berada di 18 kilometer (11 mil) selatan Kota Hualien Taiwan, pada kedalaman 34,8 kilometer.

Tiga orang di antara kelompok tujuh orang yang melakukan pendakian pagi hari melalui perbukitan yang mengelilingi kota itu tewas tertimpa batu-batu besar yang terlepas akibat gempa, kata para pejabat.

Di tempat terpisah, pengemudi truk dan mobil tewas ketika kendaraan mereka tertimpa bongkahan batu, sementara seorang pria lainnya tewas di tambang.

Badan Pemadam Kebakaran Nasional mengatakan semua korban tewas terjadi di wilayah Hualien, dan sejauh ini 736 orang terluka dalam gempa tersebut, tanpa menyebutkan seberapa serius gempa tersebut.

Media sosial dibanjiri dengan video dan gambar yang dibagikan dari seluruh negara tentang gedung-gedung yang bergoyang saat gempa terjadi.

“Gempanya sangat hebat, lukisan-lukisan di dinding, TV dan lemari minuman saya terjatuh,” kata seorang pria di Hualien kepada stasiun televisi SET TV.

Gambar-gambar dramatis ditayangkan di TV lokal mengenai bangunan bertingkat di Hualien dan tempat lain yang miring setelah gempa berakhir, sementara sebuah gudang di New Taipei City runtuh.

Walikota di sana mengatakan lebih dari 50 orang yang selamat telah berhasil diselamatkan dari reruntuhan bangunan tersebut.

Saluran TV lokal menunjukkan buldoser membersihkan bebatuan di sepanjang rute utama menuju Hualien, kota pesisir yang dikelilingi pegunungan berpenduduk sekitar 100.000 jiwa yang terputus akibat tanah longsor.

Jalan-jalan utama menuju kota melewati serangkaian terowongan yang luas – beberapa di antaranya panjangnya beberapa kilometer – dan para pejabat mengatakan banyak orang dan kendaraan mungkin terjebak di dalamnya.

“Kita harus hati-hati memeriksa berapa banyak orang yang terjebak dan kita harus menyelamatkan mereka dengan cepat,” kata presiden terpilih dan Wakil Presiden saat ini Lai Ching-te kepada wartawan di Hualien.

Presiden Tsai Ing-wen menyerukan lembaga-lembaga pemerintah daerah dan pusat untuk berkoordinasi satu sama lain, dan mengatakan militer juga akan memberikan dukungan.

Di Taiwan, Jepang dan Filipina, pihak berwenang awalnya mengeluarkan peringatan tsunami tetapi sekitar pukul 10 pagi (02.00 GMT), Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan ancaman tersebut “sebagian besar telah berlalu.”

Di ibu kota Taiwan, metro sempat berhenti beroperasi namun kembali beroperasi dalam waktu satu jam, sementara warga menerima peringatan dari kepala daerah setempat untuk memeriksa kebocoran gas.

Taiwan sering dilanda gempa bumi karena pulau ini terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik, sementara Jepang di dekatnya mengalami sekitar 1.500 gempa bumi setiap tahunnya.

Di seberang Selat Taiwan, pengguna media sosial di provinsi Fujian timur Tiongkok, yang berbatasan dengan Guangdong di selatan, dan di tempat lain mengatakan mereka juga merasakan getaran yang kuat.

Warga Hong Kong juga melaporkan merasakan gempa tersebut.

Tiongkok, yang mengklaim Taiwan sebagai provinsi yang membangkang, “sangat memperhatikan” gempa tersebut dan “bersedia memberikan bantuan bencana,” kata kantor berita Xinhua.

Pabrikan di Perusahaan Manufaktur Semikonduktor Taiwan – pembuat chip terbesar di dunia – sempat terhenti di beberapa pabrik, kata seorang pejabat perusahaan kepada AFP, sementara pekerjaan di lokasi konstruksi untuk pabrik baru dihentikan pada hari itu.

Sebagian besar gempa di sekitar wilayah tersebut berkekuatan ringan, meskipun kerusakan yang diakibatkannya bervariasi sesuai dengan kedalaman pusat gempa di bawah permukaan bumi dan lokasinya. [ARN]

Foto yang diambil oleh Kantor Berita Pusat Taiwan (CNA) pada 3 April 2024 ini menunjukkan sebuah bangunan yang rusak di Hualien, pasca gempa besar melanda bagian timur Taiwan. (CNA/AFP)
Pemandangan apartemen yang rusak akibat gempa di lepas pantai, di New Taipei City, Taiwan pada 3 April 2024. (REUTERS)
Dalam foto yang dirilis Badan Pemadam Kebakaran Nasional ini, anggota tim SAR bersiap di luar gedung miring pasca gempa bumi di Hualien, Taiwan timur pada 3 April 2024. (Badan Pemadam Kebakaran Nasional via AP)

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved