Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Di distrik India ini, kuil Sikh dan Hindu bangga menjadi tuan rumah acara buka puasa

 NEW DELHI: Meskipun ketegangan agama meningkat tinggi di India, umat Sikh dan Hindu di distrik Malerkotla merasa bangga menjadi tuan rumah acara buka puasa bagi tetangga Muslim mereka, karena mereka mendukung dan bergabung dengan mereka dalam perayaan Ramadhan.

Distrik di Punjab ini muncul dari negara abad ke-15 yang didirikan oleh Sheikh Sadruddin, seorang pemimpin suku Sherwani dari Afghanistan. Sebuah negara pangeran di bawah pemerintahan kolonial Inggris, wilayah ini adalah salah satu dari sedikit wilayah yang tidak dilanda kekerasan komunal yang mematikan setelah pembagian anak benua India menjadi India dan Pakistan pada tahun 1947.

Ketika Inggris membagi wilayah kolonialnya menjadi dua negara – satu negara mayoritas Hindu dan satu lagi Muslim – jutaan orang mengungsi karena alasan agama, dengan migrasi massal disertai kerusuhan yang menyebabkan ratusan ribu orang tewas. Namun di Malerkotla, komunitas Muslim memutuskan untuk tetap tinggal.

Saat ini, sekitar 430.000 orang tinggal di distrik tersebut, dimana separuh penduduknya menganut agama Sikh, 33 persen Islam, dan 15 persen Hindu.

Mereka mengatakan wajar jika mereka merayakan hari raya penting bersama-sama, terlebih lagi karena polarisasi agama di India meningkat selama dekade terakhir di bawah pemerintahan nasionalis Hindu pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi.

“Ketika kami melihat ketegangan agama di beberapa wilayah di India, kami merasa tidak enak dan, sebagai pemimpin agama, kami merasa tugas kami adalah menjaga kebersamaan,” Baba Amarjit Singh, kepala kuil Sikh, atau gurdwara, di desa Jainpur , kepada Arab News setelah mengadakan buka puasa pada hari Selasa.

“Hampir 300 orang menghadiri acara buka puasa tersebut dan saya merasa sangat senang ketika orang-orang saling berpartisipasi dalam perayaan satu sama lain.”

Sehari kemudian, di desa tetangga Sandaur, gurdwara lain mengundang umat Islam untuk berbuka puasa.

Pemimpinnya, Baba Gurusewak Singh, berbicara serempak dengan kepala kuil Jainpur.

“Kami percaya pada keharmonisan komunal, kami percaya pada hidup bersama,” katanya. “Kami percaya pada kesatuan umat manusia, dan dengan semangat inilah kami merayakan Ramadhan dan hari raya lainnya.”

Kuil Hindu di desa lain, Ahmedgarh, telah menyelenggarakan tiga kali acara buka puasa tahun ini.

“Malerkotla memiliki tradisi keharmonisan komunal dan kami mendapat restu dari guru kami untuk persaudaraan ini,” Deepak Sharma, ketuanya, mengatakan kepada Arab News.

“Umat Islam berpartisipasi dalam festival Hindu dan kami berpartisipasi dalam festival mereka dan itulah cara kami menjaga kepercayaan dan keharmonisan dalam masyarakat dan ini harus menjadi pelajaran bagi wilayah lain di India, di mana politik yang memecah belah telah menciptakan kekacauan dalam masyarakat.”

Umat ​​​​Hindu di Malerkotla tidak menganut mayoritasisme pemerintah mereka dan telah berpartisipasi dalam perayaan Ramadhan dan mendukung umat Islam dalam perayaannya.

“Kami tidak peduli dengan politik yang memecah belah para politisi, dan kami tidak akan membiarkan mereka mengajarkan kebencian kepada kami di sini,” kata Mahant Swaroop Bihari Sharma, presiden Front Brahmana Seluruh India di Malerkotla.

“Kuil Hindu Laxmi Narayan Mandir dan Masjid Aqsa berbagi batas yang sama di Koloni Simpsons di Malerkotla. Hal ini menunjukkan seberapa dalam ikatan kami dan seberapa besar kepercayaan umat Hindu dan Muslim terhadap satu sama lain.”

Muslim Malerkotla kewalahan dengan banyaknya acara Ramadhan yang diadakan oleh anggota komunitas non-Muslim mereka.

“Banyak sekali undangan buka puasa dari gurdwara dan kuil sehingga kami benar-benar tidak tahu harus menghadiri yang mana,” kata Naser Khan dari Sikh-Muslim Sanjha Foundation.

“Masyarakat merasa senang saat berkumpul dan makan bersama. Indahnya buka puasa adalah menyatukan orang-orang dari semua agama.”

Akar toleransi Malerkotla biasanya dikaitkan dengan sebuah insiden, yang terjadi pada abad ke-18, selama perang antara Guru Gobind Singh — guru Sikhisme ke-10 dan terakhir yang dihormati — dan Kekaisaran Mughal.

Wazir Khan, gubernur Mughal yang saat itu memerintah negara bagian Punjab saat ini, memerintahkan putra-putra Singh yang berusia 9 dan 7 tahun untuk dipaku ke bagian tembok saat masih hidup. Keputusan tersebut ditentang oleh penguasa Muslim Malerkotla, Shah Mohammed Khan. Pemberontakannya melawan pelindung Mughal membuatnya disayangi oleh komunitas Sikh, yang membangun salah satu gurdwara distrik untuk menghormatinya.

“Malerkotla unik dan memiliki berkah dari guru Sikh. Itu sebabnya masyarakat di sini menjaga kerukunan bermasyarakat. Ketika kekerasan terjadi dimana-mana setelah pemisahan, Malerkotla tetap tidak tersentuh. Di sini orang-orang memandang satu sama lain bukan dari sudut pandang agama tetapi dari sudut pandang kemanusiaan. Kami bangga dengan tradisi ini,” Adnan Ali Khan, seorang aktivis dan keturunan keluarga kerajaan Malerkotla, mengatakan kepada Arab News.

“Tidak heran jika seluruh distrik mengadakan acara buka puasa di gurdwara dan kuil yang berbeda. Inilah keindahan tempat ini, dan kami merasa bangga karenanya.” [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved