Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Tentara Israel melancarkan operasi di rumah sakit Al-Shifa di Gaza

 JALUR GAZA, Wilayah Palestina: Tentara Israel pada Senin melancarkan operasi di sekitar rumah sakit terbesar di Gaza, Al-Shifa, dan para saksi melaporkan adanya serangan udara di lingkungan yang hancur di mana rumah sakit tersebut berada.

Tentara Israel “saat ini sedang melakukan operasi tepat di area rumah sakit Shifa,” kata sebuah pernyataan dari militer.

“Operasi ini didasarkan pada informasi intelijen yang mengindikasikan penggunaan rumah sakit oleh teroris senior Hamas.”

Saksi mata di Kota Gaza mengatakan mereka melihat tank mengepung lokasi rumah sakit.

Tentara Israel juga melakukan operasi pada bulan November di Al-Shifa, yang memicu kecaman internasional.

Puluhan ribu warga Palestina yang mengungsi akibat perang mencari perlindungan di kompleks tersebut, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas di Gaza.

Israel telah berulang kali menuduh Hamas menjalankan operasi militer dari rumah sakit dan pusat kesehatan lainnya, klaim yang dibantah oleh kelompok militan tersebut.

Kantor media pemerintah Hamas di Gaza mengutuk operasi tersebut, dengan mengatakan bahwa “penyerbuan kompleks medis Al-Shifa dengan tank, drone, dan senjata, serta penembakan di dalamnya, adalah kejahatan perang.”

Tentara Israel telah melakukan beberapa operasi terhadap fasilitas medis di sekitar Jalur Gaza sejak dimulainya perang.

Perang dimulai ketika Hamas melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari Gaza pada tanggal 7 Oktober yang mengakibatkan sekitar 1.160 kematian di Israel, sebagian besar warga sipil, menurut hitungan resmi AFP.

Militan Palestina menyandera sekitar 250 sandera Israel dan asing selama serangan 7 Oktober, namun puluhan orang dibebaskan selama gencatan senjata selama seminggu pada bulan November.

Israel yakin sekitar 130 orang masih berada di Gaza termasuk 33 – delapan tentara dan 25 warga sipil – yang diperkirakan tewas.

Bersumpah untuk menghancurkan Hamas, Israel telah melakukan pemboman tanpa henti dan serangan darat yang menurut kementerian kesehatan di wilayah Palestina telah menewaskan sedikitnya 31.645 orang, kebanyakan dari mereka adalah wanita dan anak-anak.

Menurut militer Israel, pasukan “diinstruksikan tentang pentingnya beroperasi dengan hati-hati, serta tindakan yang harus diambil untuk menghindari bahaya terhadap pasien, warga sipil, staf medis, dan peralatan medis.”

Pernyataan itu juga mengatakan bahwa penutur bahasa Arab telah dikerahkan untuk “memfasilitasi dialog dengan pasien yang masih dirawat di rumah sakit.”

Ia menambahkan: “Tidak ada kewajiban bagi pasien dan staf medis untuk mengungsi.”

Setelah operasinya pada tanggal 15 November di Al-Shifa, militer Israel mengatakan mereka menemukan senjata dan peralatan militer lainnya yang disembunyikan di lokasi tersebut – klaim yang dibantah oleh Hamas.

Hamas juga mengklaim telah menemukan terowongan sepanjang 55 meter di ruang bawah tanah dan membagikan rekaman yang membuktikan adanya sandera yang ditahan di sana, namun hal ini juga dibantah oleh Hamas.

Menurut PBB, 155 fasilitas kesehatan di Jalur Gaza telah rusak sejak perang dimulai. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved