Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

[PANAS] Netanyahu Balas AS Yang Makin Meningkat Setelah Dituduh Tersesat Di Gaza

TEL AVIV, Israel: Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Minggu mencerca kritik yang semakin meningkat dari sekutu utamanya Amerika Serikat terhadap kepemimpinannya di tengah perang yang menghancurkan dengan Hamas, dan menggambarkan seruan untuk pemilu baru sebagai “sepenuhnya tidak pantas.”

Dalam beberapa hari terakhir, Pemimpin Mayoritas Senat AS Chuck Schumer, pejabat tertinggi Yahudi di negara tersebut dan merupakan pendukung kuat Israel, meminta Israel untuk mengadakan pemilu baru, dengan mengatakan bahwa Netanyahu telah “kehilangan arah.” Presiden Joe Biden menyatakan dukungannya terhadap “pidato bagus” Schumer dan sebelumnya menuduh Netanyahu menyakiti Israel karena tingginya angka kematian warga sipil di Gaza.

Netanyahu mengatakan kepada Fox News bahwa Israel tidak akan pernah menyerukan pemilihan umum baru di AS setelah serangan 11 September 2001, dan mengecam komentar Schumer sebagai hal yang tidak pantas.

“Kami bukan banana republic,” katanya. “Rakyat Israel akan memilih kapan mereka akan mengadakan pemilu, dan siapa yang akan mereka pilih, dan itu bukanlah sesuatu yang akan diberikan kepada kami.”

Ketika ditanya oleh CNN apakah dia akan berkomitmen untuk mengadakan pemilu baru setelah perang berakhir, Netanyahu mengatakan bahwa “Saya pikir itu adalah sesuatu yang harus diputuskan oleh masyarakat Israel.”

AS, yang telah memberikan dukungan militer dan diplomatik penting kepada Israel, juga telah menyatakan keprihatinannya mengenai rencana serangan Israel di kota Rafah di Gaza selatan, tempat sekitar 1,4 juta pengungsi Palestina berlindung. Juru bicara Dewan Keamanan Nasional, John Kirby, mengatakan kepada Fox bahwa AS masih belum melihat rencana Israel untuk Rafah.

AS mendukung putaran baru perundingan yang bertujuan untuk mencapai gencatan senjata dengan imbalan kembalinya sandera Israel yang disandera Hamas pada 7 Oktober.

Delegasi Israel yang menghadiri perundingan tersebut diperkirakan akan berangkat ke Qatar setelah pertemuan Kabinet Keamanan dan Kabinet Perang pada Minggu malam, yang akan memberikan arahan untuk perundingan.

Meskipun ada pembicaraan, Netanyahu menegaskan bahwa dia tidak akan mundur dari pertempuran yang telah menewaskan lebih dari 31.000 warga Palestina, menurut pejabat kesehatan setempat. Lebih dari lima bulan telah berlalu sejak serangan Hamas di Israel selatan yang menewaskan 1.200 orang dan menyebabkan 250 sandera lainnya.

Sebelumnya pada hari Minggu, Netanyahu mengatakan bahwa seruan untuk mengadakan pemilu sekarang – yang menurut jajak pendapat menunjukkan bahwa dia akan kalah telak – akan memaksa Israel untuk berhenti berperang dan melumpuhkan negara tersebut selama enam bulan.

Netanyahu juga menegaskan kembali tekadnya untuk menyerang Hamas di Rafah dan mengatakan bahwa pemerintahnya menyetujui rencana militer untuk operasi tersebut.

“Kami akan beroperasi di Rafah. Ini akan memakan waktu beberapa minggu, dan itu akan terjadi,” katanya. Operasi tersebut seharusnya mencakup evakuasi ratusan ribu warga sipil, namun tidak jelas bagaimana Israel akan melakukan hal tersebut.

Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi menegaskan kembali peringatannya bahwa serangan darat Israel di Rafah akan “berdampak buruk pada seluruh wilayah.” Mesir mengatakan mendorong warga Palestina ke Semenanjung Sinai akan membahayakan perjanjian damai dengan Israel, yang merupakan landasan stabilitas regional.

“Kami juga sangat prihatin dengan risiko serangan besar-besaran di Rafah terhadap penduduk sipil yang rentan. Hal ini harus dihindari dengan cara apa pun,” kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen setelah pertemuan dengan El-Sisi.

Dan Kanselir Jerman Olaf Scholz, setelah bertemu dengan Netanyahu pada hari Minggu, memperingatkan bahwa “semakin menyedihkan situasi masyarakat di Gaza, semakin besar pertanyaan yang muncul: Tidak peduli betapa pentingnya tujuan tersebut, dapatkah hal tersebut membenarkan biaya yang sangat tinggi, atau apakah ada cara lain untuk mencapai tujuan Anda?”

Jerman adalah salah satu sekutu terdekat Israel di Eropa dan, mengingat kenangan Holocaust, Jerman sering kali berhati-hati saat mengkritik Israel.

Alon Pinkas, mantan konsul jenderal Israel di New York dan kritikus vokal Netanyahu, mengatakan bahwa komentar perdana menteri tersebut sesuai dengan upayanya untuk mencari orang lain yang dapat disalahkan jika Israel tidak mencapai tujuannya untuk menghancurkan Hamas.

“Dia sengaja mencari konflik dengan AS agar dia bisa menyalahkan Biden,” kata Pinkas.

Kedua belah pihak memiliki keuntungan politik dari perselisihan tersebut. Pemerintahan Biden berada di bawah tekanan yang semakin besar dari Partai Demokrat progresif dan beberapa pendukung Arab-Amerika untuk menahan perang Israel melawan Hamas. Sementara itu, Netanyahu ingin menunjukkan basis nasionalisnya bahwa ia mampu menahan tekanan global, bahkan dari sekutu terdekat Israel.

Namun tekanan juga datang dari dalam negeri, dengan ribuan orang kembali melakukan protes di Tel Aviv pada Sabtu malam melawan pemerintahan Netanyahu dan menyerukan pemilu baru dan kesepakatan untuk pembebasan sandera. Sebagian besar masyarakat Israel menginginkan kesepakatan, karena khawatir para sandera disandera dalam kondisi yang buruk dan waktu hampir habis untuk membawa mereka pulang hidup-hidup.

Serangan Israel telah menyebabkan sebagian besar dari 2,3 juta penduduk Gaza meninggalkan rumah mereka. Seperempat penduduk Gaza kelaparan, menurut PBB.

Pengiriman udara oleh AS dan negara-negara lain terus berlanjut, sementara pengiriman melalui rute laut baru telah dimulai, namun kelompok bantuan mengatakan lebih banyak rute darat dan lebih sedikit pembatasan yang dilakukan Israel diperlukan untuk memenuhi kebutuhan kemanusiaan. dengan cara apa pun yang signifikan.

“Tentu saja kita harus membawa bantuan kemanusiaan melalui jalan darat. Tentu saja saat ini kami sudah memiliki setidaknya dua, tiga titik masuk lainnya ke Gaza,” kata chef José Andrés dari World Central Kitchen, yang mengatur berton-ton makanan yang dikirim melalui laut, kepada NBC.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan setidaknya 31.645 warga Palestina tewas dalam perang tersebut. Kementerian tidak membedakan antara warga sipil dan kombatan dalam perhitungannya, namun mengatakan perempuan dan anak-anak merupakan dua pertiga dari korban tewas.

Israel mengatakan Hamas bertanggung jawab atas kematian warga sipil karena mereka beroperasi di daerah pemukiman padat.

Kementerian Kesehatan pada hari Minggu mengatakan bahwa jenazah 92 orang yang tewas dalam pemboman Israel telah dibawa ke rumah sakit di Gaza dalam 24 jam terakhir. Rumah sakit juga menerima 130 orang yang terluka, katanya.

Setidaknya 11 orang dari keluarga Thabet, termasuk lima anak-anak dan satu wanita, tewas dalam serangan udara di kota Deir Al-Balah di Gaza tengah, menurut Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina dan jurnalis Associated Press. Mayat bayi tergeletak di antara korban tewas. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved