Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Sekjen PBB mendesak Uni Eropa untuk menghindari 'standar ganda' atas Gaza dan Ukraina

 BRUSSELS: Para pemimpin Uni Eropa pada Kamis didesak untuk menunjukkan rasa hormat yang sama terhadap hukum internasional di Gaza seperti yang ingin mereka terapkan di Ukraina, ketika ratusan ribu warga Palestina menghadapi kekurangan pangan yang parah dan kemungkinan kelaparan.

Pada pertemuan puncak Uni Eropa di Brussels, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengimbau para pemimpin untuk tetap kuat dan bersatu dalam menghormati standar-standar yang tercantum dalam Piagam PBB dan hukum internasional.

“Prinsip dasar hukum humaniter internasional adalah perlindungan warga sipil. Kita harus berpegang pada prinsip-prinsip di Ukraina seperti di Gaza yang tidak memiliki standar ganda,” kata Guterres kepada wartawan, sambil berdiri di samping Presiden Dewan Uni Eropa Charles Michel, yang memimpin pertemuan puncak tersebut.

Sebuah badan pangan PBB telah memperingatkan bahwa “kelaparan akan segera terjadi” di Gaza utara. Sementara itu, Israel tampaknya bertekad untuk melancarkan serangan darat di kota Rafah di bagian selatan, tempat banyak orang mencari perlindungan dari pertempuran tersebut.

Ke-27 negara Uni Eropa telah lama terpecah dalam pendekatan mereka terhadap Israel dan Palestina, dan serangan Hamas yang menghancurkan Israel selatan pada tanggal 7 Oktober menunjukkan perbedaan-perbedaan tersebut. Namun ketika jumlah korban tewas di Gaza mencapai hampir 32.000 orang, semakin banyak negara yang mendukung seruan gencatan senjata.

Sebaliknya, hampir seluruh blok memandang perang dua tahun yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina sebagai ancaman nyata. Mereka telah menggelontorkan miliaran euro untuk mendukung negara tersebut, dengan menyediakan senjata dan amunisi serta membantu menopang perekonomian negara yang dilanda perang.

“Respon terhadap krisis yang mengerikan di Palestina bukanlah saat yang terbaik bagi Eropa, sejujurnya,” kata Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar, yang negaranya merupakan salah satu pendukung terkuat Palestina.

“Saya pikir hal ini telah melemahkan upaya kita untuk membela Ukraina karena begitu banyak negara di kawasan selatan – yang juga dikenal sebagai sebagian besar negara di dunia – menafsirkan tindakan Eropa sehubungan dengan Ukraina versus Palestina sebagai standar ganda. Saya pikir mereka ada benarnya,” katanya.

Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo menggambarkan peristiwa yang terjadi di Gaza sebagai sesuatu yang “dramatis.”

“Saat ini kita melihat orang-orang mencoba mencari makan dengan memakan rumput. Orang-orang yang berada di ambang kelaparan. Eropa perlu memimpin, bukan mengikuti, dan inilah saatnya bagi kita untuk bersikap jelas: menuntut gencatan senjata segera, menuntut pembebasan para sandera,” katanya kepada wartawan.

Dalam rancangan pernyataan yang disiapkan untuk pertemuan puncak tersebut, yang dilihat oleh The Associated Press, para pemimpin akan menyesali “hilangnya nyawa warga sipil yang belum pernah terjadi sebelumnya dan situasi kemanusiaan yang kritis. Dewan Eropa menyerukan jeda kemanusiaan segera yang mengarah pada gencatan senjata yang berkelanjutan.”

Perang Israel-Hamas telah menyebabkan 80 persen penduduk Gaza yang berjumlah 2,3 juta warga Palestina meninggalkan rumah mereka, dan para pejabat PBB mengatakan seperempat penduduknya kelaparan.

Militan Palestina membunuh sekitar 1.200 orang dalam serangan mendadak pada 7 Oktober di Gaza yang memicu perang, dan menculik 250 orang lainnya. Hamas diyakini masih menyandera sekitar 100 orang, serta 30 lainnya.

Kekhawatiran meningkat mengenai serangan darat Israel yang akan segera terjadi terhadap Hamas di Rafah, kota paling selatan Gaza dekat perbatasan dengan Mesir. Rencana ini telah menimbulkan kekhawatiran global karena potensi kerugian bagi ratusan ribu warga sipil yang berlindung di sana.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa Israel tidak dapat mencapai tujuannya yaitu “kemenangan total” melawan Hamas tanpa pergi ke Rafah.

Para pemimpin Uni Eropa juga akan mendesak “pemerintah Israel untuk menahan diri dari operasi darat di Rafah,” dan mengatakan bahwa “operasi seperti itu akan mempunyai konsekuensi kemanusiaan yang sangat buruk dan harus dihindari.” Pernyataan tersebut merupakan rancangan yang dapat berubah pada saat KTT berakhir.

Kanselir Jerman Olaf Scholz, sekutu setia Israel yang mengunjungi negara itu pada hari Minggu, mengatakan bahwa “kami tidak bermaksud melakukan serangan besar-besaran di Rafah. Saya sendiri menekankan hal itu di Israel, dan kami berharap gencatan senjata jangka panjang kini bisa terwujud, yang juga terkait dengan pembebasan semua sandera… dan penyerahan korban tewas.”

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan bahwa “apa yang terjadi saat ini di Gaza adalah kegagalan umat manusia. Ini bukan krisis kemanusiaan. Ini adalah kegagalan umat manusia.” Penyebabnya, katanya kepada wartawan, “bukan gempa bumi, bukan banjir. Itu adalah pengeboman.” [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved