Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

[BREAKING NEWS] Mesir Menjadi Tuan Rumah Pertemuan Para Ppejabat Arab dengan Blinken Mengakhiri Perang Gaza

 KAIRO: Para menteri dari lima negara Arab pada Kamis bertemu di Kairo dengan seorang pejabat Palestina untuk membahas perang Gaza, kata Kementerian Luar Negeri Mesir, menjelang pembicaraan dengan diplomat tinggi AS.

Dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Mesir, para menteri menyerukan “gencatan senjata yang komprehensif dan segera” dan “pembukaan semua penyeberangan antara Israel dan Jalur Gaza,” di mana bantuan hanya mengalir masuk dan PBB telah berulang kali memperingatkan hal tersebut. kelaparan yang akan segera terjadi.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh para menteri luar negeri Mesir, Arab Saudi, Qatar, dan Yordania, serta menteri kerja sama internasional Emirat dan menteri urusan sipil Otoritas Palestina, kata kementerian tersebut.

Para pejabat Arab juga menegaskan kembali “penolakan mereka terhadap segala upaya untuk mengusir warga Palestina dari tanah mereka,” karena ancaman invasi darat Israel ke kota Rafah di bagian paling selatan Gaza telah menimbulkan kekhawatiran bagi 1,5 juta warga Palestina yang sebagian besar merupakan pengungsi yang berlindung di kota tersebut, yang ditulis oleh perbatasan Mesir.

Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan tiba di ibu kota Mesir pada Kamis sore untuk berpartisipasi dalam serangkaian pertemuan konsultatif tingkat menteri mengenai perkembangan situasi di wilayah Palestina, Saudi Press Agency melaporkan. 

Kamis malam, para menteri akan mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken yang mengunjungi Mesir sebagai bagian dari tur keenamnya di kawasan tersebut sejak perang Israel-Hamas dimulai pada 7 Oktober.

Blinken juga mengadakan pertemuan terpisah dengan Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi dan Menteri Luar Negeri Sameh Shoukry akan membahas “upaya berkelanjutan untuk melindungi warga sipil Palestina dan pekerja kemanusiaan di Gaza” dan “mengamankan gencatan senjata segera yang mencakup pembebasan sandera,” menurut departemen luar negeri.

Mesir adalah pintu masuk utama pengiriman bantuan ke Gaza dan mediator utama dalam pembicaraan yang sedang berlangsung di Qatar untuk mengamankan gencatan senjata selama enam minggu dalam perang yang akan memungkinkan sandera ditukar dengan tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel dan meningkatkan pengiriman bantuan ke Gaza.

Perang Gaza yang paling berdarah terjadi pada 7 Oktober setelah Hamas melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel, yang mengakibatkan sekitar 1.160 kematian, menurut hitungan resmi AFP.

Militan juga menyandera sekitar 250 sandera, yang diyakini Israel 130 orang masih berada di Gaza, termasuk 33 orang yang diperkirakan tewas.

Israel telah melancarkan serangan tanpa henti terhadap Hamas yang telah menewaskan hampir 32.000 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas.

Badan-badan PBB telah memperingatkan bahwa 2,4 juta penduduk Gaza berada di ambang kelaparan, dan kepala hak asasi manusia PBB Volker Turk mengatakan Israel mungkin menggunakan “kelaparan sebagai metode perang.”

Selama kunjungannya pada hari Rabu ke Arab Saudi, Blinken meluncurkan rancangan resolusi AS untuk gencatan senjata segera di Gaza.

Amerika Serikat, pendukung utama Israel, sebelumnya telah menggunakan hak vetonya di Dewan Keamanan PBB untuk menghalangi badan dunia tersebut menyerukan gencatan senjata “segera” di wilayah Palestina. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved