Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Perang Israel di Gaza: Daftar Peristiwa Penting, hari ke-169

Perjuangan dan krisis kemanusiaan

  • Serangan udara Israel terus menggempur Rumah Sakit al-Shifa yang terkepung di Kota Gaza, menurut kantor Berita Wafa. Pasukan Israel juga bentrok dengan pejuang Palestina di sekitar kompleks rumah sakit.
  • Setidaknya tiga pasien meninggal di rumah sakit karena kurangnya pasokan medis, kata sumber di rumah sakit tersebut kepada Wafa, ketika Israel telah memblokir aliran masuk pasokan selama lima hari.
  • Al-Shifa pertama kali digerebek pada November lalu di tengah kritik keras dari masyarakat internasional. Pasukan Israel mengatakan mereka telah menemukan terowongan, yang mereka klaim telah digunakan sebagai pusat komando dan kendali oleh Hamas. Hamas dan staf medis menyangkal bahwa rumah sakit tersebut digunakan untuk tujuan militer atau untuk melindungi para pejuang.
  • Jenazah lima warga Palestina, termasuk empat anak-anak, ditemukan dari reruntuhan rumah dua lantai yang terletak di antara kota Rafah dan Khan Younis. Rumah itu dibom pada Jumat pagi.
  • Setidaknya 10 orang tewas ketika penembakan menghantam rumah keluarga di barat laut Kota Gaza. Tiga orang juga tewas dalam serangan rudal yang menargetkan lingkungan az-Zanna di Khan Younis.
  • Serangan terus berlanjut di Rafah di Gaza selatan, tempat perlindungan terakhir bagi 1,5 juta pengungsi di wilayah tersebut. Serangan udara terhadap rumah-rumah penduduk di lingkungan Nassr di utara kota menewaskan sedikitnya delapan orang pada Jumat pagi.
  • Setidaknya 82 orang tewas di Jalur Gaza dalam satu hari terakhir, dan 110 orang luka-luka. Kementerian Kesehatan Gaza menyebutkan jumlah korban tewas mencapai 32.070 orang, dengan 74.298 orang terluka sejak 7 Oktober, menurut Wafa.

Diplomasi dan ketegangan regional

  • Pemungutan suara Dewan Keamanan PBB mengenai resolusi baru yang menuntut Israel menghentikan serangan mematikannya di Gaza, telah ditunda hingga Senin.
  • Rusia dan Tiongkok memveto dokumen sebelumnya yang dirancang oleh AS yang menyerukan jeda enam minggu dalam pertempuran yang berpotensi diperpanjang, namun tidak secara eksplisit menuntut gencatan senjata. Rancangan baru tersebut akan menyerukan gencatan senjata segera selama bulan suci Ramadhan.
  • Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres akan mengunjungi Rafah pada hari Sabtu untuk menegaskan kembali seruannya untuk gencatan senjata kemanusiaan yang mendesak dalam perang tersebut.
  • Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken meninggalkan Timur Tengah tanpa memberikan janji untuk menghentikan operasi di Rafah karena Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak permohonan Washington untuk menunda rencana invasi darat.
  • Anggota Kongres Alexandria Ocasio-Cortez telah meminta Amerika Serikat untuk menunda pengiriman senjata ke Israel. Dalam pidatonya di Dewan Perwakilan Rakyat, Partai Demokrat yang progresif mengutuk serangan Israel dan penolakannya untuk mengizinkan lebih banyak bantuan masuk ke Gaza. Dia menyebut situasi di Gaza sebagai “genosida yang sedang berlangsung”.
  • Militer AS mengatakan pihaknya menargetkan fasilitas penyimpanan milik pemberontak Houthi di Yaman. Kelompok Houthi mengatakan serangan tersebut terjadi di ibu kota Yaman, Sanaa, namun pemboman tersebut tidak akan menghentikan serangan mereka terhadap kapal AS dan Israel di Laut Merah. Kelompok Houthi mengatakan mereka menargetkan kapal-kapal ini sebagai pembalasan terhadap perang Israel di Gaza.
  • Seorang anggota parlemen oposisi di Inggris mendesak Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron untuk mempublikasikan nasihat hukum apa pun yang ia terima mengenai kepatuhan Israel terhadap hukum kemanusiaan internasional di Gaza. Cameron wajib memberi nasihat kepada departemen bisnis dan perdagangan negara tersebut yang harus menghentikan perdagangan dengan Israel jika terbukti melanggar hukum kemanusiaan internasional.

Kekerasan, perampasan tanah di Tepi Barat yang diduduki

  • Israel telah mengambil alih 800 hektar (1977 hektar) wilayah Tepi Barat yang diduduki sebagai “tanah negara”, kata Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich pada hari Jumat, yang membuka jalan bagi pembangunan pemukiman yang didukung pemerintah di sana. Semua pemukiman di Tepi Barat, dan pengambilalihan lahan seperti yang diumumkan oleh Smotrich, adalah ilegal menurut hukum internasional.
  • Ameed al-Jaghoub, seorang pemuda Palestina tak bersenjata yang ditembak di bagian belakang kepalanya oleh pasukan Israel Agustus lalu, meninggal karena luka-lukanya. Kematiannya telah memicu kemarahan luas di Tepi Barat.
  • Pasukan Israel sedang melakukan survei teknik sebagai persiapan penghancuran rumah milik seorang pria Palestina – Mujahid Barakat Mansour, yang dituduh menembaki sebuah bus yang membawa pemukim Israel.
  • Menghancurkan rumah warga Palestina yang “dicurigai melakukan serangan” terhadap warga Israel adalah praktik yang sudah lama dilakukan Israel. Ribuan warga Palestina kehilangan rumah mereka akibat penghancuran yang menurut kelompok hak asasi manusia merupakan kebijakan “hukuman kolektif” Israel yang mungkin merupakan kejahatan perang.
[AL-AJ]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved