Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

PBB Menyerukan Penghentian Segera Serangan Houthi Terhadap Kapal-kapal Laut Merah

KOTA NEW YORK: Dewan Keamanan PBB pada hari Senin mengutuk “dengan kerasnya” serangan Houthi terhadap lalu lintas maritim internasional di Laut Merah dan menuntut agar semua serangan semacam itu “segera dihentikan.”

Kelompok Houthi yang didukung Iran telah menargetkan kapal-kapal di Laut Merah dan Teluk Aden sejak November dan mengatakan serangan mereka akan terus berlanjut sampai Israel mengakhiri perangnya di Gaza.

Serangan yang disorot oleh dewan tersebut termasuk serangan yang terjadi pada tanggal 6 Maret terhadap kapal dagang True Confidence berbendera Barbados di Teluk Aden, yang menyebabkan dua warga negara Filipina dan seorang warga negara Vietnam tewas dan beberapa awak kapal terluka. Ini adalah serangan fatal pertama terhadap pelayaran yang dilakukan Houthi.

Serangan lainnya adalah serangan rudal anti-balistik pada 18 Februari yang menargetkan kapal kargo Rubymar milik Inggris berbendera Belize dan menyebabkannya tenggelam. Kapal tersebut membawa 21.000 ton pupuk, menimbulkan kekhawatiran akan kerusakan lingkungan di Laut Merah, termasuk terumbu karang dan kehidupan lautnya.

Anggota Dewan menegaskan kembali pentingnya “implementasi penuh Resolusi 2216” dan resolusi-resolusi berikutnya yang menyerukan diakhirinya kekerasan di Yaman dan semua tindakan sepihak yang mengancam proses politik di negara tersebut.

Mereka menekankan perlunya “kerja sama praktis, termasuk dengan pemerintah Yaman, untuk mencegah Houthi memperoleh senjata dan perlengkapan terkait yang diperlukan untuk melakukan serangan lebih lanjut,” dan menegaskan kembali bahwa semua negara anggota harus mematuhi “kewajiban mereka sehubungan dengan hal tersebut.” embargo senjata yang ditargetkan.”

Dewan juga menuntut pembebasan segera kapal kargo Galaxy Leader yang dioperasikan Jepang dan 25 awaknya, yang telah ditahan secara tidak sah oleh Houthi selama lebih dari 100 hari.

Para anggota menekankan pentingnya rute maritim Laut Merah bagi operasi kemanusiaan di Yaman dan sekitarnya, serta bagi industri perikanan lokal dan masyarakat Yaman yang mata pencahariannya didukung oleh jalur tersebut. Mereka menegaskan kembali bahwa “pelaksanaan hak dan kebebasan navigasi oleh kapal dagang dan kapal komersial dari semua negara yang transit di Laut Merah dan Baab Al-Mandab, sesuai dengan hukum internasional, harus dihormati.”

Mengingat hal tersebut, anggota dewan memperingatkan dampak buruk dari “keputusan Houthi tanggal 4 Maret yang mengharuskan kapal memperoleh izin dari 'Otoritas Urusan Maritim' mereka sebelum memasuki perairan Yaman, terhadap kebebasan navigasi komersial dan operasi kemanusiaan, termasuk ke dalam perairan Yaman. Yaman."

Pekan lalu, para pejabat PBB menyatakan kekhawatirannya bahwa pihak-pihak yang terlibat dalam konflik di Yaman mungkin terlibat dalam “petualangan militer yang berisiko” yang dapat mendorong negara tersebut ke dalam siklus perang baru.

“Meskipun kami telah mencoba untuk melindungi proses perdamaian dari perkembangan regional sejak perang di Gaza, kenyataannya adalah apa yang terjadi secara regional berdampak pada Yaman, dan apa yang terjadi di Yaman dapat berdampak pada kawasan,” Hans Grundberg, utusan khusus PBB untuk PBB Yaman mengatakan dalam pertemuan Dewan Keamanan untuk membahas perkembangan terkini di negara itu dan Laut Merah. “Perkembangan yang terjadi saat ini menimbulkan kekhawatiran yang serius.”

Anggota Dewan menekankan pentingnya upaya untuk meningkatkan kerja sama regional dan internasional untuk melawan ancaman terhadap perdamaian dan keamanan di kawasan, dan menyerukan pengurangan permusuhan di Laut Merah untuk membantu menjaga proses perdamaian di Yaman.

Mereka memuji pemerintah Yaman yang diakui secara internasional atas upayanya “untuk melestarikan lingkungan maritim,” dan meminta semua negara anggota PBB, organisasi dan lembaga untuk mendukung upaya tersebut.

Dewan juga menekankan perlunya “mencegah meluasnya konflik regional, dan dampaknya terhadap keamanan dan stabilitas kawasan dan sekitarnya,” dan menegaskan kembali “perlunya mengatasi akar permasalahan yang berkontribusi terhadap ketegangan dan gangguan regional. keamanan maritim untuk memastikan respons yang cepat, efisien dan efektif.” [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved