Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Para pemimpin dunia mengutuk serangan gedung konser Rusia

 PARIS: Para pemimpin dunia mengecam serangan mematikan oleh orang-orang bersenjata di gedung konser Moskow yang menewaskan lebih dari 130 orang dan melukai puluhan lainnya.

Empat pria bersenjata menyerbu lokasi Crocus City sebelum dimulainya konser rock pada hari Jumat, menembaki penonton dan membakar gedung, dalam serangan yang diklaim oleh Daesh.

Berikut adalah reaksi dari pemerintah dan pemimpin di seluruh dunia.

Presiden Vladimir Putin bersumpah akan membalas serangan pada hari Sabtu, dengan mengatakan “tindakan teroris yang biadab” adalah “kekejaman, serangan terhadap Rusia dan rakyat kami.”

Dalam pidatonya yang disiarkan televisi, ia mengatakan keempat pelaku telah “ditemukan dan ditahan” setelah “melakukan perjalanan menuju Ukraina.”

Kyiv, yang menghadapi serangan militer Rusia selama dua tahun terakhir, “tidak ada hubungannya” dengan serangan itu, kata asisten presiden Mykhailo Podolyak melalui Telegram.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pada hari Sabtu bahwa Putin “hanya mencoba menyalahkan orang lain,” sebagai tanggapan atas klaim bahwa para penyerang sedang menuju ke Ukraina.

Direktorat intelijen utama Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan serangan itu adalah “provokasi yang disengaja oleh dinas khusus Rusia” untuk “meningkatkan” perang dengan Ukraina.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada hari Jumat mengutuk serangan itu “sekeras-kerasnya,” kata juru bicara PBB Farhan Haq.

Guterres “menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada keluarga yang berduka,” tambahnya.

Dewan Keamanan PBB juga menyampaikan belasungkawa dan mendesak semua negara “untuk bekerja sama secara aktif” untuk meminta pertanggungjawaban para pelaku dan pendukung “tindakan terorisme tercela ini.”

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyebut serangan itu sebagai “kejahatan keji” dan mengatakan Washington mengutuk “terorisme dalam segala bentuknya.”

Amerika Serikat berdiri “dalam solidaritas dengan rakyat Rusia yang berduka atas hilangnya nyawa akibat peristiwa mengerikan ini,” kata Blinken dalam sebuah pernyataan.

Gedung Putih menyebut Daesh sebagai “musuh teroris bersama yang harus dikalahkan di mana pun.”

Washington memperingatkan Moskow bulan ini tentang “serangan teroris yang direncanakan” yang mungkin menargetkan “pertemuan besar” di ibu kota, kata Gedung Putih.

Presiden Xi Jinping “mengutuk keras” serangan itu dan menyampaikan belasungkawa kepada Putin, media pemerintah melaporkan.

Xi “menekankan bahwa Tiongkok menentang segala bentuk terorisme, mengutuk keras serangan teroris dan dengan tegas mendukung upaya pemerintah Rusia untuk menjaga keamanan dan stabilitas nasional,” kata kantor berita Xinhua.

Uni Eropa mengatakan pihaknya “terkejut dan terkejut” dengan serangan tersebut.

“Uni Eropa mengutuk segala serangan terhadap warga sipil. Duka kami tertuju pada semua warga Rusia yang terkena dampaknya,” kata seorang juru bicara.

Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron mengatakan Inggris mengutuk keras serangan teroris yang mematikan itu.

“Kami menyampaikan belasungkawa yang tulus dan menyampaikan simpati kami yang terdalam kepada keluarga banyak korban,” tambahnya.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan dia “mengutuk keras serangan teroris” yang diklaim oleh Daesh, menurut Istana Elysee.

“Prancis mengungkapkan solidaritasnya terhadap para korban, orang-orang yang mereka cintai, dan seluruh rakyat Rusia,” kata istana.

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengutuk “serangan teroris yang mengerikan terhadap penonton yang tidak bersalah” dalam sebuah postingan di X, dan menambahkan “pikiran kami bersama keluarga para korban dan semua yang terluka.”

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni menyebut serangan itu sebagai “tindakan terorisme yang menjijikkan.”

“Kengerian pembantaian warga sipil tak berdosa di Moskow tidak dapat diterima,” kata Meloni, mengungkapkan “solidaritas penuhnya terhadap orang-orang yang terkena dampak dan keluarga para korban.”

Spanyol mengatakan pihaknya “terkejut” dengan serangan itu, dan menyatakan “mengecam segala bentuk kekerasan.”

“Solidaritas kami terhadap para korban, keluarga mereka, dan rakyat Rusia,” tulis Kementerian Luar Negeri Spanyol di X.

Kementerian Luar Negeri Swedia mengatakan pada X bahwa mereka “terkejut dengan serangan itu” dan mengutuk “setiap serangan terhadap warga sipil.”

“Sedih dengan kejadian tragis malam ini di Moskow. Hati kami tertuju kepada keluarga para korban dan semua yang terkena dampak,” Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz menulis di X.

Kepresidenan Otoritas Palestina mengutuk serangan itu dan “menegaskan solidaritas dan dukungannya terhadap kepemimpinan Rusia,” kata kantor berita resmi Wafa.

Dalam suratnya kepada Putin, Presiden Suriah Bashar Assad mengatakan serangan itu terkait dengan “kekalahan menyakitkan neo-Nazisme” dalam “operasi militer khusus” Moskow di Ukraina.

“Kami mengutuk tindakan brutal ini dan semua pertumpahan darah yang dilakukan oleh teroris di seluruh dunia.”

Presiden Iran Ebrahim Raisi, dalam pesannya kepada Putin, menyampaikan belasungkawa, menurut situs kepresidenan.

Raisi juga menyerukan tindakan komunitas internasional untuk menghukum para komplotan dan pelaku.

Kementerian luar negeri Turki mengutuk “serangan teroris keji terhadap warga sipil tak berdosa” dan menyampaikan belasungkawa kepada rakyat dan pemerintah Rusia.

Moussa Faki Mahamat, ketua Komisi Uni Afrika, mengatakan di X bahwa dia “terkejut mengetahui serangan teror yang mengerikan di Moskow.”

Dia menyatakan solidaritasnya dengan rakyat dan pemerintah Rusia “setelah serangan keji ini.”

“Kami menyatakan dukungan kami kepada Presiden Vladimir Putin dan bersuara untuk menolak tindakan kekerasan apa pun,” kata Presiden Venezuela Nicolas Maduro pada X.

“India berdiri dalam solidaritas dengan pemerintah dan rakyat Federasi Rusia di saat-saat duka ini,” kata Perdana Menteri Narendra Modi pada X.

Gerakan Hizbullah Lebanon yang didukung Iran mengatakan pihaknya “mengutuk keras serangan teroris berdarah tersebut,” dan menyampaikan “belasungkawa sedalam-dalamnya kepada kepemimpinan Rusia” dan rakyatnya. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved