Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Muslim Filipina menyerukan perdamaian di Palestina saat Ramadhan dimulai

 MANILA: Muslim Filipina menyerukan perdamaian global pada hari Senin untuk menandai awal bulan suci Ramadhan, ketika mereka menyoroti serangan Israel di Gaza. 

Muslim berjumlah sekitar 10 persen dari hampir 120 juta penduduk Filipina yang mayoritas beragama Katolik, menurut data dari Komisi Nasional Muslim Filipina. 

Dengan penampakan bulan sabit baru di Arab Saudi pada Minggu malam, Kerajaan tersebut menandai hari pertama Ramadhan pada hari Senin, bersama dengan beberapa negara Teluk, seperti Qatar dan UEA. Namun bulan suci akan dimulai pada hari Selasa di negara-negara seperti Filipina, Indonesia, Malaysia dan Oman, di mana para pejabatnya tidak dapat melihat bulan sabit.

Ketika umat Islam di seluruh dunia menyambut Ramadhan, warga Palestina memulai bulan puasa dengan setidaknya 1,7 juta orang mengungsi dan lebih dari 31.000 orang terbunuh sejak Israel memulai serangan tanpa henti di Jalur Gaza pada bulan Oktober. 

“Saya menyerukan ketenangan dan persatuan (di Filipina)… Saya juga ingin memanfaatkan rahmat bulan Ramadhan yang penuh berkah ini untuk menyerukan perdamaian global, terutama dengan situasi saat ini di Palestina,” kata juru bicara NCMF, Yusoph Mando. Berita Arab. 

“Muslim dan non-Muslim harus bersatu untuk berbagi cinta, kasih sayang dan kasih sayang terutama di bulan penuh rahmat ini, Ramadhan,” kata Mando. “Harapan saya untuk Palestina (di) bulan suci ini adalah perdamaian dan keamanan serta kehidupan normal seperti kita semua.” 

Hampir 2 miliar penduduk dunia yang beragama Islam akan berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam setiap hari selama bulan suci Ramadhan, waktu suci yang menandai periode refleksi keagamaan, kumpul-kumpul keluarga, dan memberi di seluruh dunia Muslim. 

Namun tahun ini, Ramadhan terjadi ketika sekitar 300.000 warga Palestina hidup dengan sedikit makanan atau air bersih, sementara anak-anak sekarat karena kelaparan di Gaza utara, menurut Organisasi Kesehatan Dunia. 

“Kami menyerukan perdamaian di Palestina, terutama selama bulan Ramadhan ini,” Murad Ebrahim, kepala menteri Daerah Otonomi Bangsamoro di Muslim Mindanao, mengatakan kepada Arab News. 

“Kami selalu berdoa kepada Allah agar saudara-saudara kami di Palestina, khususnya bulan Ramadhan ini, mendapatkan kedamaian dan ketenangan di tanah air mereka, agar semua aksi bom dihentikan.”

Samira Gutoc, seorang aktivis perdamaian dari Kota Marawi, mengatakan “tidak akan pernah ada pembenaran” bagi anak-anak dan perempuan untuk menjadi “anak domba kurban” atas serangan tanpa henti Israel di Jalur Gaza, yang juga menargetkan fasilitas kesejahteraan masyarakat, termasuk rumah sakit dan tempat penampungan. . 

“Palestina adalah perjuangan bersama bersama kami, bangsa Bangsamoro; ada begitu banyak kekerabatan dalam hal sejarah, hak untuk menentukan nasib sendiri, perjuangan – antara orang Palestina dan Moro di selatan,” kata Gutoc kepada Arab News. 

Bangsamoro adalah satu-satunya wilayah mayoritas Muslim di Filipina yang meliputi Mindanao tengah. Hingga tahun 2014, wilayah ini merupakan pusat perjuangan separatis selama empat dekade, dan BARMM dibentuk pada tahun 2019 sebagai bagian dari transisi menuju otonomi. 

“Jadi ya, kami menyerukan gencatan senjata di Gaza… Kami perlu menunjukkan kepada Filipina bahwa kami tidak tidur atau menutup mata… Jadi mengapa Filipina tidak menunjukkan niat baik yang sama, menunjukkan solidaritas yang sama, terlebih lagi selama Ramadhan, setidaknya dari kami umat Islam di selatan.” 

Drieza Liningding, aktivis perdamaian dari Mindanao, juga mendoakan kemerdekaan Palestina pada Ramadhan ini. 

“Saya memiliki harapan yang sama untuk perdamaian global, khususnya di Gaza, di bulan paling suci bagi kami umat Islam ini,” kata Liningding kepada Arab News. “Dengan apa yang terjadi sekarang, orang-orang kelaparan, (tidak punya) tempat berlindung dan (menderita) penyakit. Saya merasa kasihan pada mereka. Bagi saya, Ramadhan belum lengkap karena situasi di Gaza.” 

Dia menyerukan kepada masyarakat Filipina untuk terus mendidik dan mengorganisir protes untuk meningkatkan kesadaran mengenai Palestina. 

“Kami dapat terus mendorong dan menekan pemerintah kami untuk mendukung (a) gencatan senjata dan masuknya bantuan tanpa hambatan ke Gaza.”  [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved