Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

komisi penyelidikan PBB: Suriah juga sangat membutuhkan gencatan senjata

NEW YORK CITY: Dalam enam bulan terakhir, Suriah mengalami gelombang kekerasan terburuk sejak tahun 2020, kata Komisi Penyelidikan Internasional Independen PBB untuk Republik Arab Suriah pada Senin.

Selama kurun waktu tersebut, tambahnya, berbagai kekuatan telah menargetkan warga sipil dan infrastruktur penting di beberapa medan perang, melakukan tindakan yang dapat dianggap sebagai kejahatan perang.

“Sejak Oktober, Suriah mengalami peningkatan pertempuran terbesar dalam empat tahun terakhir,” kata ketua komisi tersebut, Paulo Pinheiro, seraya menyerukan upaya internasional yang lebih intensif untuk menghentikan pertempuran. “Suriah juga sangat membutuhkan gencatan senjata.”

Warga Suriah tidak dapat menahan eskalasi pertempuran lebih lanjut karena mereka terus terhuyung-huyung akibat dampak darurat kemanusiaan yang membuat mereka semakin putus asa, tambahnya.

Laporan terbaru komisi tersebut, yang diterbitkan pada hari Senin, mengatakan bahwa lebih dari 90 persen warga Suriah kini hidup dalam kemiskinan, dan lebih dari 16,7 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan untuk bertahan hidup, jumlah terbesar sejak konflik di negara tersebut dimulai. Sementara itu, tambahnya, perekonomian terus terjun bebas di tengah pengetatan sanksi internasional, dan meningkatnya tingkat pelanggaran hukum mendorong angkatan bersenjata dan milisi untuk terlibat dalam perilaku predator dan pemerasan.

Peningkatan kekerasan dimulai pada 5 Oktober, ketika beberapa ledakan mengguncang upacara wisuda di sebuah akademi militer di kota Homs yang dikuasai pemerintah, menewaskan sedikitnya 63 orang, termasuk 37 warga sipil, dan melukai puluhan lainnya.

Pemerintah Suriah dan pasukan Rusia merespons dengan pemboman yang menargetkan setidaknya 2.300 lokasi di wilayah yang dikuasai oposisi hanya dalam waktu tiga minggu, menewaskan atau melukai ratusan warga sipil. Sasaran serangan “tanpa pandang bulu” ini, yang menurut komisi mungkin merupakan kejahatan perang, mencakup rumah sakit, sekolah, pasar, dan kamp pengungsi internal. Serangan terus berlanjut.

“Pasukan pemerintah Suriah kembali menggunakan munisi tandan di daerah padat penduduk, melanjutkan pola yang menghancurkan dan melanggar hukum yang telah kita dokumentasikan di masa lalu,” kata Komisaris Hanny Megally.

Serangan-serangan tersebut telah memaksa lebih dari 120.000 orang mengungsi, tambahnya, banyak dari mereka telah beberapa kali mengungsi, termasuk akibat gempa bumi kembar yang menghancurkan pada bulan Februari tahun lalu.

“Tidak mengherankan jika jumlah warga Suriah yang mencari suaka di Eropa pada Oktober lalu mencapai tingkat tertinggi dalam tujuh tahun,” kata Megally.

“Suriah masih menjadi negara dengan krisis pengungsian terbesar di dunia, dengan lebih dari 13 juta warga Suriah tidak dapat kembali ke rumah mereka.”

Sejak dimulainya perang di Gaza pada bulan Oktober tahun lalu, laporan tersebut mengatakan, ketegangan telah meningkat di antara enam pasukan asing yang terlibat di Suriah, khususnya antara Israel, Iran dan Amerika Serikat, sehingga memicu kekhawatiran akan konflik regional yang lebih luas.

Israel telah melancarkan lebih dari 30 serangan terhadap pasukan dan lokasi yang berafiliasi dengan Iran di Suriah, dan menargetkan bandara Aleppo dan Damaskus, yang memaksa penghentian sementara operasi udara kemanusiaan PBB yang penting.

Sementara itu, milisi pro-Iran telah menyerang pangkalan AS di timur laut Suriah lebih dari 100 kali, kata laporan itu, yang memicu serangan udara balasan oleh pasukan Amerika.

Selain itu, tentara Turki telah mengintensifkan serangannya terhadap Pasukan Demokratik Suriah yang dipimpin Kurdi sebagai pembalasan atas serangan di Ankara pada bulan Oktober dimana Partai Pekerja Kurdistan, juga dikenal sebagai PKK, mengaku bertanggung jawab.

Beberapa warga sipil tewas dalam serangan udara Turki terhadap pembangkit listrik yang menyebabkan hampir 1 juta orang tanpa air atau listrik selama berminggu-minggu, yang dikecam sebagai pelanggaran hukum kemanusiaan internasional.

“Serangan semacam itu mungkin merupakan kejahatan perang,” kata komisi tersebut dalam laporannya.

Rusaknya aliansi militer dan bentrokan sengit antara Pasukan Demokratik Suriah dan koalisi pejuang suku di Dayr Al-Zawr juga telah menyebabkan berbagai insiden kekerasan yang menimbulkan korban sipil. Konflik yang sedang berlangsung ini berasal dari keluhan yang sudah berlangsung lama, dimana pemerintahan pimpinan Kurdi yang kekurangan uang dan mengendalikan wilayah tersebut dituduh gagal memberikan layanan penting dan menjamin hak-hak dasar secara memadai.

Di Suriah Tengah, serangan intensif yang dilakukan oleh Daesh menargetkan lokasi militer dan warga sipil di daerah perkotaan dengan “serangan yang kemungkinan besar merupakan kejahatan perang,” kata komisi tersebut.

Konfrontasi antara pasukan Yordania dan penyelundup narkoba juga meningkat di sepanjang perbatasan antara Suriah dan Yordania, dengan korban di antara warga sipil yang terjebak dalam baku tembak.

Laporan komisi tersebut juga mengatakan pemerintah Suriah terus menghilangkan, menyiksa dan menganiaya para tahanan. Laporan ini mendokumentasikan contoh-contoh kematian lainnya dalam tahanan, termasuk di Penjara Sednaya yang terkenal kejam.

“Empat bulan setelah Mahkamah Internasional memerintahkan pemerintah untuk mencegah penyiksaan dan penghancuran barang bukti, pihak berwenang Suriah masih dengan sengaja menghalangi dan mengambil keuntungan dari upaya keluarga untuk memastikan keberadaan dan nasib orang-orang tercinta mereka yang ditahan, dengan melakukan pemerasan,” para komisaris dikatakan.

Di Idlib, mereka menambahkan, militan Hayat Tahrir El-Sham terus melakukan tindakan penyiksaan, kekerasan dan penahanan yang melanggar hukum, dengan laporan eksekusi berdasarkan persidangan singkat yang dakwaannya mencakup sihir, perzinahan dan pembunuhan.

Komisaris Lynn Welchman mengatakan: “Dan dunia mungkin ingin melupakannya, lima tahun setelah jatuhnya Baghuz ketika (Daesh) kehilangan kendali teritorialnya di Suriah, hampir 30.000 anak masih ditahan di kamp-kamp interniran, penjara atau pusat rehabilitasi di Suriah. timur laut Suriah.

“Anak-anak ini telah menjadi korban selama pemerintahan (Daesh), dan mereka terus menerus mengalami pelanggaran dan pelanggaran hak asasi manusia selama bertahun-tahun.”

Komisi tersebut menyimpulkan bahwa kondisi kehidupan di kamp Al-Hawl dan Al-Rawj merupakan “perlakuan kejam dan tidak manusiawi serta penghinaan terhadap martabat pribadi.”

Welchman berkata: “Tidak ada anak yang boleh dihukum karena tindakan atau keyakinan orang tuanya. Kami mendesak semua negara untuk segera mengizinkan semua anak, termasuk anak-anak Suriah, untuk pulang dari kamp dan mengambil langkah-langkah untuk memastikan reintegrasi mereka ke dalam masyarakat, dan pertanggungjawaban atas kejahatan yang mereka derita.

“Anak-anak ini baru berusia 12 tahun atau lebih muda pada saat kekuasaan (Daesh) – kejahatan apa yang mungkin menjadi alasan untuk terus menahan mereka? Akhiri kelembaman ini, sekarang.”

Stephane Dujarric, juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, mengatakan kepada Arab News: “Saya pikir (laporan) ini menunjukkan betapa pentingnya alat ini bagi komunitas internasional, komisi-komisi ini.

“Dari pihak kami, saya pikir Sekretariat telah membicarakan, dan mengutuk secara terbuka sejak awal konflik ini, semua serangan terhadap warga sipil di Suriah.”

Komisi ini akan menyampaikan laporan mandat terbarunya kepada Dewan Hak Asasi Manusia PBB pada tanggal 18 Maret.

Komisi Penyelidikan Internasional Independen mengenai Republik Arab Suriah didirikan pada tanggal 22 Agustus 2011, oleh Dewan Hak Asasi Manusia PBB. Mandatnya adalah untuk menyelidiki semua dugaan pelanggaran hukum hak asasi manusia internasional di negara tersebut sejak Maret 2011. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved