Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Jurnalis Gaza Dipukuli Dan Ditangkap Oleh Pasukan Israel

 GAZA: Stasiun penyiaran Al Jazeera yang berbasis di Qatar mengatakan pasukan Israel telah memukuli dan menangkap korespondennya Ismail Alghoul dalam penggerebekan hari Senin di rumah sakit terbesar di Gaza, dan mendesak pembebasannya.

Tentara Israel mengatakan sedang memerangi militan Hamas di rumah sakit Al-Shifa. Para saksi melaporkan serangan udara dan tank di dekat fasilitas yang dipenuhi pasien dan pengungsi.

“Jaringan Media Al Jazeera menuntut pembebasan segera korespondennya dan jurnalis lain yang ditahan bersamanya, dan meminta pasukan pendudukan bertanggung jawab penuh atas keselamatan mereka,” kata saluran tersebut dalam sebuah pernyataan kepada AFP.

“Ismail Alghoul ditangkap pagi ini di dalam Rumah Sakit Al-Shifa bersama sejumlah jurnalis saat meliput serangan pasukan pendudukan Israel terhadap rumah sakit tersebut. Menurut saksi mata, Ismail dipukuli habis-habisan dan dibawa ke lokasi yang tidak diketahui,” tambahnya.

Jaringan tersebut mengatakan sebuah kendaraan penyiaran dengan kamera dan peralatan lainnya dihancurkan setelah penangkapan tersebut.

Militer Israel tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Sumber Al Jazeera, yang tidak berwenang memberi pengarahan kepada pers dan berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan kepada AFP bahwa lima orang lainnya ditangkap termasuk kru kamera dan insinyur Alghoul.

Amerika Serikat, sekutu dekat Israel, mengatakan pihaknya mengetahui insiden tersebut dan telah meminta informasi lebih lanjut kepada pemerintah Israel.

“Secara umum, kami sangat jelas bahwa jurnalis memainkan peran penting dan tidak ada jurnalis yang boleh menjadi sasaran untuk membungkam suara mereka dalam konflik ini atau konflik lainnya,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Vedant Patel kepada wartawan.

Bulan lalu jaringan tersebut menuduh Israel secara sistematis menargetkan karyawan Al Jazeera yang bekerja di Gaza.

Hingga Senin, setidaknya 95 jurnalis dan pekerja media dipastikan tewas dalam perang Israel-Hamas, menurut Komite Perlindungan Jurnalis (CPJ), mengutip “investigasi awal.”

Dari 90 orang tersebut adalah warga Palestina, kata CPJ.

Dua jurnalis Al Jazeera tewas dalam perang Israel melawan Hamas di Gaza, sementara kepala biro Wael Al-Dahdouh terluka.

“Jaringan tersebut menekankan bahwa penargetan ini berfungsi sebagai taktik intimidasi terhadap jurnalis untuk menghalangi mereka melaporkan kejahatan mengerikan yang dilakukan pasukan pendudukan terhadap warga sipil tak berdosa di Gaza,” kata saluran tersebut.

“Penargetan terhadap Ismail Alghoul adalah bagian dari serangkaian serangan sistematis terhadap Al Jazeera oleh otoritas pendudukan,” tambahnya.

Perang di Gaza dipicu oleh serangan Hamas yang belum pernah terjadi sebelumnya di Israel selatan yang mengakibatkan kematian sekitar 1.160 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP atas angka-angka Israel.

Kampanye militer pembalasan Israel telah menewaskan sedikitnya 31.726 orang di Gaza, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved