Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Bisakah 'jalan raya maritim yang dipenuhi kapal dan tongkang' mengakhiri pengepungan Gaza?

 LONDON: Meskipun Israel telah mengizinkan puluhan truk bantuan memasuki Jalur Gaza dalam beberapa hari terakhir, lembaga-lembaga kemanusiaan memperingatkan bahwa tidak cukup bantuan yang sampai ke wilayah kantong yang dilanda konflik tersebut.

Namun ada secercah harapan pada hari Kamis, ketika kapal bantuan internasional pertama tiba di lepas pantai utara Gaza.

Open Arms berbendera Spanyol meninggalkan Siprus pada 12 Maret, menarik sekitar 200 ton tepung, protein dan beras serta ponton siap pakai, yang memungkinkannya menurunkan muatannya tanpa adanya infrastruktur pelabuhan formal.

Pengiriman tersebut – sebagian besar didanai oleh UEA – diselenggarakan oleh badan amal AS, World Central Kitchen (WCK), yang menyatakan bahwa mereka memiliki 500 ton bantuan lagi yang siap dikirim.

Dalam sebuah pernyataan, pendiri WCK Jose Andres dan kepala eksekutifnya Erin Gore, mengatakan: “Tujuan kami adalah membangun jalan raya maritim dengan kapal dan tongkang yang berisi jutaan makanan yang terus menuju Gaza.”

Dalam pernyataan terpisah tentang X, Andres mencatat bahwa WCK juga sedang membangun dermaganya sendiri di mana kapal dapat mendarat di masa depan.

Dengan 200 ton setara dengan 12 truk, pengiriman Open Arms hanya mewakili sebagian kecil dari sekitar 500 truk bantuan yang memasuki Gaza setiap hari sebelum konflik Israel-Hamas dimulai pada 7 Oktober.

Menurut pihak berwenang Israel, 89 truk yang membawa bantuan kemanusiaan diperiksa dan dipindahkan ke Jalur Gaza pada 13 Maret. Pada hari yang sama, bantuan dari 145 truk didistribusikan di dalam Gaza, sementara konvoi 21 truk menuju ke Gaza utara, di mana organisasi bantuan telah memperingatkan adanya risiko kelaparan yang tinggi.

Selama tiga minggu terakhir, kata Israel, lebih dari 150 truk telah dipindahkan ke wilayah utara, dan empat tanker berisi gas untuk memasak yang ditujukan untuk pengoperasian infrastruktur penting di Gaza juga telah memasuki wilayah kantong tersebut.

Namun, jumlah truk yang masuk masih jauh dari jumlah 300 truk yang menurut badan amal dibutuhkan setiap harinya untuk mencegah bencana kelaparan yang akan terjadi.

Tidak seperti pengiriman bantuan udara AS baru-baru ini, yang dikritik oleh beberapa orang sebagai cara yang berbahaya dan tidak efektif dalam menyalurkan bantuan, koridor maritim yang prospektif ini mendapat sambutan yang lebih hangat.

Julia Roknifard, asisten profesor di Fakultas Politik, Sejarah, dan Hubungan Internasional Universitas Nottingham, mengatakan bahwa, tidak seperti serangan udara, misi Open Arms tidak dapat dianggap sebagai manuver politik.

“Dorongan agar badan amal tersebut menyalurkan bantuan juga datang dari masyarakat sipil, jadi hal ini tidak bisa dilihat hanya sebagai upaya humas saja,” kata Roknifard kepada Arab News.

Yang penting, tambahnya, dukungan AS terhadap misi tersebut kemungkinan akan menghalangi Pasukan Pertahanan Israel (IDF) untuk mengambil risiko terulangnya insiden Gaza Freedom Flotilla tahun 2010 di mana pasukan komando IDF mencoba menaiki kapal bantuan Mavi Marmara dan menewaskan sembilan aktivis dalam prosesnya.

WCK berusaha menghilangkan kekhawatiran pemerintah Israel menjelang misinya. Direktur komunikasinya, Laura Lanuza, mengatakan kepada Radio Publik Nasional di AS bahwa badan amal tersebut harus membuat kesepakatan dengan Israel untuk memastikan IDF tidak mencoba menghalangi pengiriman bantuan dari Open Arms.

Bahkan setelah kesepakatan tercapai, Lanuza mengatakan butuh waktu sekitar tiga minggu bagi badan amal tersebut untuk memastikan kapal dan muatannya mematuhi peraturan dan batasan yang disepakati.

“Kami menghadapi tantangan besar di hadapan kami untuk mencoba mewujudkan hal ini. Kami harus berhati-hati, dan kami harus mengikuti semua protokol yang kami lakukan untuk mendapatkan hasil yang baik,” tambah Lanuza, seraya mencatat bahwa setiap peti dipindai secara individual di bawah pengawasan Israel.

Mengomentari rencana bersama UE-UEA-AS untuk mengembangkan koridor maritim, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan bahwa Open Arms adalah kapal pertama yang diberi izin oleh Israel untuk mengirimkan bantuan langsung ke Gaza dalam hampir 20 tahun. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved