Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Akankah Putin mencoba menggunakan pembantaian Moskow untuk perangnya di Ukraina?

 Ketika para pekerja darurat melintasi reruntuhan Balai Kota Crocus Moskow pada hari Minggu, yang juga menjadi perhatian adalah sejauh mana serangan tersebut dapat merugikan Presiden Rusia Vladimir Putin – atau digunakan sebagai dalih untuk mendukung perangnya di Ukraina .

Kelompok teror ISIS mengaku bertanggung jawab setelah orang-orang yang menyamar menyerbu gedung konser pada Jumat malam dan menewaskan sedikitnya 137 orang dengan senjata, pisau, dan bom.

Bagi Putin, yang telah menjual kepemimpinannya dalam menjaga ketertiban , pembantaian tersebut setidaknya akan sangat memalukan. Hal ini bahkan dapat melemahkan kekuasaannya, terutama setelah ia mengabaikan peringatan Amerika bahwa serangan semacam itu mungkin akan segera terjadi, kata beberapa ahli.

“Hal ini tentu saja tidak memperkuatnya,” kata John Lough, rekan program Rusia dan Eurasia di Chatham House, sebuah lembaga pemikir di London. “Di kalangan elit sendiri, akan ada pertanyaan mengenai fokus perhatiannya: Mengapa ada retorika tentang perang di Ukraina, padahal sebenarnya ada bahaya lain yang lebih dekat ke dalam negeri?”

Mikhail Khodorkovsky, mantan taipan minyak Rusia yang menjadi kritikus utama Putin, menyebut kelemahan keamanan yang memungkinkan serangan itu berlanjut sebagai “kegagalan total negara polisi” dalam sebuah postingan di X .

Juga tidak luput dari perhatian bahwa Putin menunggu sekitar 20 jam setelah serangan itu untuk menyampaikan pidato kepada negaranya. 

Ketika dia memberikan pidato lima menit pada hari Sabtu, Putin tidak menyebutkan ISIS, yang afiliasinya di Afghanistan, ISIS-K , mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, atau merujuk pada kemungkinan kegagalan badan intelijen untuk mencegah serangan tersebut atau badan keamanan untuk menggagalkannya. dia.

Sebaliknya ia menyatakan bahwa Ukraina telah membantu para penyerang dengan membantu merencanakan pelarian mereka yang gagal.

“Mereka mencoba bersembunyi dan bergerak menuju Ukraina, di mana, menurut data awal, sebuah jendela telah disiapkan bagi mereka di sisi Ukraina untuk melintasi perbatasan negara,” katanya.

Meskipun tidak diakui oleh presiden Rusia, ISIS telah lama menargetkan Rusia, sebagian karena peran Moskow dalam perang saudara di Suriah ketika mereka mendukung Presiden Bashar al-Assad , yang pasukannya memerangi pemberontak termasuk ISIS, menurut Mark Galeotti, kepala konsultan tersebut. Mayak Intelijen dan profesor kehormatan di University College London.

“ISIS-K telah lama menganggap Rusia sebagai salah satu musuh utama,” kata Galeotti dalam podcastnya , “In Moscow's Shadows,” pada hari Minggu. “Dari sudut pandang mereka, Rusia adalah setan yang lebih kecil, sedangkan Amerika adalah setan yang besar.”

Pada kunjungan mendadak ke Suriah pada tahun 2017, Putin menyatakan “kemenangan total” atas ISIS.

Keir Giles, seorang konsultan di Chatham House, menolak upaya Putin yang menghubungkan serangan tersebut dengan Ukraina dan rujukannya pada sebuah “jendela” di garis depan, dengan mengatakan bahwa hal tersebut akan mengharuskan pasukan Rusia untuk membiarkan mereka lewat di pihak mereka dalam situasi yang sulit . zona perang yang dibentengi dan ditambang .

“Ini adalah kisah dongeng,” kata Giles, penulis “Perang Rusia terhadap Semua Orang: Dan Apa Artinya bagi Anda” yang diterbitkan pada tahun 2022.

Washington setuju. Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Adrienne Watson mengatakan bahwa “ISIS bertanggung jawab penuh atas serangan ini. Tidak ada keterlibatan Ukraina sama sekali.”

Laporan berita Rusia mengidentifikasi empat orang yang diduga pria bersenjata yang ditahan adalah warga negara Tajikistan, bekas republik Soviet di Asia Tengah yang mayoritas penduduknya beragama Islam dan berbatasan dengan Afghanistan. Hingga 1,5 juta warga Tajik telah bekerja di Rusia dan banyak yang memiliki kewarganegaraan Rusia.

Belum jelas apakah komentar tidak langsung Putin tersebut hanyalah upaya untuk meningkatkan dukungan domestik terhadap perangnya di Ukraina, atau apakah ia berupaya menggunakan serangan teror tersebut sebagai dalih untuk mengambil tindakan lain terkait konflik tersebut.

Giles yakin dana tersebut dapat digunakan untuk mendukung putaran mobilisasi lainnya.

Putin mengumumkan “mobilisasi sebagian” pasukan cadangan pada bulan September 2022, yang mengakibatkan 300.000 tentara tambahan direkrut, namun para analis militer yakin bahwa putaran lain mungkin diperlukan karena perang tersebut tidak diketahui namun jumlah korban tewas yang pasti sangat besar di kedua belah pihak.

“Hal ini memberikan alasan untuk meningkatkan mobilisasi wajib militer, mengumpulkan tenaga kerja yang mereka butuhkan,” kata Giles, seraya menambahkan bahwa hal ini memungkinkan Kremlin untuk memberlakukan kebijakan “yang tidak akan populer jika tidak dilakukan.”

Beberapa jam setelah serangan Moskow, Rusia melancarkan gelombang serangan ke Ukraina , dengan satu rudal jarak jauh memasuki wilayah udara Polandia, kata militer negara itu. Namun sebagian besar pakar – termasuk Lough, yang saat ini berada di Kyiv – mengatakan hal ini kemungkinan bukan merupakan pembalasan langsung.

“Saya tiba di sini Kamis pagi dan malam itu terjadi serangan yang cukup deras,” ujarnya. “Ini adalah upaya berkelanjutan untuk mencoba melemahkan keinginan warga Ukraina,” tambahnya. “Ada banyak perang psikologis di sini.” [N-BC]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved