Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Para Pemimpin Dunia Puji Kemenangan Caludia Sheinbaum Jadi Presiden Meksiko

 

Setelah Claudia Sheinbaum terpilih sebagai presiden perempuan pertama Meksiko, banyak pemimpin dunia yang memuji kemenangannya.

Bahkan para pendukungnya juga mengibarkan bendera Meksiko serta bernyanyi diiringi musik mariachi hingga larut malam.

Dihadapan massa yang bersorak-sorai, kandidat partai berkuasa berusia 61 tahun itu mengucapkan terima kasih kepada jutaan perempuan dan laki-laki Meksiko yang memutuskan untuk memilih dirinya pada hari bersejarah itu.

Maria Fernanda Vela (27), mengatakan ini adalah sebuah inspirasi bahwa di negara yang begitu chauvinis laki-laki, seorang perempuan menduduki posisi teratas.

Sebagaimana diberitakan AFP pada Selasa (4/6/2024), Presiden AS Joe Biden menyambut baik pemilihan bersejarah Sheinbaum dan mengatakan dia berharap dapat bekerja sama dengannya dalam semangat kemitraan dan persahabatan.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, sekutu penting Amerika Utara lainnya, juga menyampaikan ucapan selamat dan mengatakan dia siap bekerja sama dengan Claudia Sheinbaum untuk lebih memperkuat hubungan.

Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva, yang juga berasal dari sayap kiri, memuji kemenangan demokrasi dan berjanji untuk memperdalam hubungan ekonomi antara dua negara dengan perekonomian terbesar di Amerika Latin.

Tidak hanya itu saja, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky termasuk di antara para pemimpin yang menyampaikan ucapan selamat kepada Claudia Sheinbaum.

Diketahui, Claudia Sheinbaum, seorang ilmuwan yang terlatih memenangkan sekitar 59 persen suara dengan lebih dari 93 persen surat suara telah dihitung, menurut National Electoral Institute.

Itu lebih dari 30 poin persentase di atas rival utamanya dari oposisi, Xochitl Galvez, dan hampir 50 poin persentase di atas satu-satunya kandidat yang mencalonkan diri, pemain tengah Jorge Alvarez Maynez.

Galvez, yang mengakui kekalahan setelah hasil awal diumumkan, mengeluh pada hari Senin bahwa pihak oposisi telah menghadapi persaingan yang tidak seimbang melawan seluruh aparat negara yang berdedikasi untuk mendukung kandidatnya.

Hampir 100 juta orang terdaftar untuk memilih di negara dengan populasi berbahasa Spanyol terbesar di dunia, yang merupakan rumah bagi 129 juta orang.

Sheinbaum mendapatkan popularitasnya berkat Presiden Meksiko yang akan selesai masa jabatannya, Andres Manuel Lopez Obrador, seorang rekan sayap kiri dan mentor yang memiliki peringkat persetujuan lebih dari 60 persen tetapi hanya diperbolehkan menjabat satu masa jabatan.

Lopez Obrador, yang akan menyerahkan kursi kepresidenan pada bulan Oktober, memuji kemenangan anak didiknya sebagai “peristiwa bersejarah”.

Sumber Berita / Artikel Asli : kompas

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved