Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Besar-Besaran Kabinet Menteri Masa ke Masa: Kabinet Prabowo Paling Gemuk?

 

Calon presiden terpilih Prabowo Subianto kini dikabarkan telah menyusun rancangan Kabinet Kementerian yang akan bekerja di bawah komandonya saat ia dilantik sebagai Presiden RI.

Adapun sempat mencuat susunan kabinet Prabowo Subianto sebagaimana yang viral baru-baru ini terdiri atas puluhan menteri yang merupakan orang-orang kepercayaan Prabowo.

Lantas, benarkan kabinet Prabowo menjadi kabinet yang tergemuk sepanjang masa? Seperti apa kabinet kementerian di era presiden-presiden sebelumnya?

Jumlah Menteri Kabinet Gus Dur (Kabinet Persatuan Nasional)

Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dan Wakil Presiden Megawati Soekarnoputri merancang Kabinet Persatuan Nasional yang berisikan 34 orang menteri.

34 menteri terdiri atas kader PKB, PDI Perjuangan, Golkar, beberapa partai lainnya, dan menteri independen tersebut menjabat dari masa bakti 29 Oktober 1999 hingga 23 Juli 2001.

Kala itu, Gus Dur berusaha membuat kabinet seramping mungkin dengan masih memberikan beberapa kesempatan bagi orang kepercayaannya melalui sistem 'dagang sapi.'

Kemudian dari 34 menteri tersebut, ada beberapa nama tokoh besar seperti Wiranto yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan.

Lalu ada sosok Mahfud MD yang kala itu merupakan kader PKB dan menjabat Menteri Pertahanan.

Jumlah Menteri Kabinet Megawati Hamzah-Haz (Kabinet Gotong Royong)

Megawati Soekarnoputri menjabat Presiden RI setelah Gus Dur dimakzulkan. Bersama wakilnya, Hamzah Haz, Megawati berusaha merampingkan kabinet lebih dari Gus Dur.

Megawati berhasil menyusun kabinet dengan 30 orang menteri dan 4 pejabat setara menteri. Salah satu di antaranya ada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan.

Kabinet Menteri SBY (Kabinet Indonesia Bersatu)

SBY yang 'naik takhta' menjadi Presiden RI menggantikan Megawati mengembalikan susunan kabinet berisi 34 menteri.

Terhitung, SBY sempat melakukan dua kali perombakan di Kabinet Indonesia Bersatu.

Kala merombak kabinet menjadi Kabinet Indonesia Bersatu, SBY juga menunjuk 17 orang untuk menjadi wakil menteri.

Jumlah Kabinet Menteri Jokowi di dua periode

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dua kali memimpin Indonesia dan dua kali melakukan penyusunan kabinet menteri.

Kala pemerintahan di periode pertamanya, Jokowi menyusun Kabinet Kerja dengan 34 menteri, 9 pejabat setingkat menteri, dan 3 wakil menteri. Sehingga, totalnya kala itu ada 43 pejabat di kabinet.

Lalu pada periode kepresidenannya yang kedua, Jokowi menyusun Kabinet Indonesia Maju yang mengalami pertambahan jumlah pejabat kabinet hingga mencapai total 46 orang.

Kabinet Prabowo Subianto: Bakal jadi yang tergemuk

Beredar kabar bahwa kabinet yang akan disusun oleh Prabowo mencakup 61 pejabat kabinet.

Kabinet tersebut disinyalir bakal berisi nama-nama tokoh besar seperti Airlangga Hartarto dan Erick Thohir.

Kendati demikian, kabar tersebut ternyata tidak benar usai ditepis oleh Juru Bicara Tim Kampanye Nasional atau TKN Prabowo-Gibran, Rahayu Saraswati pada wartawan, Selasa (20/2/2024).

Rahayu menegaskan bahwa kabar tersebut hanya bersifat prediksi dan bisa saja berubah-ubah sesuai dengan keputusan akhir Prabowo.

Sumber Berita / Artikel Asli : Suara

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved