Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Siapa yang diuntungkan dengan mengganggu stabilitas keamanan Yordania?

RIYADH: Ketika Menteri Luar Negeri dan Ekspatriat Yordania Ayman Safadi mengajukan tuntutan kepada Dewan Keamanan PBB untuk mengadopsi resolusi Bab VII yang mengikat yang akan memaksa Israel untuk menghentikan “kejahatan perang yang dilakukan di Gaza dan membatalkan keputusannya untuk menutup penyeberangan perbatasan untuk kepentingan kemanusiaan. bantuan,” protes semakin intensif di depan Kedutaan Besar Israel di Amman.

Hal ini terjadi di tengah langkah-langkah keamanan yang bertujuan mencegah eskalasi protes, dimana seorang politisi Yordania menggambarkan mereka “bukan orang yang tidak bersalah.”

Direktorat Keamanan Publik negara tersebut mengumumkan pada hari Minggu bahwa “pasukan keamanan menangkap sejumlah perusuh di wilayah Baqa'a setelah mereka tertangkap melakukan kerusuhan, melakukan perusakan, membakar dan melemparkan batu ke kendaraan yang lewat di jalan umum.”

Pernyataan tersebut menambahkan bahwa PSD “menangani beberapa protes dan pertemuan yang terjadi di beberapa wilayah ibu kota. Aparat keamanan yang hadir di lokasi kejadian demi menjaga keamanan dan ketertiban menyikapi pengunjuk rasa dengan disiplin dan profesional maksimal. Inilah yang telah dilakukan oleh personel Keamanan Publik selama berbulan-bulan, di mana ribuan warga turun ke jalan dan tidak satu pun dari mereka yang tidak diberi hak untuk mengungkapkan pendapatnya.”

PSD menambahkan: “Tadi malam dan malam-malam sebelumnya, protes ini menyaksikan pelanggaran, penghinaan dan upaya untuk menyerang personel Keamanan Publik, yang disebut-sebut dengan nama yang sama sekali tidak dapat diterima.” Ada juga “upaya vandalisme, penyerangan terhadap properti publik dan pribadi, dan aksi duduk di tengah jalan, yang menghalangi mobil untuk melaju di sana. Pelanggaran-pelanggaran ini dilakukan oleh laki-laki dan perempuan yang, selama berhari-hari, dengan sengaja berhadapan dengan petugas Keamanan Publik.”

Menyerukan kekacauan

Sejak pertengahan pekan lalu, kawasan dekat Kedutaan Besar Israel di distrik Al-Rabiah menjadi lokasi aksi protes yang menarik puluhan ribu peserta. Selain itu, platform media “internal dan eksternal” dan akun media sosial mendesak masyarakat untuk bergabung dalam demonstrasi, yang menampilkan slogan-slogan yang mendukung “Hamas” dan “Brigade Al-Qassam.” Ada juga rekaman yang diputar tentang para pemimpin kelompok ini yang “menyerukan rakyat Yordania untuk bertindak.” Hal ini berbeda dengan protes yang terjadi pada hari-hari awal perang, meskipun upaya diplomatik Yordania semakin intensif yang bertujuan untuk mengamankan gencatan senjata segera dan mengizinkan masuknya bantuan kemanusiaan.

Berbicara kepada Asharq Al-Awsat, sebuah sumber Yordania menuduh “para pemimpin Gerakan Islam di Amman berkoordinasi dengan para pemimpin Hamas di luar negeri untuk menyeret masyarakat Yordania ke dalam perang di Gaza dan memperluas cakupan ketegangan di sekitar wilayah pendudukan Palestina. Apa yang terjadi memerlukan tinjauan resmi, mengingat sifat dan skala informasi yang tersedia mengenai komunikasi eksternal dan seruan yang mendesak masyarakat Yordania untuk melakukan tindakan menentang pemerintahnya.”

Penekanan Arab Saudi pada keamanan Yordania

Seorang pejabat Arab Saudi mengkonfirmasi kepada Asharq Al-Awsat bahwa Kerajaan tersebut mendukung semua tindakan yang diambil oleh Yordania untuk menjaga keamanan dan kedaulatan negara dalam menghadapi upaya untuk menumbangkan negara. Keamanan Yordania tetap menjadi bagian integral dari keamanan Arab Saudi karena kesamaan sejarah dan geografi kedua negara. Pejabat tersebut menambahkan bahwa Riyadh tidak akan membiarkan upaya apa pun untuk menyeret Yordania ke dalam konflik, atau mengubahnya menjadi arena di mana permasalahan dan isu-isu di wilayah tersebut dipertaruhkan.

Pejabat tersebut menambahkan bahwa wilayah tersebut tidak dapat menanggung konflik baru, terutama mengingat perang Israel yang sedang berlangsung di Gaza dan serangan di Laut Merah. Selain itu, upaya untuk menyeret Yordania ke dalam kekacauan dan kerusuhan tidak mendukung upaya Arab dan internasional yang bertujuan mengakhiri konflik di wilayah tersebut.

Iran, Ikhwanul Muslimin dan kembalinya kekacauan

Para pengamat telah memperingatkan bahwa kekacauan dan kekerasan di Yordania merupakan ancaman dari Iran. Seorang pengamat mengatakan ini adalah “awal dari konspirasi yang dipimpin oleh Ikhwanul Muslimin dengan tujuan jelas Iran untuk menyebarkan kembali kekacauan di wilayah tersebut” dan menekankan bahwa “kedua belah pihak mengambil keuntungan dari perang di Gaza kali ini untuk memobilisasi masyarakat melawan raja. , tentara dan pemerintah.” Disebutkan juga bahwa “mereka yang memobilisasi masyarakat Yordania saat ini adalah orang-orang yang sama yang telah merugikan keamanan dan stabilitas Yordania 54 tahun yang lalu, namun mereka menggunakan cara yang berbeda.”

Dua pihak berbagi kepentingan yang sama

Analis politik Arab Saudi Munif Al-Harbi menunjukkan bahwa “bukan rahasia lagi bahwa ada dua pihak yang mempunyai kepentingan untuk menimbulkan ketegangan di kawasan dan membangun front baru: (Ikhwanul Muslimin) dan Iran. Agenda mereka saat ini menyatu seperti yang mereka lakukan pada Arab Spring, dan mereka berupaya untuk mengacaukan negara-negara Arab. Sejak awal peristiwa di Gaza, kita telah melihat bahwa kepemimpinan (Hamas) berusaha memobilisasi masyarakat Yordania dan menyeret Yordania ke dalam perang dengan cara apa pun. Tampaknya pendekatan ini bertujuan untuk mengalihkan perhatian dari kegagalan (Hamas) dan kesalahan yang dilakukannya, serta pemaparan publik atas ketidakmampuan poros perlawanan mempertahankan slogan-slogan yang diusungnya tentang memerangi Israel.”

Keamanan Yordania merupakan bagian integral dari Arab Saudi

Al-Harbi mengatakan kepada Asharq Al-Awsat bahwa Arab Saudi “menganggap keamanan dan stabilitas Yordania sebagai bagian integral dari keamanan dan stabilitasnya. Saya pikir Arab Saudi mendukung semua tindakan yang diambil oleh kepemimpinan dan pemerintah Yordania. Hubungan Saudi-Yordania, khususnya antara para pemimpin kedua negara, mempunyai kekhususan khusus.”

Al-Harbi menambahkan: “Mengingat signifikansi agama, Arab, moral dan politik Arab Saudi yang besar, Kerajaan ini prihatin dengan prinsip menjaga keamanan nasional Arab, termasuk kepentingannya terhadap stabilitas Yordania. Kami melihat contoh keprihatinan Saudi di Kuwait pada tahun 1990, Bahrain pada tahun 2011, Mesir pada tahun 2015, dan Yaman pada tahun 2015.”

Komentar Al-Harbi mengingatkan kita pada peristiwa selama Ramadhan 1439 H, bertepatan dengan Juni 2018, ketika Raja Salman menyerukan pertemuan puncak diadakan di Mekkah pada 10 hari terakhir bulan itu. Pertemuan ini mempertemukan para pemimpin Arab Saudi, Yordania, Kuwait dan UEA, untuk memberikan paket bantuan ekonomi senilai $2,5 miliar kepada Yordania.

Saat itu, Raja Abdullah berterima kasih kepada Raja Salman karena telah mengambil inisiatif dan menyerukan pertemuan tersebut, dan juga memuji Kuwait dan UEA karena menerima undangan tersebut. Ia juga menyatakan apresiasinya yang mendalam kepada ketiga negara atas paket bantuan tersebut, “yang akan membantu Yordania mengatasi krisis ini.”

Selama peristiwa “hasutan” yang terjadi pada musim semi tahun 2021 di Yordania, Riyadh berdiri di samping Amman. Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengatakan kepada kepemimpinan Yordania bahwa “Kerajaan berdiri dalam solidaritas dengan Yordania dan mendukung semua tindakan yang diambil oleh Raja Abdullah untuk menjaga keamanan dan stabilitas Yordania.” Raja Abdullah kemudian menyatakan penghargaan atas dukungan Arab Saudi ketika ia menerima Menteri Luar Negeri Kerajaan Pangeran Faisal bin Farhan pada bulan Agustus tahun yang sama. Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh istana kerajaan Yordania, Raja Abdullah berterima kasih kepada Arab Saudi karena mendukung “Kerajaan Yordania dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk upaya penghasutan yang digagalkan Yordania saat masih bayi.”

Abdulaziz Sager, kepala Pusat Penelitian Teluk, mengatakan kepada Asharq Al-Awsat bahwa “ada hubungan geografis dan kemanusiaan yang mendalam dan unik antara wilayah pendudukan Palestina dan Yordania. Oleh karena itu, keamanan dan stabilitas Yordania sangat penting untuk menjaga keamanan di Wilayah Pendudukan. Beberapa pihak berkepentingan untuk menyebarkan kekacauan dan ketidakstabilan di negara-negara sekitar wilayah Palestina, termasuk Yordania, Mesir, dan Lebanon.

“Yordania, khususnya, memiliki arti penting dan sensitif, karena bagi ideologi ekstremis Israel, Yordania mewakili tanah air alternatif, yang diharapkan dapat dijadikan target oleh pasukan ekstremis Israel untuk memfasilitasi pencapaian tujuan penggusuran dan perampasan tanah Palestina. Destabilisasi Yordania adalah kepentingan Israel karena posisi Yordania saat ini, yang dengan tegas menentang rencana Israel.”

Sager menambahkan: “Sayangnya, beberapa pemimpin ekstremis Palestina, termasuk beberapa pemimpin Hamas, menyerukan ketidakstabilan di Yordania, didorong oleh perhitungan yang salah, berbahaya, dan tidak berpandangan jauh ke depan. Posisi Arab Saudi jelas. Mereka menganggap merusak stabilitas dan keamanan Yordania sebagai sebuah garis merah dan menolak segala upaya untuk menyebarkan kekacauan dan melakukan kudeta keamanan di dunia Arab dengan dalih mendukung perlawanan di Gaza.” [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved