Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Israel menarik diri dari penggerebekan di Rumah Sakit Shifa

JERUSALEM: Pada hari Senin, militer Israel menarik diri dari serangan kedua yang menghancurkan rumah sakit terbesar di Gaza, Shifa, meninggalkan rumah sakit tersebut dalam reruntuhan, dengan dinding-dindingnya pecah dan rangkanya menghitam.

Meskipun terjadi kehancuran, Israel mengklaim pertempuran tersebut sebagai kemenangan dalam pertempuran melawan militan Hamas – dan mengatakan bahwa mereka tidak melukai warga sipil yang berlindung di dalam rumah sakit.

Namun laporan dari para pengamat di lapangan dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menceritakan cerita yang berbeda.

Mereka menggambarkan serangan mengerikan selama dua minggu yang menewaskan lebih dari selusin warga sipil dan lainnya ditahan secara brutal dan terjebak di dalam sebuah fasilitas dengan persediaan yang semakin menipis.

Inilah yang dikatakan tentang penggerebekan itu.

APAKAH WARGA SIPIL DAN PASIEN TELAH DIBUNUH?

Israel mengatakan pasukannya melancarkan serangan mendadak pada 18 Maret. Setelah dua minggu pertempuran di Shifa, militer telah membunuh 200 militan, kata juru bicara Daniel Hagari kepada wartawan hari Senin. Dia menyatakan bahwa tidak ada warga sipil yang berlindung di dalam rumah sakit yang terluka dan mengatakan pasukan telah menyediakan makanan, air, dan obat-obatan kepada sekitar 6.000 warga Palestina yang berlindung di sana. Tentara mengerahkan tim medis dan berbahasa Arab untuk berkomunikasi dan membantu mereka yang berada di dalam sebelum mengevakuasi semua orang secara efektif, katanya.

Namun Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pada hari Minggu bahwa 21 pasien di dalam rumah sakit telah meninggal sejak dimulainya pengepungan. Dia mengatakan 107 pasien masih berada di dalam rumah sakit, termasuk anak-anak dan orang dewasa dalam kondisi kritis. Dia mengatakan mereka kekurangan “dukungan kesehatan, perawatan medis dan pasokan.”

“Sejak kemarin, hanya tersisa satu botol air untuk setiap 15 orang. Penyakit menular menyebar karena kondisi yang sangat tidak sehat, dan kekurangan air,” tulisnya di X.

Penggerebekan tersebut memicu perebutan blok di sekitar Shifa selama berhari-hari. Saksi dan jurnalis melaporkan serangan udara, penembakan terhadap rumah dan tentara memaksa warga untuk mengungsi.

Salah satu warga, Mohammed Al-Sheikh, mengatakan jet tempur Israel “menghantam apa pun yang bergerak di daerah tersebut.”

Lainnya, Bassel Al-Hilou, mengatakan tujuh kerabatnya tewas dalam serangan udara Israel.

“Terjadi pembantaian di rumah paman saya,” katanya Senin pagi, ketika ratusan orang kembali untuk menguburkan orang mati, memeriksa kerusakan atau mencari orang-orang yang mereka cintai. “Situasinya tidak dapat digambarkan.”

Militer Israel tidak mengomentari kematian warga sipil di dekat atau di luar rumah sakit.

SIAPA YANG DITANGKAP DAN DITAHAN ISRAEL?

Israel mengatakan pihaknya menangkap 900 tersangka militan. Dari mereka, kata Israel, pihaknya telah mengonfirmasi bahwa 500 orang adalah militan – beberapa di antaranya adalah komandan tingkat tinggi dan anggota eselon politik tertinggi Hamas.

Namun laporan dari Kementerian Kesehatan Gaza dan Al Jazeera, jaringan media yang berbasis di Qatar, mengatakan para pekerja medis dan jurnalis termasuk di antara mereka yang ditahan dan dianiaya oleh pasukan Israel.

Sekelompok wartawan diborgol, ditutup matanya dan dilucuti pakaiannya selama 12 jam, menurut pernyataan dari Al Jazeera. Militer Israel tidak menanggapi permintaan AP untuk mengomentari tuduhan tersebut.

APA YANG TERJADI SETELAH RAID BERAKHIR?

Setelah membunuh dan menangkap tersangka di dalam rumah sakit, kata juru bicara militer Hagari, pasukan Israel mundur dan keluar dari kompleks tersebut pada hari Senin. Dua tentara Israel tewas dan delapan lainnya luka-luka dalam pertempuran itu, katanya.

Brigade Martir Al-Aqsa, sebuah kelompok militan yang terkait erat dengan gerakan Fatah pimpinan Presiden Mahmoud Abbas, mengatakan para pejuangnya telah menargetkan pasukan Israel dengan artileri selama operasi tersebut dan ketika pasukan mundur.

Hamas juga merilis video militan menyiapkan peluru yang dikatakan diarahkan ke pasukan Israel di kompleks rumah sakit.

Hagari mengakui bahwa pertempuran tersebut telah menghancurkan bangsal darurat Shifa dan kompleks rumah sakit besar.

“Selain kesuksesan, ada tragedi,” katanya. “Karena barikade, karena bom dan bahan peledak yang kami gunakan di gedung-gedung tersebut. Ini adalah tragedi kehancuran rumah sakit, meskipun kami telah mencoba segala yang kami bisa untuk mencegahnya.”

MENGAPA ISRAEL MENARGET SHIFA UNTUK KEDUA KALINYA?

Sejak militan Hamas menyerbu Israel selatan pada 7 Oktober, Israel telah menjadikan Shifa sebagai komponen utama dalam serangan balasannya di Gaza.

Israel menghadapi pengawasan ketat atas dua serangan besarnya terhadap Shifa. Rumah sakit menerima perlindungan khusus berdasarkan hukum internasional. Israel mengatakan Shifa kehilangan perlindungan itu karena merupakan pusat komando dan kendali Hamas. Kelompok hak asasi manusia dan pengacara internasional mengatakan bukti yang mendukung klaim ini salah dan tidak cukup.

Dalam membenarkan serangan pertamanya, Israel mengatakan bahwa di bawah rumah sakit terdapat jaringan terowongan yang kompleks, yang merupakan pusat komando pusat Hamas. Bukti-bukti yang diperoleh dari penggerebekan itu—simpanan senjata, terowongan menuju tempat-tempat kecil berkarat yang sepertinya sudah tidak digunakan lagi, dan tidak ditemukan sejumlah militan—tidak memenuhi klaim tersebut.

Hagari mengatakan pada hari Senin bahwa intelijen telah salah dan bahwa Israel telah memberi informasi kepada militan Hamas di Shifa dengan mengumumkan rencana serangannya.

“Mereka pergi dari sana karena mereka tahu kami akan datang,” katanya. “Dan kali ini, kami melakukan sesuatu yang lain.”

Dengan kembali ke Shifa pada pertengahan Maret, katanya, pasukan tersebut mengejutkan para militan yang telah berkumpul kembali di dalamnya.

Dia mengatakan pihak militer sekarang yakin para militan beroperasi terutama dari bangsal rumah sakit itu sendiri, bukan dari terowongan di bawahnya. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved