Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Penikaman terhadap jurnalis internasional Iran di London merupakan ciri-ciri program operasi rahasia militer

  LONDON: Pada 16 November 2022, polisi bersenjata turun secara paksa ke kawasan bisnis London Barat, yang merupakan rumah bagi merek internasional terkemuka seperti Starbucks dan Danone serta sejumlah perusahaan media, di antaranya CBS, Paramount, dan saluran Discovery.

Yang mengejutkan ribuan orang yang bekerja di selusin bangunan modern, berkerumun di sekitar taman lanskap yang menampilkan danau, air terjun, kafe, dan jalan setapak, pembatas keamanan dipasang di setiap pintu masuk kendaraan, pejalan kaki yang memasuki lokasi diwajibkan melewatinya. pemindai tubuh dan truk makanan berwarna-warni di kampus bergabung dengan armada mobil lapis baja polisi berwarna hitam.

Salah satu bangunan khususnya, rumah bagi saluran TV satelit berbahasa Persia, Iran International, mendapat perhatian khusus. Pagar keamanan dan blok beton “Mitigasi Kendaraan Bermusuhan” dipasang di sekelilingnya dan polisi bersenjata serta petugas anjing berpatroli di sekelilingnya.

Awal bulan itu, Volant Media, pemilik saluran tersebut, telah mengungkapkan bahwa dua jurnalis Inggris-Iran telah diperingatkan oleh polisi bahwa ada “risiko yang akan terjadi, dapat dipercaya, dan signifikan terhadap kehidupan mereka dan keluarga mereka.”

Para jurnalis Iran terbiasa menerima pelecehan di media sosial, kata seorang juru bicara, namun ancaman tersebut menandai “eskalasi yang signifikan dan berbahaya dari kampanye yang disponsori negara untuk mengintimidasi jurnalis Iran yang bekerja di luar negeri.”

Dua bulan sebelumnya, Esmail Khatib, menteri intelijen Iran, mengatakan Iran International telah dikategorikan oleh Teheran sebagai organisasi “teroris” dan bahwa “agen-agennya” akan dikejar.

Sanksi juga diumumkan terhadap saluran tersebut dan BBC News Persia, keduanya dituduh menghasut kerusuhan dan mendukung terorisme dengan liputan protes mereka di Iran, yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini, 22 tahun, yang ditangkap di Teheran selama masa tahanan. melanggar hukum hijab di Iran.

Pada hari yang sama ketika polisi bersenjata mengunci Chiswick Business Park, Ken McCallum, direktur jenderal dinas keamanan domestik Inggris, MI5, mengatakan Iran “memproyeksikan ancaman terhadap Inggris secara langsung, melalui badan intelijennya yang agresif.

“Yang paling parah, hal ini mencakup ambisi untuk menculik atau bahkan membunuh orang-orang Inggris atau warga Inggris yang dianggap sebagai musuh rezim.”


Baru pada minggu sebelumnya, tambahnya, Menteri Luar Negeri Inggris telah “menjelaskan kepada rezim Iran bahwa Inggris tidak akan mentolerir intimidasi atau ancaman terhadap nyawa jurnalis, atau individu mana pun, yang tinggal di Inggris.”

Namun berita bahwa salah satu jurnalis Iran International yang bermarkas di London diserang oleh sekelompok pria dan ditikam di luar rumahnya di Wimbledon, London selatan, pada tanggal 29 Maret menunjukkan bahwa rezim tersebut tetap tidak gentar dalam tekadnya untuk mengintimidasi para pembangkang di mana pun mereka berada. Di dalam dunia.

Pouria Zeraati selamat dari serangan itu, yang menyebabkan dia terluka di kaki — dia kemudian merilis foto dirinya di rumah sakit, tersenyum menantang dan bersumpah untuk segera kembali mengudara. Saat kembali mengudara, dia berkata “pertunjukan harus dilanjutkan.”

Serangan tersebut sedang diselidiki oleh Komando Kontra Terorisme Kepolisian Metropolitan, yang mengatakan para penyerangnya langsung menuju Bandara Heathrow dan melarikan diri dari negara tersebut. Tujuan mereka belum terungkap.

“Pengepungan” Chiswick Business Park, demikian sebutan setempat, berlanjut hingga Februari 2023, ketika Iran International mengumumkan bahwa mereka “dengan enggan dan untuk sementara waktu” menutup studionya di London dan pindah ke Washington, DC

Tantangan terakhir bagi perusahaan tersebut adalah penangkapan seorang warga negara Austria pada 11 Februari 2023, yang tertangkap basah oleh staf keamanan saat melakukan “pengintaian bermusuhan” di luar kantornya.

Magomed-Husejn Dovtaev dengan cepat ditangkap oleh polisi anti-teroris bersenjata di sebuah kafe di kawasan bisnis.

Dia didakwa melakukan pelanggaran terorisme dan pada persidangannya di Old Bailey pada bulan Desember 2023 dinyatakan bersalah karena mencoba mengumpulkan informasi “yang mungkin berguna bagi seseorang yang melakukan atau mempersiapkan tindakan terorisme.”

Dalam persidangan terungkap bahwa individu Chechnya tersebut naik minicab langsung ke kawasan bisnis setelah terbang ke Bandara Gatwick dari Wina. Dia divonis tiga tahun enam bulan penjara.

Kenyataannya, kata seorang aktivis Iran yang tinggal di London yang berbicara tanpa menyebut nama, “adalah para pembangkang Iran yang tinggal di pengasingan mengetahui bahwa mereka semakin berisiko terkena rezim yang telah menunjukkan bahwa mereka dapat dan akan melakukan intimidasi, ancaman, dan bahkan membunuh siapa pun. , dimana saja, kapan saja.

“Jelas juga bahwa mereka tidak memiliki keraguan dalam menggunakan penjahat asing dan dalam negeri sebagai senjata pilihan mereka.”

Seberapa besar kesiapan para agen Iran untuk membungkam kritik menjadi jelas pada bulan Januari tahun ini, ketika AS dan Inggris bersama-sama menjatuhkan sanksi terhadap jaringan “individu yang menargetkan pembangkang Iran dan aktivis oposisi untuk dibunuh… di atas perintah Kementerian Intelijen dan Keamanan Iran (MOIS) .”

Menurut Departemen Keuangan AS, jaringan tersebut dipimpin oleh “pengedar narkotika Iran Naji Ibrahim Sharifi Zindashti dan beroperasi atas perintah Kementerian Intelijen dan Keamanan Iran.”

Geng Zindashti bertanggung jawab atas “berbagai tindakan penindasan transnasional termasuk pembunuhan dan penculikan di berbagai yurisdiksi dalam upaya untuk membungkam orang-orang yang dianggap mengkritik rezim Iran.”

Dalam sebuah pernyataan, Kantor Pengawasan Aset Luar Negeri Departemen Keuangan AS mengatakan bahwa MOIS dan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran “telah lama menargetkan lawan-lawan rezim dalam tindakan represi transnasional di luar Iran, sebuah praktik yang telah dilakukan rezim tersebut. dipercepat dalam beberapa tahun terakhir.

“Berbagai macam pembangkang, jurnalis, aktivis, dan mantan pejabat Iran telah menjadi sasaran operasi pembunuhan, penculikan, dan peretasan di banyak negara di Timur Tengah, Eropa, dan Amerika Utara.”

DALAM ANGKA

• 15 rencana penculikan atau pembunuhan individu yang tinggal di Inggris sejak awal tahun 2022 oleh tentara rahasia Iran.

• 4 warga Iran yang didakwa oleh AS pada tahun 2021 karena berencana menculik jurnalis Masih Alinejad.

• Uang sebesar $300,000 yang ditawarkan oleh terdakwa Iran pada tahun 2022 yang berencana membunuh mantan pejabat Trump John Bolton.

Skala program operasi gelap IRGC di satu negara saja telah diisyaratkan pada bulan Februari tahun lalu ketika Asisten Komisaris Matt Jukes, kepala unit kontraterorisme Kepolisian Metropolitan, mengatakan bahwa polisi dan MI5 telah menggagalkan “15 plot sejak awal tahun 2022. untuk menculik atau bahkan membunuh orang-orang Inggris atau warga Inggris yang dianggap sebagai musuh rezim.”

Hanya kadang-kadang plot seperti itu menjadi berita utama.

AS percaya bahwa agen IRGC merekayasa pembunuhan Ahmad Molla Nissi di Belanda, seorang aktivis berusia 52 tahun yang mengkampanyekan kemerdekaan bagi orang Arab Ahwazi Iran. Nissi ditembak mati di luar rumahnya di Den Haag pada November 2017.

Pada bulan Oktober 2019 Ruhollah Zam, seorang jurnalis yang tinggal di bawah suaka politik di Prancis dan mengelola situs web anti-pemerintah yang populer, diculik saat berkunjung ke Irak. Setelah dibawa ke Iran, dia disiksa, diadili secara palsu, dan kemudian digantung pada 12 Desember 2020.


Pada Juli 2020 Jamshid Sharmahd, seorang aktivis Jerman keturunan Iran, diculik saat bepergian ke luar negeri dan dibawa secara paksa ke Iran, di mana dia dijatuhi hukuman mati.

 Menurut Departemen Keuangan AS, Teheran “semakin bergantung pada kelompok kriminal terorganisir dalam menjalankan rencana ini dalam upaya untuk mengaburkan hubungan dengan Pemerintah Iran dan mempertahankan penyangkalan yang masuk akal.”

Zindashti, yang dijatuhi sanksi oleh AS pada bulan Januari dan diyakini berada di Iran, dicari oleh FBI “atas dugaan keterlibatannya dalam kegiatan kriminal termasuk percobaan pembunuhan untuk menyewa dua warga negara bagian Maryland.”

Jaringan kriminalnya yang berbasis di Iran , kata FBI, “diduga menggunakan aplikasi perpesanan terenkripsi berbasis internet untuk merekrut elemen kriminal di Amerika Utara untuk membunuh dua orang yang melarikan diri dari Iran” dan “diduga menyediakan sumber daya untuk memfasilitasi upaya pembunuhan transnasional terhadap seseorang. di Amerika Serikat.”

Pada 13 Desember 2023, surat perintah penangkapan federal dikeluarkan untuk Zindashti setelah dia didakwa dengan “Konspirasi untuk menggunakan fasilitas perdagangan antar negara bagian dalam melakukan pembunuhan untuk disewa” – tulisan tangan hukum AS untuk mempekerjakan pembunuh bayaran.

Menurut FBI, Zindashti lahir di Urmia, sebuah kota di barat laut Iran, dekat perbatasan Irak dan Turki. Beratnya sekitar 113 kg, tinggi 190 cm dan berbicara beberapa bahasa, termasuk Inggris, Farsi, dan Turki.

Kecenderungan orang Iran untuk berkolaborasi dengan tokoh-tokoh dunia bawah telah menghasilkan beberapa aliansi yang aneh. Bersamaan dengan Zindashti, pada bulan Januari Departemen Kehakiman AS mendakwa dua warga negara Kanada sebagai tersangka kaki tangan dalam rencana pembunuhan untuk membunuh dua warga AS di Maryland.

Damion Patrick John Ryan, 43, dan Adam Richard Pearson, 29, adalah anggota salah satu cabang geng motor Hells Angels. Keduanya dipenjara di Kanada karena pelanggaran yang tidak terkait.

Departemen Kehakiman AS merilis rincian kesepakatan antara Zindashti dan kedua pria tersebut , yang berkomunikasi melalui Sky ECC, jaringan pesan terenkripsi yang telah ditutup oleh pihak berwenang di AS dan Eropa.

Biaya sebesar $350.000, ditambah biaya $20.000, disepakati untuk pembunuhan dua sasaran, seorang pria dan seorang wanita. Foto-foto calon korban dipertukarkan, beserta alamat dan peta yang menunjukkan lokasi mereka.

Membahas plot tersebut secara rutin antara Desember 2020 dan Januari 2021, Ryan mengatakan kepada Zindashti bahwa membunuh seseorang di AS merupakan sebuah tantangan, tetapi dia “mungkin memiliki seseorang yang dapat melakukannya.” Pada hari yang sama dia mengirim pesan kepada Pearson tentang “pekerjaan” di Maryland.

Pearson menjawab dengan mengatakan bahwa dia "sedang melakukannya" dan bahwa "menembak mungkin adalah hal yang paling mudah bagi mereka". Dia akan memberi tahu orang-orang bersenjata yang dia rencanakan untuk direkrut untuk “menembak (korban) di kepala (untuk) memberi contoh,” menambahkan “Kita harus menghapus kepalanya dari tubuhnya.” Sebuah “tim beranggotakan empat orang” akan melakukan pembunuhan.

Segera setelah serangan terhadap Zeraati di London, seorang mantan jurnalis Iran International mengatakan dia telah diberitahu oleh Unit Kontra-Terorisme Polisi Metropolitan “untuk segera meninggalkan tempat tinggal saya dan tinggal di tempat lain sampai pemberitahuan lebih lanjut.”

Menulis di X, Sima Sabet mengungkapkan bahwa tahun lalu dia dan rekannya Fardad Farahzad, yang kini berbasis di Washington, telah menjadi sasaran upaya pembunuhan yang diatur oleh IRGC.

Dia mengatakan rencana tersebut digagalkan oleh “dinas keamanan Barat,” yang telah memperoleh “file audio dan video di mana seorang komandan Pasukan Quds memerintahkan seseorang untuk membunuh saya dan Farahzad dengan pisau.”

Menurut Sabet, serangan terhadap Zeraati adalah “peringatan serius dan tindakan yang sangat meresahkan bagi semua jurnalis dan penentang Republik Islam di Inggris dan negara-negara Barat lainnya.”

Mehdi Hosseini Matin, kuasa usaha Iran di Inggris, mengatakan “kami menyangkal adanya kaitan” dengan serangan tersebut. [ARN]

Iran International, sebuah TV berbahasa Persia di London, telah dikategorikan oleh Teheran sebagai organisasi “teroris”. (Dipasok)
Poster “Ingin mati atau hidup” yang menampilkan Pouria Zeraati, Sima Sabet, Niusha Saremi dan Truske Sadeghi yang diterbitkan oleh Kantor Berita Fars yang didukung IRGC terlihat di jalan-jalan Teheran. (Dipasok)
Komandan Garda Revolusi Iran Hossein Salami berbicara selama latihan militer di dekat pulau Abu Musa, di lepas pantai kota Bandar Lengeh di Iran selatan. (Distribusi IRGC melalui Sepah News/AFP)

Pouria Zeraati, tengah, bersama tokoh khusus IRGC Inggris Kasra Aarabi, kiri, dan komentator politik Al Hossein Ghazizade. (Dipasok)
Magomed-Husejn Dovtaev, warga negara Austria kelahiran Chechnya, dihukum di Inggris karena menjadi mata-mata kelompok yang dicurigai merencanakan serangan terhadap stasiun TV independen Iran di London. Dia dijatuhi hukuman penjara selama tiga setengah tahun. (Foto Polisi Metropolitan / AFP 
Ahmad Molla Nissi, pendiri Gerakan Perjuangan Arab untuk Pembebasan Ahwaz, ditembak mati di luar rumahnya di Belanda pada November 2017. (X: @ahwazona1999)
Pembangkang politik Jerman-Iran Jamshid Sharmahd. (Foto Amnesti Internasional)
Jurnalis Inggris asal Iran, Sima Sabet. (X: @Sima_Sabet)  
Esmail Qaani, komandan Pasukan Quds yang ditakuti Iran, berbicara di Teheran dalam upacara peringatan pembunuhan jenderal IRGCV Qasem Soleimani pada tahun 2020 (di layar) pada 3 Januari 2024. (AFP/File)

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved