Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

[ANALISI] 'Kekalahan Perang' NATO dan Janji Kosong kepada Ukraina

Para menteri luar negeri negara-negara anggota NATO bertemu di Brussels minggu ini untuk memperingati ulang tahun ketujuh aliansi tersebut dan mempersiapkan pertemuan puncak mereka pada bulan Juli di Washington. Dalam pertemuan tersebut, para peserta membahas rencana untuk memperluas dukungan mereka terhadap Ukraina.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Kamis menegaskan kembali bahwa Ukraina pada akhirnya akan bergabung dengan NATO. Pesan serupa juga disampaikan AS sejak tahun 2008, meski aliansi tersebut belum mengungkapkan batas waktu konkrit untuk bergabung dengan Ukraina.

Perwakilan AS Marjorie Taylor Greene (sering disebut sebagai MTG) dan Senator AS JD Vance melalui media sosial mengecam komentar Blinken sebagai tidak bertanggung jawab dan berbahaya, dengan mengatakan bahwa mengundang Ukraina untuk bergabung dengan NATO selama perang adalah “mengundang negara kita berperang.”

KJ Noh, seorang cendekiawan, pendidik dan jurnalis serta anggota Veterans for Peace, bergabung dengan Political Misfits Sputnik pada hari Jumat untuk membahas perkembangan ini. Michelle Witte dari Sputnik bertanya kepada Noh apa yang akan terjadi jika Partai Republik memutuskan bahwa menentang ekspansi NATO adalah pesan politik yang unggul.

“Saya pikir ini akan menjadi tanda berakhirnya NATO,” jawab Noh. “Maksud saya, ini adalah situasi yang menarik karena seluruh perang ini dipicu oleh gagasan bahwa Ukraina pada akhirnya akan bergabung dengan NATO. Jadi mereka tidak bisa, dari pemerintahan ini, tidak bisa meninggalkan konsep tersebut sepenuhnya.”

“Tapi mari kita kembali ke MTG dan JD Vance. Anda tahu, mereka bukan orang-orang yang paling berpengetahuan di kelas politik, mereka jelas-jelas menjadi calo,” klaimnya. “Dan seperti yang saya katakan jika Anda ingat di acara ini, masyarakat AS cenderung secara refleks mendukung sebagian besar perang di AS. diprakarsai oleh elit mereka sampai mereka mulai kalah dan kemudian mereka berhenti mendukung mereka.”

“Saya pikir ini ada hubungannya dengan fakta bahwa mereka tidak percaya bahwa dikaitkan dengan NATO adalah suatu hal yang menguntungkan, yang saat ini sedang kalah perang, dan ini adalah perang NATO. Dan, tentu saja, hal ini juga berkaitan dengan fakta bahwa [mantan Presiden Donald] Trump sendiri memiliki pandangan bisnis yang sangat komersial terhadap NATO. Dia melihat mereka sebagai penunggang bebas di militer Amerika, dan dia menginginkan imbalan.”

“Jelas ada oposisi populer terhadap perang Ukraina. Jelas sekali bahwa AS tidak suka kalah perang atau dikaitkan dengan kekalahan perang. Dan jelas mereka tidak ingin dikaitkan dengan kekalahan perang yang menjadi tanggung jawab Biden,” pungkas Noh.

Mantan Presiden Donald Trump baru-baru ini mengatakan bahwa ia akan “100%” mempertahankan AS di NATO jika ia kembali ke Ruang Oval, selama negara-negara Eropa membayar “bagian yang adil” dan “bersikap adil.” Mantan presiden tersebut mengatakan kepada media Inggris bahwa AS membayar “90% dari NATO,” dan menambahkan bahwa ini adalah “hal yang paling tidak adil.”

NATO memperkirakan bahwa pada tahun 2023, Polandia merupakan negara dengan pembelanja terbesar dan mengalokasikan 3,9% PDB-nya untuk aliansi tersebut, yang berarti dua kali lipat jumlah yang dibelanjakan pada tahun 2022. Sebaliknya, Amerika menghabiskan 3,5% PDB-nya – hampir sama dengan jumlah yang dikeluarkan negara tersebut. jumlah yang telah dibelanjakannya selama dekade terakhir.

Namun, hanya 35% negara anggota NATO yang memenuhi target belanja pertahanan aliansi tersebut, sehingga memicu kritik dari Trump dan kelompok konservatif “America First”. Proposal untuk menghidupkan kembali industri pertahanan di negara-negara Eropa yang melemah disambut dengan skeptis karena benua tersebut diguncang oleh protes atas kekhawatiran ekonomi.

Witte bertanya kepada Noh apakah KTT NATO yang dijadwalkan pada bulan Juli akan mencakup rencana konkrit untuk memasukkan Ukraina ke dalam NATO.

“Aku belum melihatnya,” jawab Noh. "Apa pun mungkin. Namun menurut saya saat ini mereka sedang dalam proses pengendalian kerusakan. Jelas sekali NATO kalah. Dan ini, seperti yang saya katakan, adalah perang NATO. Dan mereka ingin melihat apakah mereka dapat melakukan pembongkaran yang terkendali.”

“Kami telah menanggung biaya-biaya ini. Jadi kita harus terus menanggung biaya yang lebih besar. Saya kira masyarakat Eropa tidak akan mendukung hal ini, [tetapi] elit penguasa tampaknya masih terjebak dalam hal ini. Jadi menurut saya ini adalah bencana yang luar biasa,” tambahnya.

“Saya pikir mereka juga ingin beralih lagi ke Pasifik , dan mereka ingin NATO terlibat di sana. Jadi saya pikir mereka mencoba melakukan yang terbaik untuk melihat apakah mereka bisa melepaskan diri dan menghapuskan tar ini. bayi yang dengan cepat menunjukkan hasil yang semakin berkurang.” [SP-TK]




Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved