Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Sekjen PBB: 'Rakyat Gaza hidup dalam mimpi buruk'

 

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Rabu mengatakan bahwa “rakyat Gaza hidup dalam mimpi buruk.”

Sekjen PBB bertemu dengan LSM selama acara Komisi Status Perempuan di PBB di mana beliau mengatakan, "Konflik yang berkecamuk di seluruh dunia merupakan bencana besar bagi perempuan dan anak perempuan."

Guterres menyoroti fenomena kekerasan secara global terhadap hak-hak perempuan, penyempitan ruang perempuan dalam masyarakat dan ancaman yang dihadapi oleh pembela hak-hak perempuan.

“Dengan angka yang ada saat ini, 340 juta wanita dan anak perempuan masih akan hidup dalam kemiskinan ekstrim pada 2030. Kita tidak bisa membiarkan hal ini terjadi,” kata dia.

Mengacu pada konflik global yang berkecamuk, Guterres mengatakan setidaknya dua pertiga dari mereka yang tewas di Gaza adalah perempuan dan anak-anak.

“Warga Gaza hidup dalam mimpi buruk,” ujar dia.

Guterres lebih lanjut mencatat bahwa penyerangan terhadap warga sipil dan gagalnya memberikan perlindungan kepada mereka adalah pelanggaran hukum kemanusiaan internasional.

Dia mendesak semua pihak untuk mengutuk kekerasan seksual dalam perang.

Israel melancarkan serangan militer mematikan di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas Hamas pada 7 Oktober.

Lebih dari 31.000 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, tewas di Gaza, dan lebih dari 73.000 orang terluka akibat serangan-serangan Israel.

Perang Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza mengungsi di tengah blokade yang melumpuhkan sebagian besar makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel menghadapi gugatan tuduhan melakukan genosida terhadap masyarakat Gaza di Mahkamah Internasional, yang mana dalam keputusan sementara pengadilan itu pada Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida.

Mahkamah Internasional juga memerintahkan Israel agar mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan disalurkan kepada warga sipil di Gaza, di mana lebih dari 31.000 orang tewas akibat serangan tentara Israel. [AA]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved