Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Presiden Uganda Museveni mengangkat putranya menjadi panglima militer

 Setelah 38 tahun berkuasa, pemimpin veteran ini tidak memiliki saingan, sehingga banyak orang percaya bahwa ia sedang mempersiapkan putranya untuk menduduki jabatan puncak.

Presiden Uganda Yoweri Museveni telah mempromosikan putranya sebagai panglima militer, sehingga menimbulkan kekhawatiran bahwa ia sedang mempersiapkan anak sulungnya untuk menjadi presiden.

Kementerian Pertahanan dan Urusan Veteran pada Kamis malam mengumumkan bahwa Jenderal Muhoozi Kainerugaba telah ditunjuk sebagai panglima pasukan pertahanan, membatasi peningkatan pesatnya dalam jajaran tentara Uganda sejak akhir tahun 1990an.

Langkah pemimpin veteran itu menimbulkan spekulasi bahwa ia sedang mempersiapkan putranya, 49 tahun, untuk menggantikannya sebagai presiden. Dalam postingan di X tahun lalu yang sekarang sudah dihapus, Kainerugaba mengatakan dia bermaksud mencalonkan diri sebagai presiden pada pemilu 2026, meskipun dia dilaporkan juga membantah klaim bahwa dia mengincar jabatan puncak.

Baru-baru ini, putra presiden mengadakan demonstrasi di seluruh negeri, melanggar undang-undang yang melarang perwira militer terlibat dalam politik partisan. Namun Kainerugaba mengatakan aktivitasnya, termasuk peluncuran kelompok aktivis Liga Patriotik Uganda, bersifat non-partisan.

'Proyek Muhoozi'



Museveni , 79 tahun, pertama kali mengambil alih kekuasaan melalui kekerasan pada tahun 1986 dan sejak itu telah terpilih sebanyak enam kali. Ia tidak mempunyai saingan di dalam partai berkuasa, Gerakan Perlawanan Nasional, sehingga banyak orang percaya bahwa militer mempunyai hak suara dalam memilih penggantinya.

Para pendukung Kainerugaba mengatakan bahwa ia menawarkan kesempatan untuk melakukan peralihan kekuasaan secara damai di bekas jajahan Inggris tersebut, yang mungkin merupakan yang pertama sejak kemerdekaan pada tahun 1962. Para kritikus mengatakan kebangkitannya membawa negara Afrika Timur tersebut menuju pemerintahan turun-temurun.

Kainerugaba bergabung dengan tentara pada akhir tahun 1990-an, kenaikan pangkatnya yang cepat dijuluki “Proyek Muhoozi”. Museveni dan Kainerugaba sama-sama membantah adanya skema untuk mengangkatnya menjadi presiden, namun penunjukan Kainerugaba menjadi panglima militer, disertai dengan perombakan menteri, menunjukkan bahwa transisi mungkin sedang berlangsung. [AL-JA]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved