Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Presiden Siprus: Pengiriman bantuan kedua ke Gaza siap berlayar,

 LARNACA, Siprus: Kargo bantuan pangan kedua siap diberangkatkan melalui laut dari Siprus ke Gaza pada hari Sabtu, kata presiden pulau itu, setelah kiriman bantuan pertama mendarat di daerah kantong Palestina yang terkepung semalam.

Hampir 200 ton makanan tiba di daerah kantong itu pada Jumat malam, pengiriman pertama dalam jalur bantuan baru ke Jalur Gaza, yang hancur akibat perang selama lima bulan.

“Kapal pertama sudah mulai kembali ke Siprus, dan kami siap memberangkatkan kapal kedua,” kata Presiden Siprus Nikos Christodoulides kepada wartawan.

Kapal kedua yang membawa bantuan seberat 240 ton ditambatkan di pelabuhan Larnaca menunggu sinyal untuk berlayar.


Badan amal World Central Kitchen (WCK) yang berbasis di AS, yang mengatur misi tersebut bersama dengan badan amal UEA dan Spanyol Open Arms dengan dukungan dari pemerintah Siprus, mengatakan pengiriman baru tersebut termasuk palet barang kaleng dan produk curah.

WCK mengatakan kapal kedua juga memiliki dua forklift dan sebuah crane untuk membantu pengiriman maritim ke Gaza di masa depan. Sebuah kapal awak akan menemani kapal kargo dengan delapan pekerja untuk mengoperasikan mesin dan menurunkan bantuan, katanya. Dalam misi pertama, badan amal tersebut menurunkan bantuan ke dermaga darurat WCK yang dibangun dari puing-puing bangunan yang hancur.

“Mudah-mudahan, koridor yang kami buka hari ini akan menjadi jalur yang berdampingan dengan koridor darat untuk mengurangi kelaparan, meringankan penderitaan, dan memulihkan kemanusiaan bagi penduduk sipil,” Open Arms, yang menyediakan kapal tersebut, mengatakan pada hari Jumat di X.

Badan utama PBB yang beroperasi di Gaza mengatakan pada hari Sabtu bahwa satu dari tiga anak di bawah usia 2 tahun di Gaza utara sekarang mengalami kekurangan gizi akut dan kelaparan akan segera terjadi.

Kampanye udara dan darat Israel di Gaza, yang dipicu oleh serangan Hamas pada 7 Oktober, telah membuat sebagian besar dari 2,3 juta penduduk di wilayah kantong tersebut mengungsi dan membuat orang-orang sangat membutuhkan makanan dan kebutuhan pokok lainnya. (Laporan oleh Stamos Prousalis, Yiannis Kourtoglou dan Michele Kambas Penyuntingan oleh Frances Kerry) 

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved