Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Perang Gaza: Surat kabar Prancis Liberation Dikritik Karena Kartunnya Yang Mengejek Warga Palestina

   

Surat kabar harian Prancis Liberation mendapat kecaman karena menerbitkan kartun yang mengolok-olok warga Palestina yang berpuasa di Gaza untuk mencari makanan.

Kartun karya seniman Corinne Rey menggambarkan seorang pria Palestina kurus yang mengejar tikus dan kecoa di tengah reruntuhan dan bangunan yang hancur. Seorang wanita dalam kartun itu menampar tangannya dan menegurnya, dengan menyatakan: "Jangan sebelum matahari terbenam."

Video tersebut dibagikan pada hari Senin X , dengan judul: "Ramadhan di Gaza," mengacu pada bulan suci umat Islam di mana jamaah berpantang segala bentuk makanan dan minuman pada siang hari.

Pengguna media sosial mengecam ilustrasi tersebut sebagai “ rasis ”, “tidak manusiawi” dan contoh ekspresi publik yang “memuakkan” ketika ratusan ribu warga Palestina menghadapi kelaparan akibat pencegahan bantuan Israel ke daerah kantong yang dilanda perang tersebut.


" Contoh utama bagaimana media Barat dan Prancis tidak memanusiakan warga Palestina dan mengabaikan proses genosida dan pembersihan etnis rakyat Palestina di Jalur Gaza saat ini ," kata salah satu pengguna media sosial.

Kritikus lain terhadap kartun tersebut menulis bahwa surat kabar berhaluan kiri-tengah tersebut menyindir “kelaparan yang paling cepat, paling dahsyat, dan disengaja terhadap suatu populasi yang pernah ada… mengejek 2,3 juta warga Palestina yang kelaparan di bawah pemboman Israel yang dilakukan AS, Inggris, dan Uni Eropa, setengahnya adalah anak-anak”.

Israel memutus semua bahan bakar, makanan, air, bantuan dan listrik ke Gaza pada 9 Oktober. Pengeboman yang tiada henti terhadap rumah sakit, toko roti, supermarket, dan apotek di wilayah yang terkepung telah menyebabkan kehancuran total sektor medis dan memaksa orang mencari sisa makanan untuk bertahan hidup.

PBB dan beberapa lembaga bantuan telah berulang kali memperingatkan bahwa Gaza berada di ambang kelaparan, dan menyerukan agar Israel segera mengizinkan bantuan.

Setidaknya 27 orang telah meninggal karena kekurangan gizi dan dehidrasi sejak dimulainya perang, termasuk seorang anak berusia 10 tahun yang menderita Cerebral Palsy.

'Contoh yang menjijikkan'


Rey datang ke X pada hari Selasa untuk membela karyanya, dengan menyatakan bahwa gambarnya bertujuan untuk menjelaskan keputusasaan yang dialami oleh orang-orang Palestina, “mengecam kelaparan di Gaza”, dan juga memberikan kritik terhadap agama.

Terjemahan: Antologi kecil (sangat kecil eh) berisi omong kosong, ancaman, dan pesan antisemit yang diterima setelah gambar ini diterbitkan kemarin di Libé. Sebuah gambar (yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya!) yang menyoroti keputusasaan rakyat Palestina, mengecam kelaparan di Gaza dan juga mengolok-olok absurditas agama.

Sementara beberapa pengguna membela kartun Rey sebagai kebebasan berekspresi, yang lain menyatakan ketidakpuasan terhadap apa yang mereka sebut sebagai prioritas yang salah di tengah perang yang sedang berlangsung.

“Suatu populasi telah dibantai selama 4 bulan dan mereka yang masih hidup kelaparan dan kaum borjuis merasa perlu untuk 'mengkritik agama',” kata salah satu pengguna.

Beberapa pengguna juga mengatakan bahwa ilustrasi tersebut hanyalah contoh lain dari diskriminasi sistemik terhadap Muslim dan Arab di masyarakat Perancis, yang menurut banyak Muslim semakin meningkat seiring dengan dimulainya perang di Gaza.

Kartun tersebut adalah “contoh menjijikkan tentang bagaimana rasisme anti-Palestina dan kefanatikan anti-Muslim telah merasuki sebagian besar kelompok sayap kiri di masyarakat Prancis,” kata salah satu pengguna .

Pada bulan Februari 2023, majalah satir kontroversial Prancis Charlie Hebdo menghadapi kritik karena mengejek korban gempa Turki-Suriah , yang merenggut nyawa lebih dari 55.000 orang dan menyebabkan puluhan ribu lainnya terluka. [Middle]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved