Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

lapor surat kabar Haaretz: Israel memeriksa apakah petinggi Hamas tewas dalam serangan udara

JERUSALEM: Militer Israel sedang memeriksa apakah militan senior Hamas Marwan Issa tewas dalam serangan udara di Gaza minggu ini, surat kabar Israel Haaretz melaporkan pada hari Senin.

Militer Israel tidak segera mengkonfirmasi laporan tersebut, yang mengatakan sebuah lokasi di Nusseirat di Gaza tengah diserang dua hari lalu, berdasarkan intelijen bahwa Issa, yang diyakini sebagai orang kedua di sayap bersenjata Hamas, ada di sana.

Hamas tidak segera menanggapi permintaan komentar atas laporan surat kabar Israel tersebut.

Issa berada di urutan teratas daftar orang yang paling dicari Israel, bersama dengan Mohammed Deif, kepala sayap militer Hamas, Brigade Izz el-Deen Al-Qassam, dan pemimpin Hamas di Gaza, Yahya Sinwar, yang diyakini mendalangi pembunuhan tersebut. serangan kelompok itu pada 7 Oktober di Israel selatan yang memicu perang Gaza.

Jika benar, kematiannya dapat mempersulit upaya untuk mengamankan gencatan senjata di Gaza dan kesepakatan pembebasan sandera dalam negosiasi yang telah terhenti.

Situs web yang terhubung dengan Hamas memperingatkan warga Palestina untuk tidak bekerja sama dengan Israel.

Situs web yang terhubung dengan Hamas pada hari Senin memperingatkan individu atau kelompok Palestina agar tidak bekerja sama dengan Israel untuk memberikan keamanan bagi konvoi bantuan di tengah perang yang telah berlangsung selama lima bulan di Jalur Gaza.

Mereka yang melakukan hal tersebut akan diperlakukan sebagai kolaborator dan ditangani dengan tangan besi, kata situs keamanan Hamas Al-Majd, mengutip seorang pejabat keamanan di pasukan militan Palestina.

Peringatan itu muncul sebagai tanggapan terhadap laporan media Israel bahwa Israel sedang mempertimbangkan untuk mempersenjatai beberapa individu atau klan Palestina di Gaza untuk memberikan perlindungan keamanan bagi konvoi bantuan ke wilayah kantong yang terkepung sebagai bagian dari perencanaan yang lebih luas untuk pasokan kemanusiaan setelah pertempuran berakhir.

Kantor Perdana Menteri Israel menolak mengomentari laporan tersebut, yang muncul seminggu setelah puluhan warga Palestina tewas dalam insiden di mana massa mengepung konvoi truk bantuan yang memasuki Gaza utara dan tentara melepaskan tembakan.

“Upaya pendudukan untuk berkomunikasi dengan para pemimpin dan klan dari beberapa keluarga untuk beroperasi di Jalur Gaza dianggap sebagai kolaborasi langsung dengan pendudukan dan merupakan pengkhianatan terhadap bangsa yang tidak akan kami toleransi,” kata situs tersebut, mengutip pejabat tersebut.

“Upaya pendudukan (Israel) untuk membentuk badan-badan yang mengelola Gaza adalah 'konspirasi gagal' yang tidak akan terwujud.”

Dengan semakin ketatnya ketertiban sipil di Gaza yang dikuasai Hamas dan polisi menolak memberikan keamanan kepada konvoi karena risiko menjadi sasaran pasukan Israel, masalah keamanan distribusi makanan dan pasokan lainnya yang sangat dibutuhkan telah menjadi masalah besar.

Gaza memiliki beberapa klan keluarga tradisional yang besar, yang berafiliasi dengan faksi politik termasuk Hamas dan Fatah, kelompok saingan yang mendominasi Otoritas Palestina di Tepi Barat yang diduduki. Beberapa dari klan tersebut diyakini memiliki persenjataan lengkap dan belum ada indikasi bahwa mereka akan mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan Israel.

Menanggapi rencana Uni Eropa dan Amerika Serikat untuk menciptakan koridor laut untuk mengirim kapal bantuan ke daerah kantong tersebut, pejabat senior Hamas Basem Naim mengatakan ini adalah langkah “positif” tetapi dunia seharusnya bertindak untuk mengakhiri perang.

“Memastikan seluruh kebutuhan penduduk di Jalur Gaza terpenuhi bukanlah sebuah bantuan dari siapa pun; itu adalah hak yang dijamin berdasarkan hukum humaniter internasional bahkan di masa perang,” kata Naim kepada Reuters.

“Jika pemerintah AS serius dalam menyelesaikan krisis kemanusiaan, jalan termudah dan terpendek adalah berhenti menggunakan hak veto untuk memungkinkan gencatan senjata tercapai, dan memaksa Israel untuk membuka semua jalur darat dan mengizinkan masuknya semua bantuan yang diperlukan,” kata Naim. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved