Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Krisis pendanaan UNRWA menambah masalah Gaza di tengah kekosongan pemerintahan

LONDON: Harapan memudar dengan cepat untuk pemulihan pendanaan bagi Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB, UNRWA, yang memberikan bantuan kepada pengungsi Palestina di Gaza dan di seluruh wilayah, setelah adanya laporan bahwa penangguhan sumbangan dari AS dapat dijadikan permanen.

Empat belas donor, termasuk Jerman, Inggris, dan Amerika Serikat, menghentikan pendanaan sekitar sebulan yang lalu setelah diketahui bahwa UNRWA telah meluncurkan penyelidikan internal terhadap tuduhan bahwa 12 stafnya ikut serta dalam serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober. .

Amerika sendiri memberikan dana sebesar $343 juta kepada UNRWA pada tahun 2023. Dalam upaya untuk mengatasi kekurangan besar akibat penangguhan tersebut, Pusat Bantuan dan Bantuan Kemanusiaan Raja Salman di Arab Saudi, KSrelief, mengumpulkan hampir $170 juta dalam bentuk sumbangan amal.

Namun, Abdullah Al-Rabeeah, pengawas jenderal KSrelief, mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk membuat lembaga tersebut kembali berdiri adalah dengan mencabut penangguhan tersebut, dan mengatakan kepada harian UEA bahwa ia berharap “penyandang dana global akan meninjau kembali pendirian mereka.”

Gershon Baskin, direktur Timur Tengah untuk Organisasi Komunitas Internasional, setuju dengan pandangan bahwa pemulihan pendanaan sangat penting bagi kelangsungan hidup UNRWA, dan menambahkan bahwa upaya diplomatik untuk mendorong “khususnya AS” untuk meninjau kembali pendiriannya dapat dimengerti.

Namun, dukungan terhadap penangguhan lanjutan tidak bersifat universal. Kanada, Komisi Eropa dan Swedia semuanya telah mengumumkan bahwa mereka akan melanjutkan bantuan.

Riham Jafari, koordinator advokasi kantor Action Aid di wilayah Palestina yang diduduki, mengatakan bahwa pengumuman ini, bersama dengan upaya yang datang dari Riyadh, “sangat penting.”

“Perkembangan ini akan memungkinkan UNRWA untuk melanjutkan pekerjaan kemanusiaan dan pembangunannya serta menanggapi meningkatnya kebutuhan kemanusiaan warga Gaza akibat perang berkelanjutan melawan Gaza,” kata Jafari kepada Arab News.

“Secara politis, hal ini berarti mendukung UNRWA adalah bagian dari mendukung stabilitas kawasan dan mendukung keadilan internasional, karena UNRWA bertanggung jawab untuk melayani jutaan pengungsi. Ini adalah bagian dari mendukung perdamaian regional.”

Namun, meskipun dana sebesar $170 juta dikumpulkan oleh KSrelief dan dimulainya kembali pendanaan dari Kanada, Swedia dan Komisi Eropa, Jafari mengatakan bahwa hal ini sepertinya tidak akan cukup untuk menutup kekurangan yang tersisa.

Yang lebih buruk lagi, dampak dari penangguhan pendanaan ini tampaknya mempunyai dampak yang besar di sektor bantuan kemanusiaan yang lebih luas, dimana banyak organisasi yang menyatakan keprihatinan atas persepsi bahwa tidak ada bantuan sama sekali yang masuk ke daerah kantong yang terkepung.

Juru bicara lembaga amal Muslim Hands yang berkantor pusat di Inggris mengatakan kepada Arab News bahwa persepsi ini merupakan perkembangan yang “mengkhawatirkan dan tidak benar”.

“Hal ini juga menyebabkan berkurangnya kontribusi yang diterima, sesuatu yang ingin kami perbaiki,” kata juru bicara tersebut. “Bantuan yang kami kirimkan tidak hanya sampai kepada mereka yang membutuhkan di Jalur Gaza, kami juga memiliki pelacak langsung yang memungkinkan mereka yang mendukung kami untuk melihat hal ini.”

Namun, terlepas dari semua upaya yang dilakukan badan amal tersebut, Baskin mengatakan kepada Arab News “tidak ada organisasi di lapangan yang dapat turun tangan dan menggantikan apa yang dilakukan UNRWA. Jika dilihat dari yang lain, mereka secara kolektif menawarkan kurang dari 10 persen dari apa yang disediakan.”

Peluang AS untuk memulihkan pendanaannya untuk UNRWA mendapat pukulan telak minggu lalu ketika juru bicara Departemen Luar Negeri AS Mathew Miller mengatakan dalam sebuah pengarahan, “kita harus merencanakan fakta bahwa Kongres dapat membuat jeda tersebut menjadi permanen.”

Hal ini terjadi meskipun Presiden Joe Biden mengatakan bahwa pekerjaan UNRWA “sangat diperlukan.”

Biden dapat menggunakan kekuasaan eksekutifnya untuk mencabut penangguhan tersebut. Namun, menurut Reuters, bahkan jika dia mengambil langkah sepihak seperti itu, dia hanya akan mampu mengeluarkan sekitar $300.000 kepada badan tersebut sebelum harus meminta persetujuan Kongres sekali lagi.

Dalam langkah yang agak kontradiktif, pemerintahan Biden tampaknya mendukung rancangan undang-undang pendanaan yang akan memberikan bantuan militer kepada Israel dan Ukraina, tetapi juga berisi ketentuan yang akan memblokir pendanaan UNRWA jika undang-undang tersebut menjadi undang-undang.

William Deere, direktur kantor perwakilan UNRWA di Washington, mengatakan kepada Reuters bahwa dengan dukungan AS yang mencapai sepertiga dari total anggaran badan tersebut, kerugian – baik sementara atau tidak – akan “sangat sulit diatasi.”

Dia mengatakan bahwa pekerjaan UNRWA lebih dari sekedar bantuan kemanusiaan untuk Gaza. “Ini adalah layanan kesehatan, pendidikan dan layanan sosial. Itu adalah Yerusalem Timur, Tepi Barat, Yordania, Suriah, Lebanon” – di mana pun pengungsi Palestina tinggal di wilayah tersebut.

Sementara itu, pemerintah Israel telah berusaha untuk mendiskreditkan badan tersebut – sebuah tantangan yang menurut analis Yordania Osama Al-Sharif telah dialami oleh UNRWA “selama beberapa dekade.”

“Sejauh yang dilakukan Israel, pencairan dana UNRWA adalah bagian dari rencana yang lebih besar untuk mengubur masalah pengungsi Palestina dan aspek politik yang terkait dengan nasib mereka dalam penyelesaian di masa depan,” kata Al-Sharif kepada Arab News.

“Tetapi bencana di Gaza telah merusak upaya Israel, karena sekarang hampir semua warga Gaza mengungsi, termasuk para pengungsi asli. Komunitas internasional harus mendukung UNRWA sekarang untuk mengatasi bencana kemanusiaan di sana.”

Tidak peduli apa yang akhirnya diputuskan oleh negara-negara donor mengenai pendanaan mereka yang ditangguhkan, Baskin mengatakan bahwa penyelidikan internal dan independen terhadap keterlibatan staf UNRWA dalam serangan 7 Oktober harus ditangani demi akuntabilitas.

Dalam praktiknya, ia mengatakan bahwa hal ini akan meningkatkan transparansi, memastikan staf tidak mengkooptasi bantuan, dan menunjuk pada permasalahan seputar dugaan penggunaan situs UNRWA oleh sayap militan Hamas.

Tampaknya masa depan UNRWA tidak hanya bergantung pada hasil penyelidikan namun, sebagaimana dicatat oleh mantan anggota parlemen dan direktur Dewan Konservatif Timur Tengah Charlotte Leslie, badan tersebut membuktikan kebenaran penyelidikan tersebut.

“Jika tuduhan tersebut dibersihkan dan langkah-langkah yang terbukti diambil untuk memastikan UNRWA sendiri tidak menimbulkan risiko keamanan, hal ini akan menjadi preseden yang sangat buruk jika tuduhan saja dapat menutup sebuah organisasi internasional,” kata Leslie kepada Arab News.

Bagi Al-Sharif, pertanyaan sebenarnya adalah masa depan Palestina. Dalam pandangannya, “penting untuk melihat apa yang terjadi di Gaza bukan sebagai masalah amal namun sebagai masalah politik yang perlu ditangani oleh komunitas internasional.”

Menggambarkan pendanaan untuk UNRWA sebagai hal yang “penting namun tidak cukup,” ia mendesak para aktor internasional untuk mengalihkan perhatian mereka pada situasi pasca perang di Gaza, masa depan wilayah kantong tersebut, dan isu-isu yang lebih luas terkait dengan permasalahan Palestina.

“Membiarkan kelompok garis keras Israel melanjutkan upaya mereka untuk melikuidasi Palestina akan membuat wilayah ini berada dalam kekacauan,” kata Al-Sharif. “Komunitas internasional menyadari hal ini. Begitu juga dengan para pemimpin regional, yang akan mendorong dunia untuk mengatasi pendudukan Israel untuk selamanya.”

Sependapat, Baskin mengatakan bahwa pengakuan negara Palestina akan meniadakan kebutuhan akan UNRWA sama sekali.

“Setelah Palestina diakui, tanggung jawab UNRWA di sana menjadi tanggung jawab negara,” katanya. “Ini adalah masa depan kawasan ini – agar negara Palestina diakui oleh dunia. Inilah yang perlu terjadi. Mungkin ini terlalu berlebihan untuk dibayangkan orang.” [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved