Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Koalisi pimpinan AS menembak jatuh 15 drone pemberontak Yaman

DUBAI: Pasukan AS dan sekutu menembak jatuh 15 drone serang satu arah yang ditembakkan oleh pemberontak Yaman yang didukung Iran ke Laut Merah dan Teluk Aden, kata militer AS pada Sabtu.

Itu adalah salah satu serangan terbesar Houthi sejak mereka memulai kampanye serangan pesawat tak berawak dan rudal terhadap kapal-kapal di wilayah Laut Merah, yang penting bagi perdagangan dunia, pada bulan November, sebagai bentuk solidaritas dengan warga Palestina selama perang Israel melawan militan Hamas di Jalur Gaza.

Komando Pusat AS, atau CENTCOM, mengatakan serangan Houthi “berskala besar” terjadi sebelum fajar di Laut Merah dan Teluk Aden yang berdekatan.

CENTCOM dan pasukan koalisi menetapkan bahwa drone tersebut “menimbulkan ancaman besar terhadap kapal dagang, Angkatan Laut AS, dan kapal koalisi di wilayah tersebut.”

Ia menambahkan, dalam sebuah postingan di platform media sosial X, bahwa “kapal dan pesawat Angkatan Laut AS bersama dengan beberapa kapal dan pesawat angkatan laut koalisi menembak jatuh 15” drone tersebut.

“Tindakan ini diambil untuk melindungi kebebasan navigasi dan membuat perairan internasional lebih aman dan terjamin.”

Pada tanggal 9 Januari, pasukan AS dan Inggris menembak jatuh 18 drone dan tiga rudal yang ditembakkan oleh pemberontak terhadap kapal-kapal di Laut Merah, kata militer AS pada saat itu.

Inggris mengatakan itu adalah serangan terbesar yang dilakukan Houthi pada saat itu.

Amerika Serikat pada bulan Desember mengumumkan inisiatif keamanan maritim untuk melindungi pelayaran Laut Merah dari serangan Houthi, yang telah memaksa kapal-kapal komersial untuk beralih dari rute yang biasanya membawa 12 persen perdagangan global.

Sejak bulan Januari, Amerika Serikat dan Inggris juga telah melancarkan serangan berulang kali terhadap sasaran Houthi di Yaman sebagai tanggapan atas serangan kapal tersebut, namun pemberontak terus menyerang kapal dagang dan juga menargetkan kapal Amerika dan Inggris. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved