Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Israel 'Perlu Menghilangkan Semua Hambatan Terhadap Bantuan Gaza'

WASHINGTON/YERUSALEM: Kepala bantuan PBB Martin Griffiths pada hari Jumat menyerukan gencatan senjata segera dan mengatakan Israel perlu menghilangkan semua hambatan dalam distribusi bantuan ke warga Gaza.

“Batasan distribusi bantuan di Gaza ditentukan oleh mereka yang memblokir pergerakan konvoi yang dimaksudkan untuk memberi makan puluhan ribu orang yang kelaparan,” kata Griffiths dalam sebuah postingan di platform media sosial X.

Sementara itu, pemerintah Israel mengumumkan akan menyita 800 bantuan. hektar lahan di Tepi Barat yang diduduki, yang oleh para aktivis disebut sebagai penyitaan terbesar dalam beberapa dekade.

Area seluas sekitar 1.980 hektar di Lembah Yordan bagian utara telah dinyatakan sebagai “tanah negara,” kata Menteri Keuangan sayap kanan Bezalel Smotrich, yang telah berjanji untuk memperluas pemukiman Yahudi di Tepi Barat, yang dianggap ilegal menurut hukum internasional.

LATAR BELAKANG

Peace Now menyebut waktu pengumuman tersebut sebagai sebuah 'provokasi' karena hal tersebut terjadi saat Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken melakukan kunjungan, yang mengkritik perluasan pemukiman oleh pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Yordania mengecam perampasan tanah baru tersebut, “menegaskan kembali penolakan kategoris kerajaan tersebut dan kecaman terhadap pelanggaran yang terus dilakukan pemerintah Israel terhadap semua norma hukum internasional.”

Meskipun ada kecaman internasional terhadap kebijakan yang dianggap sebagai salah satu hambatan utama bagi perdamaian Timur Tengah, pemerintahan yang dipimpin Netanyahu telah secara tajam mempercepat perluasan permukiman Israel di Tepi Barat.

Tidak termasuk Yerusalem Timur yang dianeksasi, wilayah tersebut kini menjadi rumah bagi lebih dari 490.000 warga Israel, yang tinggal bersama sekitar 3 juta warga Palestina.

Pengawas permukiman Israel, Peace Now, mengatakan penyitaan tersebut merupakan yang terbesar sejak Perjanjian Oslo tahun 1993 dan bahwa “tahun 2024 menandai puncak deklarasi tanah negara.”

Peace Now menyebut waktu pengumuman tersebut sebagai sebuah “provokasi” karena hal tersebut terjadi saat Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken melakukan kunjungan, yang mengkritik perluasan pemukiman oleh pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Blinken bertemu Netanyahu di Tel Aviv pada hari Jumat untuk melakukan pembicaraan.

Israel merebut Tepi Barat, termasuk mencaplok Yerusalem timur, dalam perang Arab-Israel tahun 1967, dan semua pemukiman Israel di wilayah tersebut dianggap ilegal menurut hukum internasional.

“Meskipun ada orang-orang di Israel dan dunia yang berusaha melemahkan hak kami atas wilayah Yudea dan Samaria dan negara secara umum, kami mempromosikan penyelesaian melalui kerja keras dan dengan cara yang strategis di seluruh negeri,” kata Smotrich, menggunakan Istilah Israel untuk Tepi Barat.

Beberapa pemimpin pemukim garis keras telah menjadi sasaran pembekuan aset dan larangan perjalanan oleh Inggris, Uni Eropa dan Amerika Serikat atas dugaan peran mereka dalam kekerasan tersebut. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved