Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Israel Minta warga Palestina Keluar Dari Rafah

 TEL AVIV: Militer Israel pada Rabu mengatakan pihaknya berencana mengarahkan sebagian besar dari 1,4 juta pengungsi Palestina yang tinggal di kota Rafah paling selatan di Jalur Gaza menuju “pulau-pulau kemanusiaan” di tengah wilayah tersebut sebelum rencana serangannya di wilayah tersebut.

Nasib orang-orang di Rafah telah menjadi perhatian utama para sekutu Israel – termasuk Amerika Serikat – dan kelompok-kelompok kemanusiaan, karena khawatir serangan di wilayah yang padat dengan begitu banyak pengungsi akan menjadi sebuah bencana. Rafah juga merupakan pintu masuk utama Gaza untuk bantuan yang sangat dibutuhkan.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan serangan Rafah sangat penting untuk mencapai tujuan Israel menghancurkan Hamas setelah serangan militan pada 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan sekitar 250 orang disandera dan dibawa ke Gaza. Invasi Israel ke Gaza telah menewaskan lebih dari 31.000 orang, menurut pejabat kesehatan Gaza, menyebabkan sebagian besar wilayah kantong itu hancur dan membuat sekitar 80 persen dari 2,3 juta penduduk Gaza mengungsi.

Kepala juru bicara militer Israel, Laksamana Muda Daniel Hagari, mengatakan pemindahan mereka yang berada di Rafah ke wilayah yang ditentukan, yang menurutnya akan dilakukan melalui koordinasi dengan aktor internasional, adalah bagian penting dari persiapan militer untuk mengantisipasi invasi ke Rafah, tempat Israel mengatakan Hamas memiliki empat batalion yang ingin mereka hancurkan.

Rafah telah membengkak dalam beberapa bulan terakhir karena warga Palestina di Gaza melarikan diri dari pertempuran di hampir setiap sudut wilayah tersebut. Kota ini ditutupi tenda.

“Kita perlu memastikan bahwa 1,4 juta orang atau setidaknya sejumlah besar dari 1,4 juta orang akan pindah. Di mana? Ke pulau-pulau kemanusiaan yang akan kami ciptakan bersama komunitas internasional,” kata Hagari kepada wartawan dalam sebuah pengarahan.

Hagari mengatakan pulau-pulau itu akan menyediakan perumahan sementara, makanan, air dan kebutuhan lainnya bagi warga Palestina yang dievakuasi. Dia tidak mengatakan kapan evakuasi Rafah akan dilakukan, atau kapan serangan Rafah akan dimulai, dan mengatakan bahwa Israel ingin waktunya tepat secara operasional dan harus dikoordinasikan dengan negara tetangganya, Mesir, yang mengatakan Israel tidak ingin gelombang pengungsi Palestina melintasi perbatasannya. berbatasan.

Pada awal perang, Israel mengarahkan pengungsi ke sebidang tanah yang belum dikembangkan di sepanjang pantai Mediterania Gaza yang ditetapkan sebagai zona aman. Namun kelompok bantuan mengatakan tidak ada rencana nyata untuk menerima pengungsi dalam jumlah besar di sana. Serangan Israel juga menargetkan wilayah tersebut.

Lebih dari 31.270 warga Palestina telah terbunuh di Gaza dan sebagian besar dari 2,3 juta penduduknya terpaksa meninggalkan rumah mereka, kata Kementerian Kesehatan Gaza. Kementerian tidak membedakan antara warga sipil dan kombatan dalam perhitungannya, namun mengatakan perempuan dan anak-anak merupakan dua pertiga dari korban tewas.

Israel menyalahkan Hamas atas kematian warga sipil karena militan bertempur di daerah pemukiman padat. Militer mengatakan telah membunuh 13.000 pejuang Hamas, tanpa memberikan bukti.

Sementara itu, pertempuran terus berlanjut di Gaza. Serangan Israel pada hari Rabu menghantam tempat distribusi makanan di Gaza selatan yang dijalankan oleh UNRWA, badan PBB yang menangani pengungsi Palestina, menewaskan satu anggota staf badan tersebut dan melukai 22 lainnya.

Kematian tersebut menambah jumlah pekerja yang tewas dalam lima bulan terakhir pertempuran, menurut UNRWA, menjadi 165 orang.

Otoritas kesehatan Gaza mengatakan total lima orang tewas dalam serangan di halaman gudang UNRWA.

Hagari mengatakan tentara sedang menyelidiki laporan tersebut.

Konflik tersebut telah memicu bencana kemanusiaan yang menyebabkan meningkatnya kelaparan. Pengiriman bantuan terhambat oleh pembatasan yang dilakukan Israel, permusuhan yang sedang berlangsung, dan rusaknya ketertiban di Gaza, menurut PBB. Israel membantah pihaknya membatasi masuknya bantuan.

Krisis ini sangat akut di bagian utara Gaza, yang menjadi target awal Israel pada minggu-minggu awal perang.

Hagari mengatakan pada hari Rabu bahwa Israel berencana untuk “membanjiri daerah tersebut” dengan bantuan, dengan rencana untuk meningkatkan masuknya barang dari berbagai titik di Gaza utara, setelah setengah lusin truk yang mengirimkan bantuan masuk dari utara pada hari Selasa sebagai bagian dari program percontohan. Dia tidak mengatakan berapa banyak lagi truk yang diperkirakan masuk dan berapa frekuensinya.

Hagari juga mengatakan perwakilan dari militer AS diperkirakan berada di Israel minggu ini untuk lebih mengoordinasikan rencana dermaga terapung AS yang akan dibangun di lepas pantai Gaza, yang menurutnya akan “penting” bagi Gaza utara.

Amerika dan negara-negara lain juga telah mengirimkan makanan ke Gaza utara dalam beberapa pekan terakhir untuk membantu meringankan krisis ini. Kelompok-kelompok bantuan mengatakan pengiriman melalui udara dan pengiriman melalui laut jauh kurang efisien dan efektif dibandingkan membawa makanan dengan truk. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved