Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Hamas : pria yang ditembak mati di Malaysia adalah anggota penting

 KOTA GAZA, Gaza: Kelompok militan Hamas yang berkuasa di Gaza mengatakan pada hari Sabtu bahwa seorang pria yang ditembak mati di Malaysia adalah anggota penting organisasi tersebut, meningkatkan kecurigaan bahwa Israel berada di balik pembunuhan kurang ajar tersebut.

Hamas mengatakan insinyur Palestina Fadi al-Batsh adalah anggota “setia” dan “ilmuwan cendekiawan muda Palestina.” Pernyataan tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai pencapaian ilmiahnya namun dikatakan bahwa ia telah memberikan "kontribusi penting" dan berpartisipasi dalam forum internasional di bidang energi.

Hamas tidak menyalahkan Israel, hanya mengatakan bahwa dia telah "dibunuh oleh tangan pengkhianat." Namun kerabat al-Batsh mengatakan mereka yakin Israel menargetkannya.

Polisi Malaysia mengatakan al-Batsh, 36 tahun, ditembak mati Sabtu pagi oleh dua penyerang yang menembakkan sedikitnya delapan peluru dari sepeda motor ketika dia sedang menuju ke masjid untuk salat subuh di Kuala Lampur. Dikatakan bahwa televisi sirkuit tertutup menunjukkan dia menjadi sasaran para pembunuh yang telah menunggunya selama hampir 20 menit.

Selain afiliasinya dengan Hamas, al-Batsh adalah sepupu Khaled al-Batsh, seorang pejabat senior di kelompok militan Jihad Islam, yang menuduh agen mata-mata Israel Mossad melakukan pembunuhan tersebut, tanpa memberikan bukti.

Pemerintah Israel tidak berkomentar. Namun Israel memiliki sejarah panjang dalam menargetkan militan Palestina yang dicari dalam operasi luar negeri yang berani di seluruh dunia.

Al-Batsh berspesialisasi dalam teknik listrik dan elektronik dan bekerja di sebuah universitas Malaysia. Dia telah tinggal di sana bersama keluarganya selama delapan tahun terakhir dan menjadi imam di masjid setempat.

Beliau menerima gelar Ph.D dari Universitas Malaya pada tahun 2015 dan menjadi dosen senior di British Malaysian Institute. Biografi resminya menyebutkan minat penelitiannya mencakup konverter daya, kualitas daya, dan energi terbarukan.

Namun, media Israel melaporkan bahwa dia juga sangat terlibat dalam proyek pengembangan drone Hamas.

Israel dan Hamas adalah musuh bebuyutan yang telah berperang tiga kali sejak tahun 2008. Ketegangan meningkat dalam beberapa pekan terakhir dengan serangkaian protes massal di sepanjang perbatasan Gaza di mana 32 warga Palestina ditembak mati oleh pasukan Israel sejak akhir Maret.

Hamas mengatakan protes tersebut bertujuan untuk mematahkan blokade perbatasan yang diterapkan oleh Israel dan Mesir setelah kelompok militan Islam tersebut menyerbu Gaza pada tahun 2007, setahun setelah memenangkan pemilihan parlemen Palestina. Dikatakan bahwa hal itu juga bertujuan untuk menegaskan hak pengungsi untuk kembali ke rumah mereka sebelumnya di Israel.

Israel menuduh Hamas, yang bersumpah untuk menghancurkan Israel dan telah melakukan puluhan bom bunuh diri yang mematikan terhadap mereka, secara sinis mengeksploitasi warga sipil Gaza untuk tujuan politiknya dengan melancarkan protes dan mencoba melakukan serangan di bawah kedok mereka. Meskipun ada tuduhan menggunakan kekuatan mematikan terhadap pengunjuk rasa yang tidak bersenjata, Israel mengatakan pihaknya hanya menargetkan penghasut yang mencoba merusak pagar perbatasan dengan bahan peledak, bom api, dan cara lain.

Protes akan mencapai puncaknya pada demonstrasi besar-besaran di perbatasan pada tanggal 15 Mei, bertepatan dengan peringatan 70 tahun berdirinya Israel. Tanggal tersebut ditangisi oleh orang-orang Palestina sebagai “nakba,” atau bencana mereka, ketika ratusan ribu orang terpaksa mengungsi dalam perang Timur Tengah tahun 1948 karena pembentukan Israel. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved