Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Christophe Farnaud, Duta Besar Uni Eropa : menegaskan kembali komitmen terhadap solusi jangka panjang di Gaza

 RIYADH: Christophe Farnaud, duta besar Uni Eropa untuk Arab Saudi, Bahrain, dan Oman, menguraikan tiga prioritas blok tersebut terkait krisis Gaza: bantuan kemanusiaan, tindakan bersama, dan pencarian solusi jangka panjang.

“Kita memang harus menghadapinya dan mencari solusi kolektif… Pada akhirnya terserah pada para pihak yang mengambil keputusan, tapi kita di sekitar mereka harus berkomitmen semaksimal mungkin untuk menemukan solusi,” kata Farnaud dalam wawancara dengan Berita Arab.

“Ini berarti bagi kami (UE) tiga hal, dan kami sudah sangat jelas secara kolektif mengenai hal itu.”

Dia menggambarkan situasi di Gaza sebagai “bencana kemanusiaan” dan “tragedi,” dan menambahkan bahwa UE harus “mendukung warga sipil Palestina yang tidak bersalah.”

Dia berkata: “Tidak diragukan lagi bahwa krisis ini adalah salah satu tantangan utama, tidak hanya bagi rakyat Palestina dan Israel sendiri, tidak hanya bagi Anda, sebagai tetangga langsung mereka, tetapi juga bagi kami dan dunia pada umumnya.

Tidak diragukan lagi bahwa krisis ini merupakan salah satu tantangan utama, tidak hanya bagi rakyat Palestina dan Israel sendiri, tidak hanya bagi Anda, sebagai tetangga langsung mereka, namun juga bagi kita dan bagi dunia pada umumnya.

Christophe Farnaud , Duta Besar Uni Eropa

“Bantuan pangan adalah kuncinya, tentu saja, karena kita tahu bahwa khususnya bagi keluarga, bagi anak-anak… ada risiko kelaparan, dan hal ini tidak dapat diterima.

“Kami pasti harus melakukan semua yang kami bisa untuk itu. Dan kita tahu bahwa sejauh ini, hal itu belum cukup. Itu tidak cukup. Namun kami juga berupaya menyediakan kebutuhan dasar masyarakat.”

Solusi bersama yang menghasilkan stabilitas harus ditemukan, kata Farnaud, seraya menambahkan bahwa UE “telah sangat berkomitmen sejak awal.”

Utusan tersebut mengatakan: “Kami telah melakukannya dengan memberikan bantuan langsung kepada Palestina. Jadi pada tahun 2024, jumlah yang telah diumumkan adalah €125 juta ($137 juta).”

UE memberikan bantuan kepada warga Palestina di wilayah yang lebih luas melalui Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB, jelas Farnaud.

“Dan saya dapat mengatakan bahwa UNWRA bagi kami tetap menjadi pemain kunci dalam dukungan bagi Palestina,” tambahnya, seraya menyebutkan bahwa jumlah kumulatif bantuan yang diberikan oleh UE, termasuk bantuan regional yang bermitra dengan UNWRA, berjumlah €150 juta.

Duta Besar menekankan bahwa UE akan terus memberikan bantuan.

“Anda dapat melihat dalam beberapa hari terakhir bahwa kami telah mendorong akses kemanusiaan yang lebih baik melalui jalur darat bagi penduduk Palestina. Itu kuncinya,” katanya.

“Kami harus terus menekannya untuk mendapatkan hasil.”

Negara-negara anggota UE berusaha memberikan bantuan melalui udara, kata Farnaud. “Ini tidak sempurna, tapi lebih baik daripada tidak sama sekali.”

Duta Besar juga berbicara tentang koridor maritim yang baru diumumkan dari Siprus ke Gaza untuk mengantarkan makanan.

Pada hari Kamis, Presiden Siprus Nicos Anastasiades mengumumkan proposal untuk membangun koridor maritim untuk menyalurkan bantuan ke Gaza.

Komunike bersama dari UE, AS, Inggris, dan UEA menyatakan bahwa “pengiriman bantuan kemanusiaan langsung ke Gaza melalui laut akan menjadi hal yang rumit,” namun mereka akan menyesuaikan upaya mereka untuk memastikan bantuan tersebut disalurkan seefektif mungkin.

Farnaud merinci sikap kedua UE mengenai krisis di Palestina, dan menekankan bahwa tindakan bersama adalah kuncinya: “Kita harus bekerja sama – bersama-sama – untuk menghindari dampak regional. Kita dapat melihat ketegangan meningkat di Israel utara dan Lebanon selatan seiring dengan kejadian lain di wilayah tersebut.”

Poin penting ketiga yang digarisbawahi oleh duta besar UE adalah perlunya upaya mencari solusi jangka panjang terhadap konflik tersebut.

“Ini bukan hanya tentang apa yang terjadi saat ini; mereka juga menemukan akar penyebab krisis yang terjadi saat ini … “Kami dengan jelas mengutuk apa yang dilakukan Hamas pada 7 Oktober dan kami dengan jelas menyerukan pembebasan segera para sandera.

“Di sisi lain, kita juga harus memastikan bahwa apa yang terjadi di Gaza kini berhenti. Harus ada penghentian permusuhan atau kekerasan yang mengarah pada (a) gencatan senjata yang berkelanjutan.”

Farnaud menekankan bahwa ini akan menjadi langkah pertama dalam upaya menuju solusi jangka panjang, “dan ini menyiratkan komitmen kolektif terhadap solusi dua negara,” tambahnya.

“Ini adalah cara terbaik untuk memfasilitasi dan memastikan bahwa Palestina dan Israel akan menikmati masa depan keamanan dan stabilitas di kawasan ini.”

Utusan UE juga menyoroti hubungan bilateral antara Kerajaan dan UE. “Saya pikir ini adalah kemitraan strategis bagi kedua belah pihak… Ini sudah berlangsung lama,” katanya.

Merujuk pada pidato Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman pada forum Future Investment Initiative di Riyadh pada tahun 2018, Farnaud mengatakan: “Saya ingat ada kalimat terkenal dalam bahasa Arab yang diucapkan oleh putra mahkota. Dia berkata: 'Saya yakin Eropa baru adalah Timur Tengah.' Saya pikir (ini) sangat menarik karena jelas menunjukkan bahwa proyek ini adalah untuk mewujudkan kebangkitan baru di Arab Saudi.

“Tetapi hal ini juga menunjukkan bahwa Eropa tetap menjadi model. Hal ini berarti adanya dialog dan kemitraan lebih lanjut.”

Duta Besar merinci kerja sama yang luas – ekonomi, politik dan budaya – antara Arab Saudi dan UE: “Kerajaan sedang mengalami transformasi yang luar biasa … Dan penting bagi kami sebagai Uni Eropa untuk tetap menjadi mitra utama dalam transformasi ini dan seterusnya. .” [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved