Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

[BREAKING NEWS] Dalam 13 Th Terakhir Korban tewas akibat perang di Suriah lebih dari 507.000

BEIRUT: Perang Suriah telah menewaskan lebih dari 507.000 orang, kata sebuah pemantau perang pada Kamis menjelang peringatan 13 tahun konflik yang telah menyebabkan jutaan orang mengungsi di dalam dan luar negeri.

Penindasan brutal pemerintah terhadap pemberontakan yang meletus pada tanggal 15 Maret 2011, memicu perang saudara skala penuh yang melibatkan tentara asing dan militan internasional.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, sebuah lembaga pemantau yang berbasis di Inggris, mengatakan lebih dari 164.000 warga sipil, termasuk lebih dari 15.000 perempuan dan 25.000 anak-anak, telah terbunuh.

Lebih dari 343.000 pejuang, termasuk tentara, pejuang dari kelompok pro-Iran, pasukan pimpinan Kurdi, dan militan kelompok Daesh, juga termasuk di antara korban tewas, tambah Observatorium, yang memiliki jaringan sumber di seluruh negeri.

Jumlah keseluruhannya telah meningkat dari sekitar 503.000 pada bulan Maret lalu, dengan sebagian besar pekerja di garis depan semakin tenang dalam beberapa tahun terakhir.

Presiden Suriah Bashar Assad secara bertahap merebut kembali wilayah yang hilang pada awal pertempuran dengan bantuan sekutu Iran dan Rusia, namun sebagian besar wilayah utara masih berada di luar kendali pemerintah.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan bahwa tahun ini, 16,7 juta orang di Suriah memerlukan bantuan atau perlindungan kemanusiaan, “jumlah terbesar sejak awal krisis pada tahun 2011.”

Perang tersebut telah menghancurkan perekonomian, infrastruktur dan industri Suriah, sementara sanksi-sanksi Barat telah menambah kesengsaraan negara tersebut.

Suriah adalah rumah bagi sekitar 7,2 juta pengungsi internal, kata PBB, dan gempa bumi dahsyat yang melanda Turkiye dan Suriah pada Februari tahun lalu menambah masalah tersebut.

Sembilan puluh persen penduduknya hidup dalam kemiskinan, namun pejabat kemanusiaan PBB David Carden mengatakan pekan lalu bahwa tantangan pendanaan dapat mempengaruhi pengiriman dan layanan bantuan.

Suhair Zakkout, juru bicara Komite Palang Merah Internasional yang berbasis di Damaskus, mengatakan perang selama 13 tahun telah menimbulkan “konsekuensi yang menghancurkan” terhadap warga Suriah di seluruh negeri, menyebabkan “kepedihan yang tak terbayangkan.”

“Suriah memiliki generasi penuh… yang hanya menyaksikan kerugian, pengungsian, perang, dan mereka tidak tahu apa-apa selain hal-hal ini,” kata Zakkout.

Organisasi-organisasi kemanusiaan berupaya “untuk mempertahankan tingkat minimum layanan dasar” seperti air dan kesehatan sehingga “tidak runtuh,” kata Zakkout.

Upaya-upaya yang difasilitasi PBB menuju proses politik masih terhenti.

Utusan khusus Geir Pedersen mengatakan bulan lalu bahwa Moskow dan Damaskus menolak mengadakan pembicaraan di Jenewa, tempat perundingan sebelumnya yang bertujuan untuk membentuk konstitusi baru untuk Suriah.

Tahun lalu, Suriah kembali ke Liga Arab, menandai kembalinya Assad ke wilayah regional setelah ditangguhkan selama lebih dari satu dekade. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved