Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Muhammadiyah Alihkan Dananya dari BSI ke Bank Lain, Mazzini: Gak Mau Ada Urusan Sama Tapera

 

Pegiat Media Sosial (Medsos), Mazzini ikut memberikan komentarnya terkait Muhammadiyah yang mengalihkan dananya dari Bank Syariah Indonesia (BSI) ke bank lain.

Dikatakan Mazzini, ada kemungkinan Muhammadiyah menarik simpanannya dari BSI karena adanya Peraturan Pemerintah (PP) tentang Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

"Dugaan pribadi, Muhammadiyah tarik dana Rp13 Triliun dari BSI setelah pemerintah tetep nekad menjalankan Tapera," ujar Mazzini dalam keterangannya di aplikasi X @mazzini_gsp (7/6/2024).

Lebih lanjut dikatakan Mazzini, kemungkinan lain Muhammadiyah menarik uangnya dari BSI karena bank tersebut sering terkena hacker.

"Mungkin uang Muhammadiyah ditarik selain faktor BSI sering di-hack, ya karena gak mau ada urusan sama dana Tapera ini juga," tandasnya.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah memutuskan untuk mengalihkan dana simpanan dan pembiayaan dari Bank Syariah Indonesia atau BSI.

Pengalihan dana simpanan dan pembiayaan dari BSI ini dengan pertimbangan tidak ingin dana terkonsentrasi hanya pada satu bank saja.

Melansir ANTARA, Ketua PP Muhammadiyah Bidang Ekonomi, Bisnis, dan Industri Halal Anwar Abbas mengatakan, salah satu pertimbangan sehingga Muhammadiyah memutuskan untuk mengalihkan dana simpanan dan pembiayaan dari BSI untuk meminimalkan persaingan yang mungkin terjadi di antara bank-bank syariah lain.

Anwar Abbas menilai, penempatan dana Muhammadiyah di Bank Syariah Indonesia atau BSI terlalu terkonsentrasi.

Di sisi lain, dana Muhammadiyah yang ditempatkan di perbankan syariah lainnya justru masih sedikit.

Minimnya penempatan dana Muhammadiyah di bank syariah lainnya, ungkap Anwar Abbas, secara bisnis dapat menimbulkan risiko konsentrasi atau concentration risk.

Dampak dari minimnya penempatan dana di bank syariah lainnya, beber Anwar, akan menyulitkan bank syariah selain BSI untuk berkompetisi.

Persaingan sesama perbankan syariah dikhawatirkan akan tidak sehat jika penempatan dana sangat terkonsentrasi di Bank Syariah Indonesia atau BSI saja.

Sumber Berita / Artikel Asli : fajar

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved