Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Kemungkinan 2 hingga 4 Partai Berpeluang Usung Anies di Pilgub Jakarta 2024, Ini Analisa Refly Harun

  Menurut pakar hukum tata negara Refly Harun akan sulit bagi empat partai politik berada dalam satu koalisi mendukung dan mencalonkan Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024.

Apabila PKS menjadi pemimpin koalisi pengusung Anies, PKS hanya cukup menggandeng satu partai lain dan sudah bisa memajukan Anies di Pilgub Jakarta 2024.

Refly Harun memprediksi setidaknya akan ada dua sampai empat parpol yang berpeluang mengusung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta yaitu PKS, PKB, NasDem, dan PDIP.

Namun Refly menilai tetap ada hitung-hitungan sikap dari setiap partai untuk mengusung Anies Baswedan nantinya.

Adapun Refly menilai tetap ada hitung-hitungan sikap dari setiap partai untuk mengusung Anies Baswedan.

Menurutnya, akan sulit bagi keempat partai berada dalam satu koalisi untuk mendukung dan mencalonkan Anies di Pilgub Jakarta.

"Kalau PDIP masuk, maka barangkali NasDem yang pikir-pikir," katanya, Minggu (2/6).

Ia mengungkapkan, penyebab sulitnya PDIP dan NasDem bergabung dalam koalisi yang sama dikarenakan hubungan personal masing-masing ketua umum partai yakni Megawati Soekarnoputri dan Surya Paloh.

Apabila PKS menjadi pemimpin koalisi pengusung Anies Baswedan ini, partai pimpinan Ahmad Syaikhu hanya cukup menggandeng satu partai lain.

"PKS dan PKB cukup, PKS dan PDIP cukup, atau PKS dan NasDem juga cukup," ujar Refly.

Refly juga menyarankan kepada Anies Baswedan untuk kembali bertarung di Pilgub Jakarta 2024.

Pilihan politik itu dinilai lebih realistis ketimbang Anies harus menunggu momen Pilpres 2029.

"Yang baru saja belum dilantik, masa mau nunggu lima tahun. Karena itu, jangan dipikirkan 2029, tapi Jakarta 2024. Itu jauh lebih baik," katanya.

Sekjen PDIP Beri Tanggapan

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjawab soal peluang eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diusung oleh partainya untuk maju dalam Pilgub nanti. 

"Ya semua nama yang diusulkan karena kami ini adalah partai demokrasi khas Indonesia dengan demokrasi Pancasila seluruh usulan selama itu dari bawah akan dikaji dengan seksama untuk mencari pemimpin yang terbaik untuk gubernur dan wakil gubenur DKI dan juga daerah-daerah lain," ujar Hasto di Taman Renungan Bung Karno, Ende, NTT, Sabtu (1/6/2024).

Hasto mengatakan PDIP juga tengah menyiapkan kader-kader terbaik untuk dimajukan dalam Pilkada. Ia mengatakan di Jakarta sendiri bahkan ada nama baru yang tengah digodok partai.

"Partai menyiapkan dengan sekolah partai dengan melakukan penugasan-penugasan kader dan tentu saja melihat kehendak rakyat. Nama-nama masih diusulkan, bahkan ada nama-nama baru ya," ujar Hasto.

"Partai melakukan pemetaan politik, tapi bagi putra putri bangsa yang terpanggil tugasnya untuk membawa kemajuan di seluruh wilayah Indonesia, PDIP membuka diri dan partai akan mempersiapkan melalui sekolah partai," sambungnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : pojoksatu

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved