Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Terkait Perang Ukraina, Paris Bengharap Tiongkok Mengirimkan “PESAN YANG JELAS” kepada Rusia

Diplomat utama Perancis mengatakan pada hari Senin bahwa Paris mengharapkan Tiongkok untuk mengirimkan “pesan yang jelas” kepada mitra dekatnya, Rusia, mengenai perang di Ukraina, setelah pertemuan dengan rekannya di Beijing.

Perancis dan Tiongkok telah berupaya untuk memperkuat hubungan dalam beberapa tahun terakhir dan, dalam pertemuan di Paris pada bulan Februari, Menteri Luar Negeri Wang Yi mengatakan kepada Presiden Emmanuel Macron bahwa Beijing menghargai sikap “independen” negaranya.

Namun Paris juga berusaha menekan Beijing mengenai kedekatannya dengan Moskow, yang semakin erat sejak invasi ke Ukraina.

Meskipun Tiongkok mengatakan bahwa mereka adalah pihak netral dalam konflik Ukraina, Tiongkok telah dikritik karena menolak mengutuk Moskow atas serangan mereka.

Sebaliknya, Paris menjadi salah satu pendukung kuat Kyiv, dan Macron pada bulan Februari bahkan menolak untuk mengesampingkan penempatan pasukan di Ukraina.

Dan Menteri Luar Negeri Stephane Sejourne mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya ingin “Tiongkok mengirimkan pesan yang sangat jelas kepada Rusia” mengenai perangnya di Ukraina.

“Kami yakin bahwa tidak akan ada perdamaian abadi jika tidak dinegosiasikan dengan Ukraina,” katanya pada konferensi pers di Beijing, berbicara bersama timpalannya dari Tiongkok, Wang.

“Tidak akan ada keamanan bagi Eropa jika tidak ada perdamaian sesuai hukum internasional,” lanjutnya.

“Ini adalah masalah penting bagi kami, itulah sebabnya Prancis bertekad untuk mempertahankan dialog yang erat dengan Tiongkok,” katanya.

Dan Beijing, katanya, dapat memainkan “peran kunci” dalam memastikan penghormatan terhadap hukum internasional tetap terjaga.

Kunjungan Sejourne adalah kunjungan kedua menteri luar negeri Prancis ke Tiongkok dalam waktu kurang dari enam bulan, menyusul kunjungan pendahulunya, Catherine Colonna, pada bulan November.

Macron juga berkunjung pada bulan April lalu, menerima sambutan bintang rock di sebuah universitas di Tiongkok selatan dari ratusan mahasiswa dan penggemar yang berteriak.

Namun ia menghadapi tuduhan bersikap ramah terhadap Beijing dan memicu kontroversi dengan mengatakan Eropa tidak boleh menjadi “pengikut” Amerika Serikat jika terjadi konflik dengan Tiongkok terkait Taiwan.

Kunjungan diplomat tertinggi minggu ini terjadi sebagai bagian dari acara yang menandai peringatan 60 tahun hubungan diplomatik antara Perancis dan Tiongkok.

Dia kemudian akan mengambil bagian dalam peluncuran pameran “Versailles dan Kota Terlarang”, di mana sekitar enam puluh karya seni dan barang berharga dari istana akan dibuka untuk umum hingga akhir Juni.

Dan upaya Prancis untuk meningkatkan hubungan dengan Beijing terjadi ketika UE berupaya melindungi diri dari ketergantungan berlebihan pada Tiongkok.

Pernyataan “mengolok-olok” tersebut telah muncul dalam beberapa bulan terakhir sebagai pilar utama kebijakan ekonomi blok Eropa terhadap Tiongkok, yang menjadi penting setelah pandemi Covid-19 dan invasi Rusia ke Ukraina.

Istilah ini kontras dengan pendekatan yang lebih drastis yang dikenal sebagai “decoupling” – yang dilakukan oleh beberapa pembuat kebijakan di Amerika Serikat yang bertujuan untuk mengisolasi Tiongkok atau memutus semua hubungan komersial dengan negara tersebut.

Namun UE semakin memandang Tiongkok sebagai “mitra” namun juga sebagai “pesaing ekonomi dan saingan sistemik,” demikian laporan Kamar Dagang Uni Eropa di Tiongkok bulan lalu.

Dan di Beijing pada hari Senin, Sejourne mengatakan pemisahan hubungan tidak mungkin dilakukan.

Namun, katanya, “penyeimbangan kembali ekonomi” diperlukan untuk memastikan perdagangan berjalan “sehat dan berkelanjutan.”

Menteri Luar Negeri Wang, sebaliknya, mengatakan dia “menghargai” penolakan Sejourne terhadap pemisahan diri.

“Tidak mungkin memisahkan diri dari Tiongkok, dan memisahkan diri dari Tiongkok adalah risiko terbesar,” kata Wang.

“Saya yakin hal ini telah terbukti, dan akan terus membuktikan, bahwa Tiongkok adalah peluang dan bukan risiko bagi Eropa. Kedua belah pihak adalah mitra dan bukan saingan,” ujarnya. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved