Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Presiden Mesir El-Sisi dilantik untuk masa jabatan ketiga

 KAIRO: Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi dilantik pada Selasa di hadapan parlemen untuk masa jabatan ketiganya sebagai pemimpin negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia Arab.

Berkuasa selama satu dekade terakhir, El-Sisi akan tetap menjadi presiden hingga tahun 2030, setelah memenangkan pemilu pada bulan Desember dengan 89,6 persen suara melawan tiga kandidat yang relatif tidak diketahui.

Masa jabatan enam tahun tersebut akan menjadi masa jabatan terakhir bagi pria berusia 69 tahun itu, kecuali ia kembali melakukan amandemen konstitusi yang memperpanjang masa jabatannya.

Sumpah tersebut juga menandai peresmian Ibu Kota Administratif Baru Mesir, yang terletak di gurun timur Kairo, media lokal melaporkan.

El-Sisi naik ke tampuk kekuasaan berkat protes massal terhadap presiden Islamis Muhammad Mursi, yang digulingkan pada tahun 2013.

El-Sisi terpilih sebagai presiden pada tahun berikutnya dan kemudian terpilih lagi pada tahun 2018, keduanya dengan perolehan sekitar 97 persen suara.

Selama dua tahun terakhir, pemerintahannya telah berjuang untuk menahan dampak krisis ekonomi yang parah yang menyebabkan mata uang kehilangan dua pertiga nilainya dan inflasi melonjak hingga mencapai rekor 40 persen pada tahun lalu.

Namun, pada kuartal pertama tahun 2024, Mesir mengalami aliran pinjaman dan kesepakatan investasi senilai lebih dari $50 miliar, yang menurut Kairo akan mengurangi kekurangan mata uang asing dan merevitalisasi perekonomian. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved