Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Rusia menyalahkan Kyiv, Barat atas serangan senjata Moskow

 MOSKOW: Rusia pada Selasa berusaha mengalihkan kesalahan atas serangan gedung konser Moskow ke Ukraina dan pendukung Baratnya, meskipun kelompok Daesh mengaku bertanggung jawab atas pembantaian sedikitnya 139 orang.

Badan keamanan Kremlin kesulitan menjelaskan bagaimana orang-orang bersenjata pada hari Jumat berhasil melakukan serangan terburuk di Rusia dalam lebih dari dua dekade.

Presiden Vladimir Putin telah mengakui bahwa “kelompok Islam radikal” melakukan serangan berdarah tersebut, namun menyatakan bahwa mereka ada hubungannya dengan Ukraina, dua tahun setelah serangan Kremlin terhadap negara tersebut.

Kepala badan keamanan FSB Rusia Alexander Bortnikov mengatakan pada hari Selasa bahwa meskipun mereka yang “memerintahkan” serangan itu belum teridentifikasi, para penyerang sedang menuju ke Ukraina dan akan “disambut sebagai pahlawan.”

“Kami yakin tindakan tersebut dipersiapkan oleh kelompok Islam radikal itu sendiri dan, tentu saja, difasilitasi oleh dinas khusus Barat, dan dinas khusus Ukraina sendiri memiliki hubungan langsung dengan hal ini,” kata Bortnikov seperti dikutip oleh kantor berita Rusia.

Ukraina dengan keras menolak tuduhan apa pun dari Moskow bahwa mereka terkait dengan serangan tersebut, dan pembantu utama Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan Kremlin berupaya menutupi “ketidakmampuan” badan intelijennya.

Kremlin telah menyatakan keyakinannya pada badan-badan keamanan negara yang kuat, meskipun ada pertanyaan tentang bagaimana mereka gagal menggagalkan pembantaian tersebut setelah ada peringatan publik dan swasta dari Amerika Serikat.

Militan Daesh telah mengatakan beberapa kali sejak hari Jumat bahwa mereka bertanggung jawab, dan saluran media yang berafiliasi dengan Daesh telah menerbitkan video grafis dari orang-orang bersenjata di dalam tempat tersebut.

Presiden Prancis Emmanuel Macron pada hari Senin mengatakan Paris memiliki informasi bahwa para militan bertanggung jawab dan memperingatkan Rusia agar tidak mengeksploitasi serangan itu untuk menyalahkan Ukraina.

Pembantaian di gedung konser tersebut merupakan pukulan besar bagi Putin lebih dari seminggu setelah ia mengklaim masa jabatan baru setelah pemilu sepihak yang disebut Kremlin sebagai dukungan atas operasi militernya melawan Ukraina.

Putin pada hari Senin mengatakan untuk pertama kalinya bahwa “kelompok Islam radikal” berada di balik serangan minggu lalu, namun berusaha mengaitkannya dengan Kyiv.

Tanpa memberikan bukti apa pun, Putin menghubungkan serangan di Balai Kota Crocus dengan serangkaian serangan ke wilayah Rusia yang dilakukan oleh kelompok sabotase pro-Ukraina, dan mengatakan bahwa semua serangan tersebut adalah bagian dari upaya untuk “menaburkan kepanikan di masyarakat kita.”

Sementara itu, pengadilan di Moskow pada hari Selasa menahan tersangka kedelapan atas serangan di gedung konser Moskow.

Moskow sebelumnya mengumumkan telah menahan 11 orang sehubungan dengan serangan itu, yang menyebabkan orang-orang bersenjata yang menyamar menyerbu Balai Kota Crocus, menembaki penonton konser dan membakar gedung.

Layanan pers pengadilan mengatakan tersangka terakhir yang ditahan adalah seorang pria yang berasal dari negara Kyrgyzstan di Asia Tengah.

Para pejabat mengatakan dia diperintahkan untuk ditahan setidaknya sampai tanggal 22 Mei, tanpa merinci tuduhan yang tepat terhadapnya.

Empat pria yang didakwa pada hari Minggu melakukan serangan itu adalah warga negara Tajikistan, juga di Asia Tengah yang mayoritas penduduknya Muslim.

Tiga tersangka lagi – dilaporkan berasal dari keluarga yang sama dan termasuk setidaknya satu warga negara Rusia – didakwa melakukan pelanggaran terkait teror pada hari Senin.

Seorang pejabat Turki mengatakan dua tersangka Tajik telah melakukan perjalanan “dengan bebas antara Rusia dan Turkiye” sebelum serangan itu.

Keduanya menghabiskan waktu di Turkiye tak lama sebelum serangan dan memasuki Rusia bersama-sama dengan penerbangan yang sama dari Istanbul, kata pejabat itu.

Semua yang ditahan telah didakwa melakukan terorisme dan menghadapi hukuman penjara seumur hidup.

Kremlin sejauh ini menolak anggapan bahwa hukuman mati akan diberlakukan kembali setelah serangan itu. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved