Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

'Pengabaian besar-besaran' Israel terhadap hak-hak warga Gaza berada pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya, kata pakar PBB

 

Setelah lima bulan berperang di Gaza, pemerintah Israel kehilangan kredibilitas atas klaim mereka bahwa mereka berupaya melindungi warga sipil Palestina di wilayah yang terkepung, kata seorang pakar PBB pada Rabu.

Sebaliknya, mereka terus menunjukkan “pengabaian besar-besaran” yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap hak-hak para pengungsi di sana, kata Paula Gaviria Betancur, pelapor khusus PBB mengenai hak asasi manusia pengungsi internal.

Dia menuduh Israel menggunakan perintah evakuasi hanya untuk secara paksa merelokasi warga Gaza dan mengurung mereka dalam kondisi yang tidak layak untuk ditinggali. 

Dia juga mengatakan bahwa dia terkejut dengan niat Israel untuk memperluas perintah tersebut hingga mencakup kota Rafah di selatan – tempat perlindungan terakhir bagi lebih dari 1,5 juta pengungsi Gaza dan satu-satunya titik masuk yang masih berfungsi untuk bantuan kemanusiaan ke wilayah tersebut – jika tuntutan mereka tidak terpenuhi. dipenuhi pada tanggal 10 Maret.

“Perintah evakuasi apa pun yang diberlakukan di Rafah dalam kondisi saat ini, dengan sisa wilayah Gaza yang hancur, merupakan pelanggaran nyata terhadap hukum kemanusiaan dan hak asasi manusia internasional, yang memaksa orang untuk mengungsi hingga mencapai kondisi kematian tertentu.

kekurangan makanan, air, layanan kesehatan dan tempat tinggal,” kata Gaviria Betancur.

Hanya sedikit krisis pengungsi internal dalam sejarah baru-baru ini yang bisa mengimbangi pengabaian besar-besaran terhadap hak-hak pengungsi di Gaza, tambahnya.

“(Pengungsi internal) di Gaza telah diusir secara sewenang-wenang dari rumah mereka beberapa kali tanpa memperhatikan hak hidup, martabat, kebebasan dan keamanan mereka,” katanya.

“Mustahil untuk memikirkan solusi jangka panjang terhadap pengungsian mereka, mengingat penghancuran sistematis infrastruktur sipil yang dilakukan Israel, termasuk rumah, rumah sakit, sekolah, pasar dan tempat ibadah, ditambah dampak psikologis yang sangat besar yang ditimbulkan oleh konflik terhadap masyarakat Gaza.

“Mencegah perpindahan secara sewenang-wenang, dan memberikan perlindungan, bantuan, dan solusi jangka panjang kepada para pengungsi bukanlah suatu pilihan atau tindakan amal. Itu adalah kewajiban Israel sebagai kekuatan pendudukan berdasarkan hukum internasional.”

Israel terus melakukan serangan udara di Rafah yang menewaskan lebih dari 100 warga Palestina setiap hari. Para penyintas terpaksa menanggung kesulitan yang tak terbayangkan, tinggal di tenda-tenda yang tergenang air saat hujan atau tempat penampungan sementara yang terbuat dari sisa-sisa material.

Para pejabat kemanusiaan PBB setiap hari memperingatkan perlunya pemerintah Israel mengizinkan pengiriman bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan dalam jumlah yang lebih besar.

Gaviria Betancur mengutuk “upaya terus-menerus Israel untuk menghalangi dan mempersenjatai bantuan kemanusiaan, termasuk melalui serangan terhadap warga sipil yang mencari bantuan.”

Mahkamah Internasional pada bulan Januari memerintahkan Israel untuk menahan diri dari mengambil tindakan terhadap rakyat Gaza yang dapat dianggap sebagai genosida, dan untuk menerapkan “langkah-langkah segera dan efektif” untuk memastikan bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil.

“Sebaliknya, Israel segera meluncurkan kampanye untuk mendiskreditkan dan membubarkan dana UNRWA (badan PBB yang memberikan bantuan dan bantuan pembangunan bagi warga Palestina), yang merupakan tulang punggung respons kemanusiaan di Gaza, berdasarkan tuduhan bahwa Israel belum secara terbuka memberikan bukti yang kredibel. ,” kata Gaviria Betancur.

“Israel juga terus menyerang konvoi bantuan dan fasilitas kesehatan, memberlakukan pembatasan pergerakan sewenang-wenang terhadap aktor kemanusiaan, dan tidak berbuat banyak untuk meminta pertanggungjawaban warga Israel karena menghalangi pengiriman bantuan kemanusiaan. Akibatnya, kelaparan dan penyakit merajalela dan merenggut nyawa seiring dengan tindakan militer Israel.

“Yang paling meresahkan, Israel tampaknya telah memperluas serangannya terhadap bantuan kemanusiaan dengan secara sistematis menargetkan para pencari bantuan itu sendiri,” tambahnya,

mengacu pada pembantaian pada 29 Februari ketika ratusan orang terbunuh atau terluka saat mengantri untuk mendapatkan bantuan makanan.

“Saya ngeri dengan kebejatan pembunuhan warga sipil ketika mereka berada dalam kondisi paling rentan dan sedang mencari bantuan dasar. Ini merupakan kejahatan kekejaman tingkat tertinggi.”

Sejak dimulainya perang di Gaza pada bulan Oktober, sekitar lima persen penduduk Gaza telah terbunuh atau terluka, dan lebih dari 75 persen mengungsi, menurut para pemantau.

“Kehidupan warga Palestina bukan sekadar statistik,” kata Gaviria Betancur. “Mereka adalah keluarga yang berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup, orang-orang terkasih yang tercerai-berai, anak-anak yang berusaha menemukan kebahagiaan di tengah trauma yang tak terbayangkan – orang-orang seperti di mana pun.

“Komunitas internasional harus meninggalkan fiksi bahwa Israel akan menghormati prinsip-prinsip hukum kemanusiaan dan hak asasi manusia internasional dalam operasi militernya.

“Gencatan senjata yang segera dan permanen, ditambah dengan langkah-langkah yang berarti untuk mendokumentasikan dan memastikan akuntabilitas atas kekejaman yang dilakukan, serta mengamankan hak-hak dasar warga Palestina di Gaza, adalah satu-satunya jalan ke depan demi kemanusiaan kita bersama.”

Pelapor khusus merupakan bagian dari prosedur khusus Dewan Hak Asasi Manusia PBB. Mereka adalah pakar independen yang bekerja atas dasar sukarela, bukan anggota staf PBB dan tidak dibayar atas pekerjaan mereka.[AN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved